BREAKING NEWS
‘Bola Liar’ Isu SARA di Sosial Media Jelang Pilgub Papua 2018
Ini Dua Opsi Pemda Keerom Untuk Korban Kebakaran di Arso Kota
Ini Daftar Nama 26 Bakal Paslon Yang Sudah Jalani Tes Kesehatan di Pilkada Serentak Papua 2018
Wabah di Asmat, Waket DPRP Bilang Kadinkes Provinsi dan Kabupaten Gagal, Harus Diganti !
Berkas Bakal Cagub – Cawagub Papua ‘Hanya Lewat’ di DPRP, Pansus Pilgub Protes
Mahar Politik, Perilaku Koruptif Politisi dan Penguasa
Pilkada Papua 2018, IDI Jamin Hasil Pemeriksaan Kesehatan Independen dan Bebas Intervensi
Pemkab Keerom dan BPJS Teken MoU, Proteksi Masyarakat
Pangdam Perintahkan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pentingnya Imunisasi dan Hidup Sehat
Sebarkan Tim Ke 8 Distrik di Asmat, Danrem 174/ATW Pastikan Penanganan Langsung Dilakukan
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris

JOHSUA, JWW Lewat Darat, HMS Lewat Laut, Bersatu di Kantor KPU Papua

John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOHSUA) saat mendaftar di KPU Papua, Rabu (10/1/2018) kemarin di dampingi Ketua DPD PDI P Provinsi Papua, Edoardus Kaize dan Ketua DPW Gerindra Papua, Yanni, SH (Foto : Titie / Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Ada yang unik dan bermakna mendalam saat prosesi pendaftaran bakal pasangan calon yang di usung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOHSUA), Rabu (10/1/2018) sore.

Mengambil titik kumpul di Taman Imbi Jayapura, prosesi pendaftaran bakal pasangan calon JOHSUA di meriahkan simpatisan, pendukungnya yang merepresentasikan keberagaman warga masyarakat di Papua lengkap dengan pakaian tradisional masing – masing, sebagai simbolisasi bahwa bakal pasangan calon ini adalah representasi Bhineka Tunggal Ika di Papua.

Setelah usai serangkaian seremoni di Taman Imbi, kemudian bakal pasangan calon JOHSUA di arak simpatisan dan pendukungnya menuju ke kantor KPU Provinsi Papua, namun berbeda dengan kebanyakan prosesi pendaftaran dimana kedua pasangan calon beriringan, JOHSUA memilih rute berbeda untuk sampai ke kantor KPU Papua.

Dimana John Wempi Wetipo, Bakal Calon Gubernur dengan di arak simpatisan dan pendukungnya menempuh jalur darat berjalan kaki, sedangkan Bakal Calon Wakil Gubernur Habel Melkias Suwae menempuh jalur laut menggunakan perahu dari pelabuhan Yos Sudarso di kawal beberapa simpatisan pendukungnya yang juga menggunakan perahu dan berlabuh tepat di pantai Dok II depan kantor KPU Papua di Jalan Soa Siu, Jayapura.

Baca Juga:  Tingkat Konsumsi BBM di Jayapura Naik 5 % - 200 % Selama Ramadhan, Tapi Stok Aman

“prosesi deklarasi kemarin sudah kita lakukan dari ‘rumah’ Pak JWW di Wamena, maknanya tentu sangat mendalam, bahwa sebuah niat baik harus di mulai dari dalam rumah, supaya mendapat dukungan dari keluarga, dan juga berkah dari TYME, pendaftaran hari ini sengaja kita libatkan semua komponen suku bangsa yang ada di Papua, paguyuban, maknanya bahwa pasangan JOHSUA ini adalah representasi Bhineka Tunggal Ika, dan saat HMS lewat pantai dan Pak JWW lewat darat itu bermakna bahwa itulah kekuatan besar yang ada di Papua, dari gunung / darat dan dari pantai, itulah yang mendukung JOHSUA, alam mendukung, keluarga mendukung, maka menjadi kekuatan kita”, kata seorang Tim Sukses bakal pasangan calon JOHSUA yang menolak di korankan namanya kepada lingkarpapua.com, Rabu (10/1/2018) malam melalui saluran telepon.

Bakal pasangan calon JOHSUA diusung oleh Partai PDI-P dan Gerindra dengan jumlah perolehan kursi di DPRP sebanyak 13 kursi, selain kedua partai tersebut JOHSUA juga di dukung oleh satu partai non seat di DPRP yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan satu partai baru yang telah lolos verifikasi KPU dan baru akan berlaga di Pileg 2019 mendatang yakni, Partai Indonesia Raya (PERINDO), partai besutan Harry Tanoesoedibjo, dimana Habel Melkias Suwae adalah Ketua DPD-nya di Provinsi Papua saat ini.

Baca Juga:  Cegah Joki Beraksi, Tes Akademik Calon Siswa Bintara SPN Gunakan Absensi Sidik Jari

Setelah melalui serangkaian proses verifikasi berkas dukungan partai dengan system online, akhirnya bakal pasangan calon JOHSUA dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan yang ditetapkan peraturan perundang – undangan, sehingga dinyatakan sah dan memenuhi syarat untuk melangkah ke tahapan selanjutnya, pemeriksaan kesehatan.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan perlengkapan pendaftaran dan semuanya terpenuhi dengan lengkap, maka pasangan Calon Gubernur John Wempi Wetipo dan Calon wakil gubernur Habel Melkias Suwae yang diusung Partai PDI-P dan Gerindra dengan 13 kursi dapat mengikuti Pilkada Gubernur Papua 2018,” ujar Ketua KPU Papua, Adam Arisoi.

Kepada wartawan usai berkas keduanya di nyatakan sah dan memenuhi syarat, John Wempi Wetipo (JWW) menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada masyarakat Kota Jayapura bila merasa terganggu dengan aktifitas simpatisan dan pendukungnya yang memenuhi jalan raya sehingga sempat memacetkan jalan.

JWW juga mengucapkan terima kasih kepada tim sukses dan koalisi partai pendukung yang sudah bekerja maksimal di sisa waktu yang ada sehingga bisa mempersiapkan berkas pendaftaran hingga dinyatakan sah dan memenuhi syarat oleh KPU.

“tim sudah kerja all out hingga jam 5 subuh, hari ini dua partai yang usung kami PDI-P dan Gerindra, saya terima kasih, ini baru awal, usaha kami tidak berakhir di sini, dan penentunyanya nanti 27 Juni, saya yakin rakyat kita sudah cerdas, jika niat kita tulus, maka semua akan berakhir dengan indah”, kata JWW kepada sejumlah wartawan yang hadir.

Baca Juga:  DPD Ardin Papua Siap Cetak Pengusaha Muda Yang Handal

Bakal pasangan calon JOHSUA juga mengajak masyarakat untuk ikut menjaga agar Pilkada di Papua berjalan aman dan damai dan semua penuh suka cita untuk meriahkan pesta demokrasi dengan gunakan hak suaranya nanti saat pencoblosan.

Dengan usainya pendaftaran bakal pasangan calon JOHSUA, maka dipastikan hanya aka nada dua pasangan calon dalam Pilgub Papua 2018 tahun ini, dan pendaftaran bakal pasangan calon akan di tutup serentak seluruh Indonesia Rabu (10/1/2018) malam tepat pukul 24.00 WIT.

Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoy menjelaskan hingga hari terakhir pendaftaran hanya ada dua bakal pasangan calon yang sudah mendaftar dan dinyatakan sah dan memenuhi syarat yakni bakal pasangan calon yakni Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) yang keduanya adalah pasangan calon petahana, dan bakal pasangan calon John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOHSUA).

Adam Arisoy menambahkan, Berdasarkan tahapan pencalonan tiga hari, dari tanggal 8 – 10 dan ada dua pasangan bakal calon yang mendaftar di KPU Papua.

“masa pendaftaran dari 8 – 10 Januari, setelah kami teliti berkas calon dan pencalonan lewat verifikasi memenuhi syarat dalam hal dukungan partai politiknya, makanya kita sudah keluarkan tanda bukti terima berkas pendaftaran dan rekomendasi kepada bakal pasangan calon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Bhayangkara besok”, kata Adam Arisoy menambahkan bahwa hingga pukul 24.00 WIT barulah KPU Papua melakukan penutupan pendaftaran bakal pasangan calon. (***)

Reporter         : Titie
Editor              : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Tags:

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close