BREAKING NEWS
‘Bola Liar’ Isu SARA di Sosial Media Jelang Pilgub Papua 2018
Ini Dua Opsi Pemda Keerom Untuk Korban Kebakaran di Arso Kota
Ini Daftar Nama 26 Bakal Paslon Yang Sudah Jalani Tes Kesehatan di Pilkada Serentak Papua 2018
Wabah di Asmat, Waket DPRP Bilang Kadinkes Provinsi dan Kabupaten Gagal, Harus Diganti !
Berkas Bakal Cagub – Cawagub Papua ‘Hanya Lewat’ di DPRP, Pansus Pilgub Protes
Mahar Politik, Perilaku Koruptif Politisi dan Penguasa
Pilkada Papua 2018, IDI Jamin Hasil Pemeriksaan Kesehatan Independen dan Bebas Intervensi
Pemkab Keerom dan BPJS Teken MoU, Proteksi Masyarakat
Pangdam Perintahkan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pentingnya Imunisasi dan Hidup Sehat
Sebarkan Tim Ke 8 Distrik di Asmat, Danrem 174/ATW Pastikan Penanganan Langsung Dilakukan
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris

Kemarin Mendaftar, KPU Bilang Dukungan 9 Parpol Untuk LUKMEN Sah dan Memenuhi Syarat

Bakal pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal bersama ketua Tim Koalisi Papua bangkit, Mathias Awaitouw dan tim sukses saat menggelar jumpa pers usai pendaftaran ke KPU kemarin. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua memastikan dukungan 9 (sembilan) partai politik yang tergabung dalam Koalisi Papua Bangkit II terhadap bakal pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) sudah sah dan memenuhi syarat, sehingga bakal pasangan calon dimaksud siap mengikuti tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba yang akan dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di RSUD Dok II Jayapura.

“berkas yang diperiksa juga sudah diterima langsung oleh pusat, karena pemberkasan via online, sehingga untuk selanjutnya KPU sudah memberikan rekomendasi untuk pemeriksaan kesehatan,” kata Adam Arisoy, Ketua KPU Papua saat dihubungi via hadphone semalam.

Menurutnya, KPU akan melakukan komunikasi dengan BNN dan IDI untuk waktu pemeriksaan kesehatan, dimana menurut ketua KPU Papua, semua pembiayaan untuk tahapan pemeriksaan kesehatan menjadi tanggung jawab KPU, dimana untuk tahapan tersebut KPU telah melakukan kerjasama dengan IDI, BNN dan juga kepolisian.

Baca Juga:  Berkas Bakal Cagub – Cawagub Papua ‘Hanya Lewat’ di DPRP, Pansus Pilgub Protes

“Jadi untuk pemeriksaan kesehatan di RSUD Dok II nanti waktunya ini yang masih disesuaikan, demikian juga dengan BNN,” kata Adam Arisoi lagi.

Terkait dukungan bakal pasangan calon LUKMEN yang di daftarkan kemarin hanya 9 partai politik dari 10 partai politik yang memberikan dukungan, Ketua KPU menjelaskan bahwa memang untuk partai non seat di DPRP tidak memasukkan berkasnya ke KPU, hanya partai yang memiliki kursi di DPRP saja yang di verifikasi berkas dukungannya.

“aturannya begitu, kalau parpol non seat memang tidak di verifikasi berkas dukungannya, jadi 9 parpol yang sah dan sudah di verifikasi ke pusat, jadi total dukungan untuk LUKMEN adalah 76,3%, jadi memenuhi syarat, karena syarat minimal dukungan di DPRP adalah 15% saja”, kata Adam Arisoy.

Bakal Calon Gubernur, Lukas Enembe kepada wartawan usai acara pendaftaran kemarin menjelaskan bahwa dirinya dan Klemen Tinal menjadi bakal pasangan calon yang pertama mendaftar di KPU, Lukas mengakui ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya pada proses pendaftaran di KPU kemarin.

“semua persyaratan secara online, pemeriksaan satu per satu, dan semua berkas pencalonan kami sudah memenuhi syarat, kami sangat berterima kasih kepada Tim Koalisi Papua Bangkit yang sudah bekerja sungguh – sungguh mempersiapkan berkas yang begitu banyak, sehingga kami sudah menerima tanda terima pendaftaran dan di nyatakan memenuhi syarat, karena semua pemeriksaan online jadi langsung di ketahui hasilnya”, kata Lukas Enembe usai pendaftaran, Selasa (9/1/2018).

Baca Juga:  Dinilai Ikut Bangun Bokondini, Masyarakat Hibahkan Lahan Untuk Koramil

Menurutnya, dengan dukungan mayoritas di DPRP yakni 76,3 % kursi di DPRP atau 9 partai politik, Lukas Enembe merasa optimis dan yakin bahwa mesin partai politik yang tergabung dalam Tim Koalisi Papua Bangkit II akan bekerja maksimal untuk memenangkan bakal pasangan calon LUKMEN.

“Dukungan itu adalah keinginan semua pimpinan parpol, apalagi didalam koalisi parpol yang mendukung LUKMEN sebagaian besar adalah koalisi pemerintah, kecuali PDIP, semua koalisi Jokowi ada di Lukmen, jadi saya pikir tidak akan ada parpol yang menyeberang kemana-mana,” katanya.

Terkait PBB yang di sinyalir memberikan dukungan ganda, karena sebelumnya JWW – HMS juga mengklaim di dukung PBB, Lukas Enembe tidak terlalu mempersoalkan hal tersebut, karena PBB tidak memiliki kursi di DPRP, sehingga tidak ada verifikasi berkas dukungan partai tersebut di KPU yang di khawatirkan akan menghambat pencalonannya.

Baca Juga:  Jack Komboy Pulang Kampung, Kemarin Mulai ‘Kick Off’ di Pilkada Biak

“PBB itu tidak punya kursi dan syarat KPU tidak bisa masukan berkasnya, boleh bergabung tapi berkasnya tidak boleh masuk”, kata Lukas Enembe lagi.

Mathius Awoitauw selaku Ketua Tim Koalisi Papua Bangkit mengatakan saat mendaftar semua kelengkapan sudah diperiksa bahwa parpol sifatnya nasional dari DPP sudah menetapkan, mendukung Lukas Enembe – Klemen Tinal, dan itu sudah final.

“sembilan parpol sudah selesai, tidak akan kemana – mana lagi, sudah final, dan tidak mungkin dicabut lagi, karena sudah di verifikasi tadi secara online secara nasional ke KPU RI juga, jadi tidak mungkin ada dukungan ganda ataupun perubahan dukungan”, kata Mathias Awaitouw.

Pendaftaran bakal pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal yang dilakukan Selasa, (9/1/2018) kemarin berlangsung kurang lebih 3 jam sejak LUKMEN bersama Tim Koalisi Papua Bangkit, simpatisan dan pendukung tiba di kantor KPU Papua pada pukul 15.00 WOT dan keluar sekitar pukul 18.00 WIT.

Dimana rombongan mengambil titik kumpul di salah satu hotel di kawasan Ruko Pasifik Permai dan bergerak ke kantor KPU Papua yang tidak terlalu jauh di antar ribuan simpatisan dan pendukungnya, hingga proses pendaftaran selesai, dimana dari awal hingga akhir proses pendaftaran berjalan aman dan damai. (***)

Reporter         : Titie
Editor              : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Tags:

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close