BREAKING NEWS
‘Bola Liar’ Isu SARA di Sosial Media Jelang Pilgub Papua 2018
Ini Dua Opsi Pemda Keerom Untuk Korban Kebakaran di Arso Kota
Ini Daftar Nama 26 Bakal Paslon Yang Sudah Jalani Tes Kesehatan di Pilkada Serentak Papua 2018
Wabah di Asmat, Waket DPRP Bilang Kadinkes Provinsi dan Kabupaten Gagal, Harus Diganti !
Berkas Bakal Cagub – Cawagub Papua ‘Hanya Lewat’ di DPRP, Pansus Pilgub Protes
Mahar Politik, Perilaku Koruptif Politisi dan Penguasa
Pilkada Papua 2018, IDI Jamin Hasil Pemeriksaan Kesehatan Independen dan Bebas Intervensi
Pemkab Keerom dan BPJS Teken MoU, Proteksi Masyarakat
Pangdam Perintahkan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pentingnya Imunisasi dan Hidup Sehat
Sebarkan Tim Ke 8 Distrik di Asmat, Danrem 174/ATW Pastikan Penanganan Langsung Dilakukan
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris

Pendeta Minta Wartawan Beritakan Kebenaran, Kadis PU Berbagi Kasih Dengan Sesepuh dan Anak Yatim di Natal Bersama Komunitas Pers Papua

Ny. Siska Paliling, SP, istri Kadinas PU Provinsi Papua, Djuli Mambaya, ST mewakili keluarga ketika memberikan bingkisan natal kepada sesepuh wartawan, wartawan aktif dan anak yatim dari Panti Asuhan yang ikut bersama merayakan Natal Bersama Keluarga Besar Komunitas Pers Papua kemarin. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Momentum perayaan Natal hendaknya bisa dijadikan wartawan untuk melakukan instrospeksi diri apakah selama ini dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sudah memberitakan kebenaran yang bersumber dari suatu yang benar – benar dalam rancangan dan kehendak Allah atau belum, karena dengan kemampuan yang dimiliki seorang wartawan mampu menjadi corong bagi upaya memberitakan kebenaran dan membongkar kejahatan yang di lakukan oleh manusia.

Hal tersebut di sampaikan pendeta N. Matrutti dalam khotbahnya di hadapan puluhan wartawan, keluarga, dan tamu undangan lainnya yang hadir pada perayaan Natal Bersama Keluarga Besar Komunitas Wartawan Papua di Jayapura yang berlangsung di salah satu hotel di kawasan Entrop, Sabtu (16/12/2017) kemarin.

“Pada perayaan natal ini, mari kita kembali merenungkan diri dan mengintrospeksi diri dan mencari sebuah hal dalam kebenaran. Sejauh mana kita mengabarkan kepada orang banyak bahwa itu betul dan benar”, tegas pendeta N. Matrutti.

Natal bersama Keluarga Besar Komunitas Wartawan Papua yang merupakan gabungan dari beberapa organisasi wartawan baik mdia cetak, elektronik, maupun media online diantaranya yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Indonesian Journalist Network (IJN) dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) tersebut berlangsung khidmat, meriah, sederhana dalam nuansa balutan kebersamaan dan kekerabatan tanpa melihat perbedaan diantara sesama wartawan.

Baca Juga:  Sudah ‘Banjiri’ Mimika Dengan Limbah Tailing, Freeport Harus Bayar Hutang Pajak 3,5 Triliun dan Perhatikan Nasib 7 Suku

Karena selain di ikuti oleh wartawan yang beragama nasrani, juga di hadiri oleh wartawan yang beragama islam sehingga suasana kebersamaan dan persaudaraan tergambar erat meski dengan latar belakang yang berbeda – beda.

Mengusung thema ‘Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu, Karena untuk Itulah Kamu Telah di Panggil Menjadi Satu Tubuh dan Bersyukurlah’  Kolose 3:15, acara Natal Bersama Keluarga Besar Wartawan Papua di Jayapura dihadiri para mantan jurnalis, keluarga mantan jurnalis dan anak-anak yatim, sedangkan mewakili Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Djuli Mambaya, ST, terlihat juga tamu undangan lainnya diantaranya Kapolres Jayapura Kota, AKBP M Tober Sirait dan Dandim 1701 Letkol Inf Nova Ismailiyanto.

Kepala Dinas PU Provinsi Papua Djuli Mambaya, ST dalam sambutannya mewakili Gubernur Papua menyampaikan, kegiatan Natal bersama yang digelar oleh komunitas wartawan merupakan hal yang sangat positif dan bagus untuk mempererat persatuan antar para wartawan di Papua, khususnya di Jayapura.

“Seperti 2.000 tahun lalu, kabar suka cita telah lahir bagimu pada hari di kandang domba di Betlehem, dimana ketika itu yang menyampaikan kepada gembala kabar baik tersebut kepada para gembala di tengah hutan adalah malaikat, sehingga bila jaman kini wartawan melaksanakan tugas mewartakan, bisa di samakan profesi wartawan adalah sama dengan malaikat, karena malaikatlah yang mewartakan lahirnya Sang Juru Selamat ketika itu, jadi kerja – kerja wartawan saat ini mewartakan adalah sama dengan tugas malaikat”, kata Djuli Mambaya memberikan contoh perumpamaan akan profesi wartawan dalam kaitannya dengan kelahiran Yesus Kristus 2.000 tahun lalu.

Baca Juga:  Pilkada Maybrat, MK Perintahkan PSU di Satu TPS di Kampung Iroh Sohser

Menurutnya peran dan profesi wartawan saat ini sangat penting, karena dengan kerja – kerja jurnalistik sehingga informasi, kabar baik itu mudah tersebar luas dan bisa di dengar oleh masyarakat lain di belahan dunia lain, sehingga kejadian atau peristiwa yang terjadi di suatu daerah bisa diketahui oleh masyarakat di daerah lainnya.

“demikian juga, hasil – hasil pembangunan bila tidak di wartakan oleh wartawan, maka masyarakat tidak akan mengetahui tentang adanya suatu pembangunan yang sudah di lakukan oleh pemerintah, semisal, karena pemberitaan wartawan sehingga masyarakat di gunung yang belum pernah ke Jayapura, akhirnya tahu bahwa saat ini pemerintah tengah membangun jembatan Holtekamp yang membelah lautan untuk menghubungi daratan Kota Jayapura dengan kawasan Holtekamp pantai”, kata Djuli Mambaya.

Baca Juga:  ‘Bola Liar’ Isu SARA di Sosial Media Jelang Pilgub Papua 2018

Maka dengan fungsi dan tugas itulah, maka wartawan menurutnya bisa disamakan dengan menjalankan tugas malaikat untuk mewartakan kebenaran, namun di sisi lain wartawan juga dengan ketajaman tulisannya bisa menjadi momok yang membuat penguasa tidak tenang karena wartawan bisa melakukan peran control dan pengawasan.

“Bagi rakyat, wartawan adalah malaikat. Begitu juga bagi kami pemerintah, wartawan juga berfungsi sebagai herodes”, kata Djuli Mambaya.

Kadinas PU Provinsi Papua menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Natal Bersama Keluarga Besar Wartawan Papua yang juga menghadirkan anak – anak yatim piatu dari Panti Asuhan dan juga mengundang sesepuh dan mantan wartawan beserta keluarganya, karena hal itu menunjukkan adanya kebersamaan, dan hal tersebut menjadi penanda bahwa adanya suatu visi untuk sama-sama memberitakan hal yang benar, baik itu benar tidak terjadi, maupun benar-benar terjadi.

“Saya berharap wartawan mendukung pelaksanaan Pilkada dengan cara mewartakan yang benar, dan memberitakan hal yang sejuk menuju suksesnya Pilkada, tentu rakyat akan mendengar kabar yang baik, sehingga kedamaian yang didambakan akan terjadi di Tanah Papua”, himbau Djuli Mambaya lagi.

Pada kesempatan itu juga, Djuli Mambaya atas nama pribadi dan keluarga menyerahkan bingkisan natal kepada anak yatim dan sesepuh wartawan yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

Ketua PWI Papua Abdul Munib berharap lewat kegiatan Natal bersama ini, agar segala sesuatu dan nilai-nilai kehidupan tetap harus mendahulukan Tuhan.

“Dengan adanya kesatuan dari para wartawan, yang jika kita kelola dengan baik, kita bisa bersama-sama bekerja dengan masyarakat”, kata Abdul Munib, Ketua PWI Papua yang juga adalah Pemimpin Redaksi media online lingkarpapua.com. (tie/r1)

Berikan Komentar Anda

Tags:

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close