BREAKING NEWS
‘Bola Liar’ Isu SARA di Sosial Media Jelang Pilgub Papua 2018
Ini Dua Opsi Pemda Keerom Untuk Korban Kebakaran di Arso Kota
Ini Daftar Nama 26 Bakal Paslon Yang Sudah Jalani Tes Kesehatan di Pilkada Serentak Papua 2018
Wabah di Asmat, Waket DPRP Bilang Kadinkes Provinsi dan Kabupaten Gagal, Harus Diganti !
Berkas Bakal Cagub – Cawagub Papua ‘Hanya Lewat’ di DPRP, Pansus Pilgub Protes
Mahar Politik, Perilaku Koruptif Politisi dan Penguasa
Pilkada Papua 2018, IDI Jamin Hasil Pemeriksaan Kesehatan Independen dan Bebas Intervensi
Pemkab Keerom dan BPJS Teken MoU, Proteksi Masyarakat
Pangdam Perintahkan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pentingnya Imunisasi dan Hidup Sehat
Sebarkan Tim Ke 8 Distrik di Asmat, Danrem 174/ATW Pastikan Penanganan Langsung Dilakukan
Pertamina Regional VIII Alokasikan Rp. 1,8 Miliar Untuk Bantu Asmat
Sub Denpom Ditingkatkan Jadi Denpom, Mabes TNI – AD Akan Bangun Dermaga Denbekang di Gudang Arang Merauke
Tali Asih Kodim 1709/Yawa, Dandim Bantu Material Rehab GKI Kampung Karoipi
Kukuhkan Timsesnya, JOHSUA Ajak Koalisi Papua Cerdas Bangun Papua Dengan Satukan Perbedaan
Kontroversi Tudingan Ijazah Palsu Sang Calon Gubernur
Diduga Ada Kongkalikong Antara Dukcapil dan KPUD, Terkait Jumlah e-KTP di Mamteng Jelang Pilkada 2018
Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Kodam XVII/ Cenderawasih Turunkan 53 Paramedis, 6 Ton Alkes dan Sembako
Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp
Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?
Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris

KPU Papua Gandeng 50 Dokter Untuk Pastikan Calon Kepala Daerah dan Wakilnya Bukan ‘Orang Penyakitan’

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy dan Ketua Tim Dokter RSUD Dok II Jayapura yang bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Bakal Calon Gubernur – Wakil Gubernur dan Bupati – Wakil Bupati. (Foto : dok. Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Sedikitnya 50 orang dokter spesialis digandeng oleh KPU Provinsi Papua yang di libatkan dalam serangkaian tahapan pemeriksaan kesehatan bagi calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah baik di Pilgub Papua maupun di Pilkada beberapa kabupaten di Papua yang tengah berlangsung di RSUD Dok II sejak Kamis (11/1/2018) kemarin.

Dimana pemeriksaan kesehatan tersebut sebagaimana amanat UU yang teknisnya diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 231 Tahun 2017 yang bertujuan memastikan bahwasanya bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan berlaga pada Pilkada tahun ini benar – benar berada dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani, dan tidak mengidap suatu penyakit atau bukan orang penyakitan, sehingga bila terpilih nantinya benar – benar mampu menjalankan tugas sebagai pemimpin dan tidak di sibukkan dengan urusan berobat dan menghabiskan uang rakyat untuk membiayai pengobatan mereka saja.

Baca Juga:  Safari Ramadhan, Wabup Keerom Himbau Umat Muslim Bijak Pake’ Sosial Media

“nanti yang kita terima dari Rumah Sakit (RS) adalah rekomendasi bahwa para calon ini sehat menurut standar kesehatan yang berlaku, dan nantinya mampu menjalankan tugas – tugas sebagai pemimpin daerah, dimana hasil pemeriksaan tim dokter nantinya akan kita umumkan ke public, agar diketahui oleh publik”, kata Adam Arisoy, Ketua KPU Provinsi Papua, Kamis (11/1/2018) di sela – sela memantau proses permiksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal.

Menurutnya hasil pemeriksaan Tim Dokter RSUD Dok II baru akan di umumkan seminggu ke depan, yakni tanggal 16 Januari 2018

“Jadi KPU hanya menerima rekomendasi saja, dimana isi rekoemndasi tersebut menyatakan bahwa calon tersebut memenuhi atau tidak memenuhi syarat sebagai calon untuk Pilkada 2018 dalam hal kesehatannya”, kata Ketua KPU Papua lagi.

Baca Juga:  Pemprov Papua Ngaku Sudah 17 Miliar Dikucurkan Untuk Bayar Hak Ulayat Lokasi Jembatan Holtekamp

Sesuai jadwal yang di rencanakan sejak kemarin, Kamis (11/1/2018) bakal pasangan calon LUKMEN yang lebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan, dan rencananya hari ini, Jumat (12/1/2018) giliran bakal pasangan calon John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOHSUA) yang akan menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Calon Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Provinsi Papua Tahun 2018, dr. Samuel Maripadang Basso mengatakan, tahapan pemeriksaan kesehatan para calon Gubernur maupun Bupati yang ikut dalam Pilkada Serentak 2018 merupakan tahapan wajib sebagaimana peraturan KPU Nomor 231 tahun 2017.

Dimana pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, meliputi pemeriksaan kesehatan, psikologi, dan tes narkoba di BNN, yang bertujuan memastikan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang bersangkutan sehat secara jasmani dan rohani.

Baca Juga:  Pro Kontra Sayembara Ala Walikota Jayapura Tangkap Jambret

“sedikitnya ada 14 item yang di periksa oleh Tim Dokter, dan untuk prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama, paling cepat 4 jam, jadi banyak sekali parameternya, dan ini memang harus dilakukan karena aturannya begitu, wajib”, kata dr. Samuel, Kamis (11/1/2018) di RSUD Dok II Jayapura.

Menurutnya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dimulai dengan wawancara, pemeriksaan darah, termasuk tes HIV, Hepatitis, THT, gigi mulut, jantung, penyakit dalam, paru, bedah ortopedim bedah dan lainnya.

“tim dokter yang dilibatkan ada sekitar 50 tim dokter ahli senior, untuk satu bagian pemeriksaan, misalnya bagian jantung ada 4 dokter, penyakit dalam juga 5 dokter, bedah juga demikian, dan hampir semua dokter ahli ikut dan memang sudah standarrnya harus dokter ahli senior”, kata dr. Samuel. (***)

Reporter         : Titie
Editor              : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Tags:

POST YOUR COMMENTS

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-99127098-1');
close