Lima Hari Lagi Kopdar Mimika, PSI Di Daerah Sudah Boleh ‘Main Terbuka’ di Pilkada 2018

Karmin Lasuliha, Ketua DPW PSI Provinsi Papua

Jayapura (LP)—Bila pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 kemarin, Dewan Pimpinan Pusat Partai Soliddaritas Indonesia (DPP – PSI) belum membolehkan DPW dan DPD di provinsi dan kabupaten untuk mendukung pasangan calon dalam Pilkada secara terbuka, di Pilkada 2018 mendatang (main terbuka-Red).

Bahkan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019, DPW dan DPD PSI se- Indonesia sudah mulai di perkenankan melirik dan membangun komunikasi dengan figure – figure yang di nilai memiliki kesamaan visi dan misi dan serta sejalan dengan perjuangan PSI untuk di rekrut menjadi bakal calon legislative yang akan di usung PSI.

“di Pilkada 2017 kemarin memang kita masih dalam tahap mempersiapkan verifikasi factual KPU, tapi setelah Kopdarnas kemarin di Jakarta, dan hasil evaluasi internal, PSI di seluruh Indonesia sudah siap memenuhi syarat verifikasi factual, makanya barulah kami diperkenankan untuk melakukan konsolidasi dan persiapan menuju Pilkada 2018 dan Pileg 2019”, kata Karmin Lasuliha, Ketua DPW PSI Provinsi Papua, Minggu (30/4/2017) di Jayapura.

Baca Juga:  Bubarkan Sekelompok Massa Yang Palang Jalan di Sentani, Ini Kerugian Yang Dialami Polres Jayapura

Dan salah satu step untuk menyongsong dua evemt besar itu, direncanakan Jumat, 5 Mei 2017 mendatang, akan digelar Kopi Darat (Kopdar) Mimika, semacam Musyawarah Daerah (Musda), dengan agenda konsolidasi dan pelantikan pengurus DPD PSI Mimika.

"Kopdar besok adalah untuk lebih mematangkan kesiapan partai dalam menghadapi verifikasi KPU mendatang, untuk menjadi peserta dalam Pilkada serentak 2018 dan Pileg 2019, PSI akan ikut terlibat secara langsung dengan turut serta mendukung para calon Kepala Daerah di tahun 2018 mendatang, termasuk di Pilgub Papua juga”, kata Karmin lagi.

Untuk itu PSI Papua, menurut Karmin Lasuliha, melalui DPD – DPD di daerah akan mulai melakukan proses identifikasi bakal calon potensial baik pada pilkada kabupaten / kota maupun bakal calon legislatif untuk 2019 esok.

Baca Juga:  Merasa Hak – Haknya ‘Disunat' Sekretariat DPRP, Anggota Dewan Ini Protes !

“Selanjutnya, dalam waktu dekat menghadapi Pilkada 2018, ada mekanisme partai yang akan memutuskan kemana arah dukungan PSI” jelasnya.

Selain itu juga, sejak saat ini seluruh DPD – DPD di Provinsi Papua sudah di sosialisasikan terkait keputusan DPP PSI yang sudah resmi menyatakan dukungannya kepada Joko Widodo untuk di usung kembali sebagai presiden RI untuk kedua kali.

“untuk Pilpres PSI dukung Presiden Jokowi, untuk di Pilgub Papua saat ini masih dilakukan identifikasi kandidat yang muncul, termasuk juga di beberapa kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada, termasuk juga kita sudah melakukan identiifikasi bakal Caleg dari unsur pengurus PSI di tiap DPD di seluruh Provinsi Papua”, jelas mantan aktifis mahasiswa itu. (amr/r1)

Baca Juga:  Polemik Nama Jembatan Terpanjang di Papua, Soekarnopura, Tabi Atau Jokowi ?

Berikan Komentar Anda