BREAKING NEWS
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris
JWW-HMS Membaca Headline Freeport & Koroway
Ada Perjanjian Rahasia Dibalik Jatah 10% Saham Freeport Untuk Papua ?
Berkas Cagub – Cawagub Papua Sudah di Meja DPRP, Uji Keaslian Orang Papua, MRP Rencana Wawancara Dengan ‘Bahasa Ibu’
Calon Tunggal Yang Tak Tertandingi
JWW Ajak Relawannya Patahkan Prediksi Kerawanan Konflik di Papua Selama Pilgub
Jalani Tes Kesehatan 5 Jam, Wetipo Ingatkan Tim Dokter Jangan Mau di Intervensi
Banjir Air Mata Mengantar Bupati Keerom ke Peraduan Terakhir
Dituding Jadi Timses Salah Satu Kandidat, Ini Bantahan Kadinkes Papua
Diusung Empat Partai, Bakal Paslon TENANG Mendaftar di KPU Puncak
Empat Jam Diperiksa Tim Dokter RSUD Dok II, Bakal Paslon LUKMEN Merasa Kondisinya Fit

Siap Kawal Pilgub Papua 2018 Berkualitas, Panwas Kabupaten Jayapura Sudah Start Koordinasi dan Konsolidasi

Ketua dan Anggota Panswaslu Kabupaten Jayapura saat melakukan kegiatan koordinasi dan konsolidasi dengan stake holder jelang Pilgub Papua 2018 di Kabupaten Jayapura. (Foto : doc. Panwas)

 

LINGKARPAPUA.COM, SENTANI—Menghadapi tahapan Pemilihan Gubernur Provinsi Papua 2018 yang sudah di depan mata, para Komisioner Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jayapura yang baru jauh – jauh hari sudah melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan stake holder terkait di tingkat bawah guna optimalisasi tugas pokok dan fungsi Panwaslu ke depan.

“kita sudah melalukan beberapa kali kegiatan ke tingkat bawah, mulai dari sosialisasi, koordinasi, termasuk konsolidasi dengan stake holder yang ada di tingkat bawah, bagian dari edukasi kami kepada para penyelenggara juga khususnya di urusan pengawasan yah, agar masyarakat juga mendapatkan informasi yang cukup terkait hajatan Pilgub Papua 2018 yang sudah di depan mata, bahkan tahapannya sudah berjalan”, kata Zacharias Rumbewas, SH, Ketua Panwaslu Kabupaten Jayapura kepada Lingkar Papua melalui saluran telepon, Jumat (15/12/2017).

Baca Juga:  BTM : Stop Calo, No Pungli, Dari 93 Perizinan di Pemkot, Hanya Lima Yang Bayar, Lainnya Gratis !

Menurutnya belajar dari pengalaman Pilkada Kabupaten Jayapura yang baru saja usai, Panwaslu Kabupaten Jayapura tentunya tidak ingin terjerembab dalam lubang yang sama, dan sebagai bentuk komitmen mereka yang baru di lantik untuk mengawal demokrasi di bumi Kheinambay Umbay, beberapa langkah sudah mereka lakukan sejauh ini.

“kami akan banyak mendengar masukan dari stake holder yang tahu di lapangan, termasuk juga dari masyarakat, penyelenggara, juga aparat keamanan, termasuk juga kita mempelajari beberapa laporan maupun dokumen Panwas Distrik yang ada untuk memetakan potensi pelanggaran yang kemungkinan terjadi termasuk karakteristik daerah tugas kami yang baru tentunya”, kata Zacharias Rumbewas lagi.

Ia juga menegaskan bahwa saat ini Panwaslu Kabupaten Jayapura sudah mulai menajlankan fungsi pengawasan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 tentang Tahapan dalam Pilgub Papua.

Baca Juga:  Berkas Cagub – Cawagub Papua Sudah di Meja DPRP, Uji Keaslian Orang Papua, MRP Rencana Wawancara Dengan 'Bahasa Ibu'

“dengan koordinasi, sosialisasi dan edukasi kami berharap potensi pelanggaran bisa kita minimalisir sejak dini lah”, kata Zacharias Rumbewas lagi, dimana untuk menjalankan tugas – tugas tersebut saat ini dirinya di dukung tim yang solid dan kompak diantaranya Nasaruddin Sili Suli, SH sebagai Koordinator Divisi Penindakan, Seprianti Pandi, M.Pd. K sebagai Koordinator Divisi SDM, di bantu Sekretaris Panwaslu Alfred Saul Deda, SE dan Bendahara Jinni Wati, S.Sos.

Disinggung soal agenda kerja Panwaslu Kabupaten Jayapura, Zacharias menjelaskan sudah tersusun agenda kerja mereka sejak sebelum hari H pemilihan sampai dengan selesainya tahapan Pilgub Papua 2018 mendatang.

“masukan dari stake holder, kita nantinya tidak hanya focus pada penindakan, tapi juga perlunya sosialisasi secara intens apa yang menjadi kewenangan kami, termasuk juga bentuk pelanggaran Pemilu dan sanksinya kepada masyarakat luas, sehingga ada peran serta aktif dari masyarakat untuk mengawal demokrasi kita”, kata Zacharias Rumbewas, Ketua Panwaslu yang juga sebagai Koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas itu.

Baca Juga:  Jangan Ada Program Siluman Atau Program Titipan di APBD Kota 2017

Ketika ditanyakan soal pembiayaan dan anggaran yang dibutuhkan oleh Panwaslu Kabupaten Jayapura untuk hajatan Pilgub Papua 2018 mendatang, ia mengatakan sebagai Ketua dan anggota Panwas akan lebih focus pada tupoksinya, karena urusan pembiayaan sudah ada Sekretaris yang urus.

“itu ranahnya Sekretaris dan staff, mereka yang lebih paham dan tugasnya memfasilitasi apa yang jadi tugas kami untuk kawal demokrasi”, katanya sambil tertawa renyah dan meminta dukungan pers ke depannya. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close