BREAKING NEWS
‘Bola Liar’ Isu SARA di Sosial Media Jelang Pilgub Papua 2018
Ini Dua Opsi Pemda Keerom Untuk Korban Kebakaran di Arso Kota
Ini Daftar Nama 26 Bakal Paslon Yang Sudah Jalani Tes Kesehatan di Pilkada Serentak Papua 2018
Wabah di Asmat, Waket DPRP Bilang Kadinkes Provinsi dan Kabupaten Gagal, Harus Diganti !
Berkas Bakal Cagub – Cawagub Papua ‘Hanya Lewat’ di DPRP, Pansus Pilgub Protes
Mahar Politik, Perilaku Koruptif Politisi dan Penguasa
Pilkada Papua 2018, IDI Jamin Hasil Pemeriksaan Kesehatan Independen dan Bebas Intervensi
Pemkab Keerom dan BPJS Teken MoU, Proteksi Masyarakat
Pangdam Perintahkan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pentingnya Imunisasi dan Hidup Sehat
Sebarkan Tim Ke 8 Distrik di Asmat, Danrem 174/ATW Pastikan Penanganan Langsung Dilakukan
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris

Diskusi Teknis Verifikasi Parpol, DPW PSI Papua Sowan ke KPU Papua

Pengurus DPW PSI Provinsi Papua saat melakukan sowan ke KPU Papua untuk mendapatkan informasi seputar tahapan dan teknis pelaksanaan verifikasi partai politik yang akan segera di mulai bulan depan. (Foto : dok. PSI Papua)

 

LINGKAR PAPUA.COM, JAYAPURA – Untuk mendiskuasikan dan mendapatkan informasi teknis verifikasi partai politik yang akan di mulai bulan Oktober, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Papua dan sejumlah DPD kabupaten / kota melakukan kunjungan politik (sowan) ke secretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Rabu (27/9/2017) kemarin.

“tidak ada agenda khusus, kami hanya meminta informasi dan petunjuk teknis bagaimana tahapan dan proses verifikasi, sambil silaturahmi lah, perkenalan diri, karena kami sadar kami partai baru, jadi harus banyak menyambung silaturahmi dan sosialisasi diri tentunya”, kata Karmin Lasuliha, Ketua DPW PSI Provinsi Papua melalui saluran telepon kepada Lingkar Papua usai kunjungan dimaksud.

Hadir dalam kesempatan itu, kepengurusan DPW PSI lengkap, diantaranya, Syaifuddin Songyanan (Wakil Ketua I), Irwan Usman David (Wakil Ketua II), Merian Toding (Sekretaris), Lidiani (Bendahara), Johan Freddy Jeujanan (Wakil Bendahara).

Baca Juga:  Enembe : Kita Jadi Gubernur Bukan Untuk Kaya Tapi Jaga NKRI Utuh dan Lebih Baik

Selain pengurus DPW PSI Papua, terlihat juga hadir beberapa Ketua dan pengurus DPD PSI lainnya diantaranya Iriana Stoffel (Ketua DPD PSI Kabupaten Jayapura), Muflih M. Yusuf (Sekretaris DPD PSI Kabupaten Jayapura), Sumarni (Bendahara DPD PSI Kabupaten Jayapura).

Rombongan pengurus DPD PSI Provinsi Papua tersebut diterima oleh beberapa Staff Sekretariat KPU Provinsi Papua diantaranya Ruslan (Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas), Rahmi Utami (Kasubag Teknis dan Hupmas), dan dua orang staff lainnya, Lodewik Labobar dan Franklin Kalase, dikarenakan semua Komisioner KPU Papua sedang berada di Makassar mengikuti kegiatan Bintek dan KPU RI.

“kami apresiasi bahwa PSI sebagai partai baru sangat responsive dan memiliki kesungguhan untuk mengikuti tahapan verifikasi yang akan di lakukan oleh KPU, dengan menanyakan langsung ke KPU terkait informasi tahapan verifikasi, kita berharap PSI nantinya bisa melalui tahapan dengan lancar tentunya, apalagi sebagai partai baru yang memberikan harapan baru juga bagi generasi muda”, kata Ruslan dalam sesi dialog.

Menurut Ruslan, setiap partai politik yang akan di verifikasi termasuk PSI harus sudah siap untuk di verifikasi secara administrative maupun factual.

Baca Juga:  Melihat Lebih Dekat Nasib Perempuan dan Tingginya Kasus KDRT di Asmat

“”kami akan datang ke Sekretariat PSI dan partai lainnya di 75% kabupaten/kota dan 50% distrik, nantinya aka nada pencocokan antara KTP dan KTA sesuai data yang di serahkan ke KPU, setelah Komisioner selesai mengikuti Bintek di Makassar, nantinya kami akan mengundang semua pengurus partai politik untuk sosialisasi tahapan dan teknis verifikasi”, kata Ruslan di damping Rahmi Utami menjelaskan teknis verifikasi yang akan dilakukan oleh KPU.

Terkait kesiapan DPW PSI Papua menghadapi tahapan verifikasi partai politik oleh KPU, Ketua DPW PSI Papua, Karmin Lasuliha menjelaskan bahwa secara administrasi sudah tidak ada kendala, karena persiapannya sudah di lakukan jauh – jauh hari dan telah melalui tahapan verifikasi internal di tingkat DPP.

“Insya Allah, PSI Papua siap, awal Oktober ini DPP akan menyerahkan berkas verifikasi ke KPU RI di Jakarta, dan akan di ikuti oleh penyerahan berkas oleh PSI di DPW dan DPD tentunya”, kata Karmin Lasuliha.

Baca Juga:  Ada Perjanjian Rahasia Dibalik Jatah 10% Saham Freeport Untuk Papua ?

Ketua DPW PSI juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh kader PSI yang berada di 29 kabupaten / kota yang ada di Provinsi Papua, karena meski sebagai ‘pendatang baru’ dan bisa di katakana kader PSI adalah politisi – politisi baru yang minim pengalaman politik, namun dengan berbekal pengalaman sebagai aktifis dan organisatoris, sehingga pemberkasan DPW PSI Papua tidak ada kendala.

“kita berharap nantinya caleg – caleg PSI bisa memberikan warna baru dalam percaturan politik di Papua dengan pemikiran, ide dan gagasan serta semangat yang masih baru dan belum terkontaminasi tentunya sesuai dengan Trilogi Perjuangan PSI, Menebar Kebajikan, Merawat Keragaman dan Meneguhkan Solidaritas”, kata Karmin Lasuliha.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini DPW PSI sudah membuka tahapan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di semua tingkatan baik untuk di DPR RI, DPRP, maupun di DPRD Kabupaten / Kota.

“tahapan sudah kita buka, bahkan ada beberapa personal yang sudah mendaftar, nanti ada tahapan fit and propert test, juga uji public, jadi kita akan umumkan siapa saja bakal caleg dari PSI dan kami akan meminta masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait rekam jejak dan track record figure dimaksud”. Kata Karmin lagi. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close