Kenali Tubuhmu, Pilih Busanamu

Tampil sempurna tidak harus mengenakan busana mahal, ngetrend dan up to date. Karena tidak semua busana cocok untuk di pakai pada masing – masing bentuk tubuh. Kenali tubuh Anda, dan pilihlah busana yang sesuai dengan bentuk tubuh, warna, usia, dan style Anda. Nyaman dan buat Anda menjadi lebih percaya diri itu tujuan akhir berbusana.

Oleh : Walhamri Wahid

Pernahkah Anda tergoda dengan sebuah busana yang terpajang pada sebuah mannequin di etalase toko, dan kemudian Anda memutuskan untuk membelinya ? Namun Anda harus kecewa setelah mengenakannya terasa tidak nyaman atau tidak percaya diri, dan akhirnya baju itu hanya menjadi penghuni lemari saja ?

Itu terjadi karena apa yang pantas di mata kita belum tentu pantas dan cantik di tubuh kita. Mode yang lagi trend belum tentu sesuai dengan bentuk tubuh, warna kulit, atau potongan rambut kita, bila kita memaksakan diri untuk mengenakan busana sekedar mengikuti trend atau mau “pamer” merk terkenal dengan harga mahal, maka bersiap – siaplah menjadi tontonan orang, dan lirikan yang di sertai senyum simpul melihat dandanan Anda. Kecuali memang Anda senang menarik perhatian dengan berpenampilan “nyeleneh” di mata orang.

Penampilan merupakan salah satu faktor penting untuk menambah kepercayaan diri seseorang. Perlu diketahui, tampil sempurna bukan berarti harus mengikuti trend yang sedang popular. Sebelum memilih pakaian yang akan anda kenakan, maka anda harus memperhatikan bentuk tubuh, warna yang cocok, usia, dan style Anda.

Hasil penelusuran Majalah MOP di banyak laman disebutkan pada dasarnya tubuh manusia khususnya perempuan dibagi menjadi enam bagian, yakni :

1. Bentuk Tubuh Pir

Bentuk tubuh ini memiliki ciri bagian pinggul, paha, dan bokong lebih besar dari bagian tubuh lainnya. Bentuk tubuh ini dimiliki oleh artis Hollywood seperti Beyonce, Jennifer Love Hewitt, Shakira, dan J Lo.

Baca Juga:  Papua Butuh Panti Rehabilitasi Narkoba Segera !

Untuk mendapatkan hasil padu padan yang baik, bagian bawah yang lebih besar harus diseimbangkan dengan menggunakan busana atau pakaian atasan yang cukup "ramai" dan berwarna lebih cerah agar seimbang. Tujuannya mengalihkan perhatian pada bagian atas tubuh yang ramping dan bukan di bagian bawah.

Gunakan baju atasan dengan kerah yang besar, lengan yang besar dan bermodel, atau tambahan renda / draperi, atau atasan dengan detil di bagian bahu / di lengan, atau motif garis horisontal juga bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh.

Rok dengan model basic cut dan celana panjang yang slim dan bebas dari aneka detil adalah pilihan yang pas.

Agar bokong tak terlihat terlalu besar hindari celana dengan model tube, pensil, rok model fishtail, celana atau rok yang terlalu ketat karena bisa mempertegas bentuk bokong yang besar.

2. Segitiga Terbalik.

Tubuh ini bentuknya mirip segitiga terbalik. Ciri-cirinya, bahu lebih lebar dibandingkan pinggang, sehingga bahu terlihat lebih kuat dan besar mirip atlet dan nyaris tak memiliki lekuk tubuh.

Untuk menyamarkan bentuk bahu yang lebih lebar ini gunakan baju atasan dengan model clean cut tanpa detil terutama dibagian bahu. Gunakan atasan dengan warna yang lembut untuk menghilangkan perhatian dari garis bahu ini.

Seimbangkan bentuk tubuh ini dengan cara bermain di bagian bawahan. Gunakan aneka model bawahan rok A-line atau celana yang bervolume dengan tambahan draperi atau lipatan yang bisa membuat pinggang terlihat lebih besar. Untuk celana panjang sebaiknya gunakan celana dengan model regular cut, atau semi boot cut yang agak besar dibagian bawahnya.

Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat, dan juga celana pensil dengan ujung yang mengecil.

3. Persegi Panjang.

Karakteristik bentuk tubuh ini adalah : bagian payudara dan pinggul memiliki ukuran yang sama, tidak memiliki garis pinggang yang jelas, tidak memiliki lekuk tubuh. Artis yang memiliki bentuk tubuh ini antara lain Cameron Diaz, Nichole Kidman, Hillary Duff, dan Melanie C.

Baca Juga:  Orasi Budaya ‘SANG PROF…...OKATOR’, Thaha Alhamid

Busana terbaik yang bisa dikenakan adalah sebuah coat panjang dengan detail berstruktur geometris yang dipadu dengan ikat pinggang membuat Anda terlihat lebih berlekuk dan seksi. Jika memiliki ukuran payudara yang kecil, maka bisa diakali dengan menggunakan atasan berleher tinggi.

Kuncinya adalah untuk menggunakan busana yang bisa membingkai tubuh dengan busana yang berstruktur tegas. Pilih busana yang simpel dan tak terlalu ramai.

Hindari terlalu banyak menggunakan busana dengan detail ramai ataupun aksesoris yang terlalu banyak dalam satu paduan busana.

4. Jam Pasir.

Ciri khas dari bentuk tubuh ini ukuran pundak dan garis pinggang sama, bentuk payudara yang penuh, garis pinggang atau lekuk tubuh yang tajam, bokong, paha dan pinggul yang penuh. Artis yang memiliki bentuk tubuh ini antara lain Marylin Monroe, Jennifer Aniston, dan Kate Winslet.

Busana terbaik adalah menggunakan baju atasan dengan leher yang terbuka dan datar karena bisa membantu menonjolkan bahu yang indah. Celana boot cut, flare, dan celana berpipa lebar bisa membantu mengurangi sedikit volume bagian bawah yang besar. Gunakan celana pensil ataupun rok A-line bisa membuat tampilan lebih feminin dan menonjolkan bagian kaki yang indah. Ikat pinggang juga bisa digunakan untuk membantu menonjolkan lekuk tubuh.

Hindari busana yang lurus (straight) karena bisa menutupi lekuk tubuh. Hindari juga model jaket yang terlalu besar karena bisa membuat bagian dada lebih besar.

5. Apel.

Bentuk tubuh ini membesar dibagian pinggang. Busana terbaik adalah busana dengan model empire dress (baju dengan tali di bahu) dan atasan panjang bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh. Gunakan busana yang bisa membantu membentuk lekuk tubuh Anda. Atau gunakan tambahan belt untuk membentuknya. Jika tergolong kurus maka sebaiknya gunakan busana yang simpel dibagian atas dengan garis leher yang rendah dan menonjolkan leher.

Baca Juga:  Anies Baswedan, Bukan Jokowi di Pilpres 2019 ?

Namun kunci untuk membentuk porsi tubuh yang ideal adalah dengan membentuk lekuk pinggang. Untuk si kurus sebaiknya gunakan busana terusan minimalis, agar terlihat langsing dan juga membentuk kurva tubuh.

Busana terbaik untuk model tubuh ini adalah dengan menggunakan jaker, blazer, atau coat yang berstruktur dengan leher V-neck. Sedangkan rok yang paling baik digunakan adalah rok yang tidak terlalu panjang, dan menonjolkan sedikit bagian betis yang ramping.

Hindari menggunakan detil yang terlalu banyak di bagian pinggang, seperti adanya manik-manik, payet ataupun ikat pinggang yang tipis karena ukurannya bisa membuat perbandingan yang jelas dengan pinggang yang lebar sehingga pinggang jadi lebih lebar. Gunakan ikat pinggang yang berukuran cukup besar, atau sedang.

6. Tubuh Besar.

Bentuk tubuh ini bisa dikategorikan sebagai bentuk tubuh yang besar terutama di bagian perut dan tanpa lekuk tubuh yang jelas. Sehingga sebaiknya fokuskan perhatian untuk memilih busana yang bisa membuat Anda terlihat tinggi, dan langsing.

Busana terbaik yang bias digunakan aneka busana yang berlekuk di bagian pinggangnya, dan tidak terlalu longgar ataupun ketat. Untuk menghasilkan ilusi tubuh lebih tinggi sebaiknya gunakan busana dengan motif garis vertikal. Gunakan rok dengan model regular cut, dan celana low rise tanpa detil.

Hindari untuk terlalu banyak menggunakan detil pada busana, karena akan membuat tubuh terlihat lebih besar. Selain itu, hindari juga penggunaan busana atau bawahan yang terlalu panjang karna bisa membuat garis pinggang ini hilang dan tubuh terlihat lebih pendek. (diolah dari berbagai sumber)

Berikan Komentar Anda