Tirta Vhijaya, Wahana Berenang Tanpa Takut ‘Kantong Bolong’

Airnya sejuk, karena dari mata air pegunungan alami, pas masuknya juga murah, dengan tiga pilihan tempat berenang, orang dewasa, remaja, dan anak – anak. Bahkan sekarang ada flying foxnya juga loh !.Kolam Renang Tirta Vhijaya Ajend, bisa jadi pilihan untuk weekend bersama keluarga tanpa harus merogoh kocek dalam – dalam, apalagi sampai bikin uang anda terkuras banyak (kantong bolong-Red).

Oleh : Walhamri Wahid

Ingin bahagiakan anak – anak dan keluarga menikmati sensasinya berenang dan mandi – mandi, tapi hanya dengan modal Rp. 10.000 ? emang bisa ??

“disini murah meriah mas, kalau ke kolam renang di hotel bintang, masuknya aja udah 100.000-an, belum makan minumnya, sewa pakaian renang, mau ke pantai, biaya parker paling rendah Rp. 20.000, sewa pondok Rp. 200.000 – 300.000, bahkan ada beberapa tempat yang kita ingin berfoto aja harus bayar loh, kalau disini murah tapi cukup aman, dan nyaman”, kata seorang ibu kepada lingkarpapua.com sambil mengawasi dua orang anaknya yang asyik berendam di kolam mini, Minggu (2/4/2017).

Belum terlalu banyak warga Kota Jayapura dan sekitarnya yang mengetahui keberadaan fasilitas wahana berenang milik Kodam XVII Cenderawasih ini, meski usianya sudah puluhan tahun, karena pada dasarnya kolam renang yang akrab di sebut dengan Kolam Renang Ajend ini dahulunya menjadi tempat latihan prajurit ataupun tempat  uji tes berenang prajurit baru.

Baca Juga:  Pansus Ditolak, KPU 'On The Track'

Dikatakan murah meriah, karena untuk tiket masuk per orang dewasa dan anak – anak di banderol hanya Rp. 10.000, sewa pakaian renang untuk laki – laki dewasa Rp. 15.000, sedangkan tempat tidak perlu bayar, karena di sisi kolam telah disediakan pondokan dengan tempat duduk, biaya parker juga hanya Rp. 5.000 per mobil.

Sedangkan makanan tersedia berbagai macam menu makanan ringan di sajikan di beberapa kafe mini di sisi lain kolam renang dengan harga murah meriah, tetapi bila kita dating rombongan dengan keluarga dan kerabat, bebas juga membawa makanan dari luar.

Menariknya lagi, saat ini juga telah tersedia wahana Flying Fox, dengan biaya Rp. 15.000 / per orang bagi yang ingin merasakan bagaimana sensasinya bergelatungan diatas seutas tali melintas di atas kolam renang dari ketinggian bukit di bagian luar kolam renang.

Baca Juga:  MISTERI UKIRAN ASMAT

“kalau saya senang bawa anak – anak tiap hari minggu ke sini, selain dekat dengan rumah, juga aman, karena ada petugas yang standby di tepi kolam, kalau – kalau ada pengunjung yang tenggelam, juga ada pilihan kolam sesuai dengan usia anak”, kata seorang ibu lainnya yang ngaku tinggal di Koofkamp, Jayapura.

Di kolam renang Tirta Wijaya Ajend Jayapura terdapat empat petak kolam renang air tawar yang terdiri dari ukuran 33 meter x 18 meter untuk orang dewasa dengan kedalaman mencapai 1 – 3 meter, ada juga kolam berukuran 8 meter x 4 meter dengan kedalaman setengah meter, dan terakhir dua buah kolam berukuran mini bagi balita di tepian kolam.

Setiap hari libur, minimal 500 – 1.000 pengunjung keluar masuk ke kolam renang ini sejak pagi hingga sore hari, sejumlah fasilitas penunjang juga tersedia, baik WC, ruang ganti dan bilas, bahkan tempat untuk shalat juga tersedia sebuah masjid tidak jauh dari lokasi kolam renang.

“hanya ruang gantinya terlalu terbuka, nggak ada pintunya, dan tidak ada airnya mas, makanya bau pesing sekali, juga di WC bagian atas itu tidak ada kunci pintu dan air mati, juga di ruang ganti tidak ada kapstok untuk gantung pakaian, jadi kita repot kalau mau ganti pakaian, tidak nyaman, karena terbuka sekali, orang juga bisa ngintip dari sisi kolam yang dibatasi sekat”, kata seorang pengunjung remaja lainnya saat lingkarpapua.com menengok ke dalam ruang ganti.

Baca Juga:  Kalau Jadi, Patung Tuhan Yesus di Pulau Kayu Batu Yang Tertinggi di Dunia

Sehingga pengunjung terpaksa mengantri di WC di bagian bawah, yang cukup nyaman untuk berganti dan bilas badan usai berenang.

Hal lainnya yang dikeluhkan pengunjung adalah lantai atau area seputar kantin – kantin yang licin sekali, sehingga harus hati – hati bila tidak ingin terpleset.

“yah, lebih hati – hati aja sih, karena memang licin lantainya, tapi secara umum tempat ini sudah memadai dan menjadi idola warga kota sih, murah meriah deh, tapi aman dan cukup nyaman”, katanya lagi.

Tunggu apa lagi ???? kalau mau berakhir pecan bersama keluarga, wahana kolam renang Tirta Whijaya Ajend Jayapura ini bisa jadi pilihan kamu loh, lokasinya juga tidak sulit, dari RS Aryoko, lurus aja sampai mentok, tidak bakalan nyasar deh ! (***)

Berikan Komentar Anda