Pisang dan Susu Hangat Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh !

Sering susah tidur ? Kenali penyebabnya dan temukan solusinya !

Oleh : Walhamri Wahid

Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya susah tidur, ada yang menjadi seperti penyakit karena bisa dikatakan setiap hari susah tidur, saking biasanya sehingga hal tersebut di anggap lumrah, tetapi ada juga yang hanya sesekali saja mengalami insomnia atau susah tidur.

Padahal dengan tidur dan istirahat yang cukup, maka tubuh kita mampu melakukan regenerasi sel – sel tubuh secara alami sehingga mengembalikan tenaga untuk aktifitas keesokan harinya. Bila kita beranggapan bahwa insomnia adalah sesuatu yang biasa sehingga tak perlu dirisaukan, hal tersebut keliru, bila di biarkan berlarut – larut akan menimbulkan masalah dalam metabolism tubuh dan bisa menimbulkan penyakit lainnya loh.

Dari beberapa literasi kedokteran disebutkan bahwa ada beberapa factor penyebab seseorang susah tidur mulai dari stress, tekanan pikiran, pengaruh lingkungan yang buruk maupun factor cuaca juga mempengaruhi, termasuk juga insomnia karena penyakit, dan tentu solusinya pasti akan berbeda – beda pada tiap orang tergantung penyebabnya.

Bagi seseorang yang sudah tidur karena mengalami kondisi medis tertentu baik ringan maupun berat tentunya membutuhkan penanganan khusus termasuk melalui penggunaan obat – obatan, seperti susah tidur dikarenakan alergi hidung atau sinusitis, masalah pencernaan, radang sendi, asma, sakit kronis, termasuk juga karena nyeri sendi, bahkan seseorang yang sedang menjalani pengobatan karena penggunaan obat – obat tertentu bisa alami yang namanya insomnia.

Penyebab lainnya yang biasanya paling banyak di alami oleh kita insomnia karena stress dan depresi, dimana situasi tersebut terjadi karena kondisi kejiwaan seseorang atau pengaruh psikologis, seperti disebutkan dalam beberapa literasi kesehatan, kondisi insomnia yang dialami seseorang yang sedang dalam depresi atau stress menjadi riskan dan semakin memperburuk kejiwaan bila orang tersebut juga alami insomnia.

Masih ada hubungannya dengan kondisi psikologis seseorang, namun dalam stadium yang lebih ringan, seseorang yang di liputi oleh perasaan cemas, khawatir, atau gugup juga dapat membuat seseorang insomnia, semisal seorang pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk sebuah ujian atau tes, karena tegang dan khawatir tidak lulus sehingga tak bisa tidur di malam harinya, atau seseorang yang sedang di hadapkan pada tumpukan masalah, entah hutang piutang, atau ada masalah dalam kehidupan pribadi seperti putus cinta atau kedukaan karena baru ditinggal pasangan hidup, dipastikan akan mengalami yang namanya susah tidur, dan kalau berkepanjangan dapat naik kelas menjadi depresi dan stress.

Baca Juga:  Dari Rumah ke Rumah, ‘Pak Mantri’ Temukan Pasien Malaria, Infeksi dan Hipertensi di Kampung Pitewi

Pola dan gaya hidup yang tidak teratur juga dapat menyebabkan seseorang insomnia, misalnya anak muda yang sering nongkrong dengan teman – teman sampai lewat dari jam 12.00 WIT dan hal itu berlaku dalam rentang waktu yang cukup lama, atau seseorang yang sering menghabiskan waktunya ke tempat hiburan malam, sehingga akan terjadi pola hidup yang tidak teratur, malam jadi siang, dan siang jadi malam.

Termasuk juga seorang yang bekerja terlalu berlebihan atau gila kerja (workaholic), dipastikan hari – hari malam mereka makin panjang dan kuat tahan mata hingga menjelang dini hari.

Dengan mengenali penyebab insomnia Anda, maka kita juga akan lebih mudah mengatasinya, namun secara medis faktor kenyamanan lingkungan, kejiwaan bahkan makanan juga bisa berpengaruh terhadap panjang pendeknya jam tidur kita.

Dari beberapa literasi medis banyak disebutkan salah satu factor penentu seberapa nyenyaknya kita tidur adalah kondisi tempat tidur yang nyaman, kita tidak bisa berharap akan bangun dengan tubuh yang bugar bila kita hanya tidur dalam mobil dengan kursi yang direbahkan, atau kita tidur beralas jerami dan tumpukan barang yang berantakan, sehingga sebelum tidur pastikan bahwa tempat tidur kita nyaman dan bersih.

Ada baiknya bila kita tidur di kamar tidur, bukan tidur di ruangan tengah atau ruang tamu misalnya, pastikan sprei, sarung bantal, selimut yang kita gunakan bersih, minimal 3 – 4 hari sekali, jangan sampai berbulan – bulan baru diganti, untuk ruangan tidur harus tertata rapi, sehingga kita juga nyaman, tidak ada barang yang berserakan, kalau ada parfum ruangan akan lebih baik gunakan aroma therapy, atau sediakan AC dan kipas angina agar ruangan tetap sejuk, apalagi bila kamar tertutup rapat tanpa ventilasi udara yang baik.

Baca Juga:  Antisipasi Konflik Pilkada 2018, Polda Papua Minta Tambah Pasukan dari Polda Papua Barat

Dari beberapa penelitian aromatherapy yang berasal dari minyak lavender memiliki efek menenangkan pada tubuh sehingga membuat tidur kita lebih berkualitas, caranya bisa dengan meneteskan minyak lavender esensial di sapu tangan dan letakkan dekat bantal, atau teteskan ke dalam bak mandi berisi air hangat, rendam dalam air selama 20 menit, lakukan 1 jam sebelum tidur, akan membuat tubuh merasa rileks dan insomnia pun akan hilang.

Kebiasaan lainnya adalah bila kita pulang kerja, karena terlalu capek kita lupa membersihkan tubuh, bahkan terkadang saking lelahnya tanpa melepas pakaian kerja langsung merebahkan badan, dipastikan tidur kita tidak akan nyenyak dan akan bangun di tengah malam, jadi biasakan sebisa mungkin mandi sepulang dari kerja, agar tubuh segar dan rileks menjelang tidur.

Untuk menghadirkan suasana nyaman jelang tidur, bisa juga kita memutar music yang lembut penghantar tidur, entah menggunakan tape, atau bisa juga gunakan gadget dan headset, pilihlah music yang lembut, jangan menghentak – hentak, apalagi music disco yang mengajak anda bergoyang. Selain menggunakan music, ada beberapa orang yang juga merasa nyaman dengan sedikit suara gemerisik dan kebisingan yang lembut, seperti bunyi gemericik air, desiran angina bahkan bunyi katak juga bisa menghadirkan suasana rileks dan akhirnya kita lelap tertidur.

Beberapa orang juga kadang harus diperlakukan seperti anak kecil, yang akan merasa nyaman tidur di dalam buaian (ayunan), atau kursi goyang, karena ayunan lembut membuat seseorang merasakan otak yang tenang dan akhirnya terlelap, hanya kalau kita tidak terbiasa, dan tidurnya banyak gerak, tentunya kondisi ini juga tidak nyaman, apalagi kalau kita tidurnya di atas tempat tidur gantung layaknya yang digunakan kaum hippies (petualang).

Pola tidur sebenarnya terbentuk karena kebiasaan dan pola hidup kita sehari – hari, bila sejak dini kita sudah mengatur “jam tubuh” kita, harus ada batasan yang pasti jam berapa kita menonton TV atau bersantai, dan jam berapa kita tidur, ciptakan kebiasaan – kebiasaan kita menjelang tidur seperti menggunakan piyama tidur, sikap gigi, sehingga secara psikologis tubuh kita juga mempersiapkan diri untuk menuju fase istirahat.

Baca Juga:  THEYS ELUAY, KINI TAK KESEPIAN LAGI !

Bagi yang suka mendengkur (ngorok), tips ini mungkin bisa jadi solusi untuk hilangkan dengkuran Anda bahkan juga bisa membantu anda tertidur, dari beberapa literature medis disebutkan dengan membiasakan meniup balon  kita melatih dan menguatkan otot tenggorokan, sehingga dengkuran hilang, tidur pun nyenyak, caranya hirup udara dengan hidung, dan hembuskan lewat mulut ke dalam balon yang kita tiup.

Selain beberapa tips diatas, factor makanan yang kita konsumsi sebelum tidur juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kita, seperti di lansir sehatsatu.com, bahwa kebiasaan minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membantu kita cepat tidur, karena susu memiliki efek relaksasi pada tubuh dan pikiran, karena kandungan kalsium membantu mengatur produksi melatonin, hormon yang mengontrol tidur dalam tubuh, selain itu juga kalsium susu bisa mengurangi stress, paling tidak biasakanlah minum susu 1 jam sebelum tidur.

Mengkonsumsi madu juga bisa menjadi obat untuk insomnia, caranya cukup tambahkan 1 sendok makan madu mentah dengan segelas air hangat lalu minum setiap hari sebelum tidur, karena madu memiliki sifat anti inflamasi membantu mengurangi pembengkakan di sekitar daerah tenggorokan untuk mencegah mendengkur, sebagai salah satu gejala umum dari gangguan tidur.

Selain itu dengan menambahakn 1 sendok teh bubuk kunyit dan sedikit madu ke dalam 1 gelas susu lalu didihkan dan biarkan beberapa saat sebelum di minum 30 menit sebelum tidur juga diyakini akan membantu mengatasi gejala insomnia, karena susu mengandung asam animo triptofan yang mempercepat tidur, sedangakn kunyit mengandung anti inflamasi juga.

Solusi lainnya untuk mengatasi insomnia adalah dengan membiasakan diri makan buah pisang satu jam sebelum tidur setiap malamnya, karena buah pisang diyakini mengandung asam amino yang disebut triptofan yang membantu meningkatkan kadar serotonin, hormone yang membantu mengatur pola tidur, juga pisang mengandung relaksan otot alami, magnesium dan potassium yang dapat membantu mempermudah tubuh kita tidur. (disarikan dari berbagai sumber)

Berikan Komentar Anda