BREAKING NEWS
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris
JWW-HMS Membaca Headline Freeport & Koroway
Ada Perjanjian Rahasia Dibalik Jatah 10% Saham Freeport Untuk Papua ?
Berkas Cagub – Cawagub Papua Sudah di Meja DPRP, Uji Keaslian Orang Papua, MRP Rencana Wawancara Dengan ‘Bahasa Ibu’
Calon Tunggal Yang Tak Tertandingi
JWW Ajak Relawannya Patahkan Prediksi Kerawanan Konflik di Papua Selama Pilgub
Jalani Tes Kesehatan 5 Jam, Wetipo Ingatkan Tim Dokter Jangan Mau di Intervensi
Banjir Air Mata Mengantar Bupati Keerom ke Peraduan Terakhir
Dituding Jadi Timses Salah Satu Kandidat, Ini Bantahan Kadinkes Papua
Diusung Empat Partai, Bakal Paslon TENANG Mendaftar di KPU Puncak
Empat Jam Diperiksa Tim Dokter RSUD Dok II, Bakal Paslon LUKMEN Merasa Kondisinya Fit

Pesawat Sriwijaya Air Nyungsep, Evakuasi Sampai Malam, 146 Penumpang Selamat, Bandara Rendani Manokwari Hari Ini Buka Kembali

Proses evakuasi pesawat Sriwijaya Air yang nyungsep di Bandara Rendani Manokwari, Rabu (31/5/2017) kemarin, setelah ditutup, akhirnya hari ini, Kamis (1/6/2017) operasional Bandara dibuka kembali. (Foto : kiriman warga)

Manokwari (LP)—Butuh waktu sekitar 10 jam lebih untuk memindahkan pesawat Sriwijaya Air seri Boeing 730-300 yang tergelincir (nyungsep-Red) di run way Bandara Rendani Manokwari, Rabu (31/5/2017) ke appron parkir area, dimana proses evakuasi yang melibatkan pihak Bandara, Bazarnas, kepolisian, TNI AD, Pelindo, Damkar dan pihak – pihak lainnya itu berlangsung dari siang hingga malam hari.

Akibat proses evakuasi tersebut, Rabu (31/5/2017) kemarin sejak pukul 09.30 WIT Bandara Rendani Manokwari ditutup total, namun hari ini, Kamis (1/6/2017) sudah normal kembali.

Baca Juga:  Dituding Jadi Timses Salah Satu Kandidat, Ini Bantahan Kadinkes Papua

Pesawat Sriwijaya Air seri Boeing 730-300 dengan nomor registrasi PK- CJC tergelincir keluar dari landasan pacu Bandar Udara Rendani Manokwari Papua Barat, Rabu (31/5/2017) sekitar pukul  09.14 WIT.

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 570 PK yang memuat 146 penumpang yang terdiri dari 134 orang dewasa, 4 anak- anak, 3 bayi dan 7 crew pesawat bertolak dari Bandara Dominique Eduard Osok (Osok) Sorong berhasil landing di Bandara Rendani sekitar pukul 08. 55 WIT, namun karena cuaca yang kurang baik, hujan lebat sehingga bandara licin dan akhirnya pesawat tersebut tergelincir keluar dari run way.

Kapolres Manokwari, AKBP Cristian Rony Putra,S.Ik MH kepada wartawan saat kejadian mengatakan bahwa semua penumpang dan crew selamat dalam insiden kemarin itu.

Baca Juga:  Kenali Tubuhmu, Pilih Busanamu

“Dimana Sriwijaya Air dari Jakarta, Makasar dan Sorong mendarat dengan mulus, tetapi hujan yang menyebakan pesawat tergelincir pas mau landing di sini (Manokwari-Red),”kata Kapolres

Menurutnya, berdasarkan pemantauan awal di TKP roda pesawat patah, dan terjebak di tanah berpasir yang becek, sehingga membutuhkan alat berat untuk menarik keluar badan pesawat.

“Untuk mengevakuasi pesawat dari ujung landasan pacu run way akan menggunakan crane dengan TNI AL karena roda pesawat tertanam ke dalam tanah,”katanya.

Terkait insiden tersebut, kemarin Kepala Bandara Manokwari, Bambang Susetyo menyampaikan penutupan sementara aktivitas penerbangan di Bandara Rendani Manokwari sampai selesainya proses evakuasi.

“Hari ini (kemarin-Red) close semua, mudah-mudahan pesawat bisa dievakuasi hari ini, agar besok (hari ini-Red) kita bisa open lagi, saya belum bisa memberikan keterangkan lebih banyak sebab lagi focus proses evakuasi”, kata Bambang Susetyo”.

Baca Juga:  Rekrut Bakal Caleg, PSI Gandeng Tokoh Kredibel Untuk Uji Publik Semua Calegnya di Pileg 2019

Berdasarkan pantauan jurnalis warga yang melaporkan peristiwa kemarin kepada Lingkar Papua di lokasi kejadian, proses evakuasi pesawat Sriwijaya Air tipe Boeing 703 – 300 masih berlangsung hingga malam hari menggunakan tiga alat berat yakni forklift, eksavator dan crane milik PT. Pelindo 1V Manokwari, juga sejumlah armada mobil pemadam kebakaran (Damkar) di siagakan di lokasi kejadian, mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran, mengingat pesawat dimaksud berisikan bahan bakar avtur. (rpm/r1)

Berikan Komentar Anda

Tags:

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close