BREAKING NEWS
Pemkab Keerom dan BPJS Teken MoU, Proteksi Masyarakat
Pangdam Perintahkan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pentingnya Imunisasi dan Hidup Sehat
Sebarkan Tim Ke 8 Distrk di Asmat, Danrem 174/ATW Pastikan Penanganan Langsung Dilakukan
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris
JWW-HMS Membaca Headline Freeport & Koroway
Ada Perjanjian Rahasia Dibalik Jatah 10% Saham Freeport Untuk Papua ?
Berkas Cagub – Cawagub Papua Sudah di Meja DPRP, Uji Keaslian Orang Papua, MRP Rencana Wawancara Dengan ‘Bahasa Ibu’
Calon Tunggal Yang Tak Tertandingi
JWW Ajak Relawannya Patahkan Prediksi Kerawanan Konflik di Papua Selama Pilgub
Jalani Tes Kesehatan 5 Jam, Wetipo Ingatkan Tim Dokter Jangan Mau di Intervensi
Banjir Air Mata Mengantar Bupati Keerom ke Peraduan Terakhir

Tahun 2017, Pemprov Papua Gelontorkan 250 Miliar Untuk Benahi Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Tolikara

Kadinas PU Provinsi Papua, Djuli Mambaya, ST saat meninjau beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tolikara, Rabu (6/12/2017) kemarin, dimana tahun 2017 ini Pemprov gelontorkan Rp. 250 Miliar untuk bangun infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Tolikara. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, TOLIKARA— Sepanjang Tahun Anggaran 2017 ini, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum telah menggelontorkan dana sekitar Rp 250 Miliar dalam bentuk 18 paket kegiatan untuk membenahi infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Tolikara guna membuka keterisolasian di daerah tersebut.

“18 paket infrastruktur ini untuk mendorong konektivitas antar daerah dan membuka isolasi di Tolikara, dimana Pemerintah menyiapkan sekitar Rp 250 Miliar untuk tahun 2017 khusus insfrastruktur di Tolikara”, kata Djuli Mambaya, ST, Kadinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, di sela – sela kegiatan meninjau lokasi beberapa kegiatan yang sedang berlangsung di Karubaga, Kabupaten Tolikar, Rabu (6/12/2017) kemarin.

Baca Juga:  MENANTI TUMBAL NYAWA DI JALAN ALTERNATIF TEMBUS WALIKOTA

Menurutnya berdasarkan hasil pemantauannya, dari 18 paket kegiatan yang di turunkan Provinsi di Kabupaten Tolikara, di targetkan ada 15 paket kegiatan infrastruktur yang bisa tuntas tepat waktu, sedangkan sebanyak 3 paket yang mengalami sedikit kendala dikarenakan adanya kondisi force majeur akibat dari situasi kamtibmas dan politik di daerah tersebut selama Pilkada.

“ada satu pekerjaan peningkatan jalan yang progres pekerjaannya minus 30 persen, lantaran  terkendala pemalangan akibat proses politik di Kabupaten Tolikara, itu sifatnya force majoure, atau di luar kendali kita yah, dan tidak bisa di prediksikan, jadi kita tidak bisa salahkan kontrakornya, dan tetap kita dorong untuk di genjot agar sebelum tutup anggaran tahun ini dapat terselesaikan”, kata Djuli Mambaya usai meninjau kegiatan tersebut secara langsung di Distrik Wunim.

Baca Juga:  Satgas 512/ QY Dapat ‘Surat Kaleng’, Isinya Ternyata Petunjuk Lokasi Penyimpanan Sepucuk Pistol

Melihat kondisi fisik pekerjaan, kata Djuli progresnya baru masuk tahapan material on site. Hal itu tentu akan sangat berdampak pada penyerapan anggaran, dan paling penting dampak kepada masyarakat, sebab mobilisasi akan terhambat, apalagi kondisi jalan tersebut hanya bisa di jangkau dengan kendaraan tertentu.

“Memang untuk pelaksaannya semua material sudah ada, hanya saja belum masuk dalam tahap peleburan yang seharusnya kegiatannya sudah masuk dalam bentuk fisik. Tapi itulah, kita juga tidak bisa menduga adanya kendala non teknis seperti ini,” tandasnya.

Kadinas PU Provinsi Papua berharap dengan sisa waktu yang ada perusahaan yang menangani pekerjaan dapat mengejar ketertingalan, penambahan armada, tenaga, dan kerja ekstra.

Baca Juga:  Masih Banyak Orang Papua Meninggal Karena Layanan Kesehatan Minim, Dinkes Papua Dinilai Gagal

Adapun 18 proyek infrastruktur di wilayah Kabupaten Tolikara meliputi, pembangunan jalan Numai  – Tiom dengan nilai proyek Rp 28 miliar, pembangunan jalan Panaga – Taipe, pembangunan jalan Mamit – Umagi. Pembangunan jembatan Kali Pun, peningkatan jalan Bolakme – Kelila, peningkatan jalan Karubaga – Mamit dan lainnya.

Lanjutnya, kucuran dana yang begitu besar tersebut merupakan perhatian khusus pemerintah  Papua untuk Kabupaten Tolikara. Sehingga Djuli Mambaya berharap, semua warga masyarakat  Tolikara dapat membantu dan mendukung pelaksaan kegiatan pemerintah untuk mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera sebagaimana visi besar Gubernur dan Wakil Gubernur, Lukas Enembe – Klemen Tinal. (tie/r1)

Berikan Komentar Anda

Tags:

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close