BREAKING NEWS
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris
JWW-HMS Membaca Headline Freeport & Koroway
Ada Perjanjian Rahasia Dibalik Jatah 10% Saham Freeport Untuk Papua ?
Berkas Cagub – Cawagub Papua Sudah di Meja DPRP, Uji Keaslian Orang Papua, MRP Rencana Wawancara Dengan ‘Bahasa Ibu’
Calon Tunggal Yang Tak Tertandingi
JWW Ajak Relawannya Patahkan Prediksi Kerawanan Konflik di Papua Selama Pilgub
Jalani Tes Kesehatan 5 Jam, Wetipo Ingatkan Tim Dokter Jangan Mau di Intervensi
Banjir Air Mata Mengantar Bupati Keerom ke Peraduan Terakhir
Dituding Jadi Timses Salah Satu Kandidat, Ini Bantahan Kadinkes Papua
Diusung Empat Partai, Bakal Paslon TENANG Mendaftar di KPU Puncak
Empat Jam Diperiksa Tim Dokter RSUD Dok II, Bakal Paslon LUKMEN Merasa Kondisinya Fit

Kemendagri ‘Pending’ Proses Pelantikan Bupati Tolikara Terpilih ?

Dirjen Otda Kemendagri, Dr. Soni Sumarsono, MDM, yang menanda tangani surat dari Kemendagri yang berisi penangguhan proses administrasi pelantikan Bupati Tolikara terpilih. (Foto : dok. sindoweekly)

 

LINGKAR PAPUA.COM, JAYAPURA – Meski telah memenangkan Pilkada Kabupaten Tolikara periode 2017 – 2022, pelantikan pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Kabupaten Tolikara terpilih, Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo nampaknya masih harus bersabar sebelum dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati definitive.

Pasalnya, meski sudah di usulkan oleh Gubernur Provinsi Papua ke Mendagri melalui surat Nomor : 131/9238/SET tertanggal 14 Agustus 2017 perihal Usul Penetapan Pengangkatan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tolikara periode 2017 – 2022, namun berdasarkan bocoran surat yang diterima Lingkar Papua, Kemendagri melalui suratnya Nomor : 270/6282/OTDA Perihal : Penanganan Hasil Pemilihan Kepala Daerah di kabupaten Tolikara Tahun 2017, Kemendagri menegaskan bahwa proses administrasi pengesahan pengangkatan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tolikara Periode 2017 – 2022 di tangguhkan sementara (pending-Red).

Surat yang di tanda tangani oleh Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Dr. Soni Soemarsono, MDM tertanggal 23 Agustus 2017 itu ditembuskan kepada Mendagri sebagai laporan, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Provinsi Papua berisi 3 point yang menjadi pertimbangan Kemendagri melakukan penangguhan sementara proses administrasi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tolikara terpilih.

Baca Juga:  29 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

(1). Mempertimbangkan situasi politik dan keamanan di Kabupaten Tolikara dan adanya tuntutan masyarakat Kabupaten Tolikara yang melakukan unjuk rasa di Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 21 Agustus 2017, maka Kementerian Dalam Negeri menangguhkan sementara proses administrasi pengesahan pengangkatan Calon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2017 – 2022.

(2). Berdasarkan pengaduan kelompok masyarakat yang disampaikan secara tertulis kepada Kementerian Dalam Negeri terkait Hasil Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Tolikara Tahun 2017, maka Kemendagri akan melakukan koordinasi dengan KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP untuk memperoleh penegasan atas substansi pengaduan tersebut. Hasil koordinasi tersebut akan menjadi rujukan bagi Kemendagri dalam menindaklanjuti penyelesaian masalah Hasil Pilkada di Kabupaten Tolikara tahun 2017 tersebut.

(3). Sehubungan dengan itu, sambil menunggu proses koordinasi yang dilakukan oleh Kemendagri, diharapkan saudara Gubernur Papua mengawal situasi politik dan keamanan di Kabupaten Tolikara.

“proses dan kerja kami sudah selesai, sudah kami pleno setelah ada putusan MK kemarin, dan selanjutnya menjadi domain dari DPRD Kabupaten Tolikara dan Gubernur untuk pengusulan pelantikannya”, jawab Tarwinto, salah satu Komisioner KPU Provinsi Papua ketika di tanyakan terkait kebenaran informasi tersebut.

Ia juga mengakui bahwa dirinya belum pernah melihat atau menerima surat tersebut, meski di dalam surat tersebut salah satu lembaga yang menerima salinan dan tembusanya adalah KPU Provinsi Papua.

“saya malah belum lihat dan tidak tahu mas, bisa di bagi dong copian suratnya kalau sudah terima”, kata Tarwinto, Jumat (25/8/2017).

Baca Juga:  Puluhan Calon Anggota MRP Papua Barat Diduga Pake’ Ijazah Palsu

Terkait surat Mendagri yang ditujukan kepada Gubernur Papua itu, Bupati terpilih Tolikara, Usman Wanimbo saat di konfirmasi Lingkar Papua, Jumat (25/8/2017) kemarin melalui pesan WhatsApp, hingga berita ini di muat tidak memberikan tanggapan.

Namun beberapa hari sebelumnya kepada wartawan saat ditanya kapan jadwal pelantikan dirinya sebagai Bupati Tolikara, Usman Wanimbo menjelaskan bahwa masih proses pemberkasan ke Mendagri, hanya tinggal menunggu tanda tangan Mendagri.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Tolikara 2017 – 2022 sudah melalui jalan panjang nan berliku, sejak di tetapkan sebagai pasangan calon oleh KPUD Kabupaten Tolikara akhir Oktober 2016 lalu.

Meski sudah ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Tolikara sebagai pemenang Pilkada 2017 dengan perolehan suara 118.640 suara (54,87%) melalui SK Nomor : 09/KPTS/KPU/Kab. Tolikara/II/2017, namun dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi, Senin (3/4/2017) Hakim menyatakan SK KPUD Tolikara tersebut cacat hukum, sehingga harus di lakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Dimana dalam proses menuju pelaksanaan PSU tersebut dinamika politik di Kabupaten Tolikara cukup dinamis dan penuh dengan intrik – intrik politik, salah satunya yang mengemuka adalah soal keterlibatan Gubernur yang di duga memberikan dukungan kepada pasangan calon Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo pada sambutannya dalam sebuah acara di Kabupaten Tolikara.

Baca Juga:  Sisa Lima Bulan, Belum Ada Lelang Kegiatan di Keerom, DAK Kena Potong, Wabup Optimis Tidak Defisit

Dimana hasil PSU pasangan calon Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo berdasarkan hasil pleno rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Provinsi Papua yang mengambil alih tahapan PSU karena seluruh komisioner KPUD Kabupaten Tolikara di non aktifkan, pasangan calon Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo kembali mengungguli dua pasangan calon lainnya, dengan perolehan suara 73.205 suara.

Dan melalui putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 14/PHP-BUP-XV/2017 tertanggal 31 Juli 2017, Hakim yang menyidangkan hasil PSU di Kabupaten Tolikara menguatkan SK KPU Nomor : 34/kpts/KPU-Kab.TLK/Tahun 2017 yang telah menetapkan pasangan calon Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo sebagai pemenang Pilkada Tolikara hasil PSU denga perolehan suara sebanyak 73.205 suara.

Pasca putusan MK dimaksud, pada Kamis (3/8/2017) bertempat di salah satu hotel di Jakarta, KPU Provinsi Papua melakukan pleno penetapan pasangan calon terpilih pada Pilkada Tolikara periode 2017 – 2022.

Yang kemudian di tindak lanjuti oleh DPRD Kabupaten Tolikara denga melakukan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tolikara dengan agenda penetapan Bupati dan Wakil Bupati Tolikara Periode 2017 – 2022 di salah satu hotel di Kota Jayapura pada sabtu 912/8/2017), atau seminggu setelah pleno penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU di Jakarta.

Namun setelah penetapan oleh DPRD Kabupaten Tolikara yang selanjutnya di usulkan kepada Mendagri melalui Gubernur untuk tahapan pelantikan dan pengesahan, nampaknya masih ada sedikit ganjalan sehingga pelantikan Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tolikara periode 2017 – 2022 belum bisa terlaksana di bulan ini seperti yang dijadwalkan sebelumnya. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

Tags:

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close