Ini Pernyataan Azis Samual Terkait Dukungan Golkar ke Waterpauw di Pilgub 2018

Ketua (Plt) DPD Golkar Provinsi Papua, Azis Samual berbincang dengana Nebon Pahabol, kader Golkar dari DPD Kab. Yahukimo di dampingi Ketua Harian DPD Golkar, Paskalis Kossay, Ali MOchtar Ngabalin dan Abisai Rollo. (Foto : Amri/Lingkar Papua)

Jayapura (LP)— Pasca pergantian Ketua (Plt) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Papua dari Yorrys Raweyai ke Azis Samual, nampaknya wacana dukungan Partai Golkar kepada Irjen (Pol) Paulus Waterpauw sebagai calon tunggal untuk di usung dalam Pilgub 2018 belum final.

“kalau Bung Yorrys sebelumnya berwacana begitu, saya pikir semua orang boleh saja berwacana, yang pasti Golkar punya mekanisme untuk proses rekrutmen calon Kepala Daerah, kita akan kembalikan ke mekanisme, jadi tidak bisa hanya satu dua orang saja yang memutuskan Golkar dukung siapa”, kata Azis Samual kepada Lingkar Papua, Sabtu (6/5/2017) di kantor DPD Partai Golkar Jayapura usai acara konsolidasi dengan pengurus DPD Golkar.

Menurutnya mandat yang diberikan kepadanya adalah bagaimana menggelar Musda untuk membentuk kepengurusan definitive, sekaligus juga membantu dan memantau figure – figure dari internal Golkar (kader) yang layak di usung juga sebagai bakal calon Gubernur nantinya.

Baca Juga:  50 Tahun Bercokol, FPM – TF Tuding Freeport “Dalang” Pelanggaran HAM di Papua, Kapolda Nilai Demo FPM – TF Bias

Dalam acara tatap muka dengan Ketua (Plt) DPD Golkar Papua yang baru, beberapa kader juga mempertanyakan keputusan yang disampaikan oleh Ketua (Plt) sebelumnya, Yorrys Raweyai yang telah menyatakan bahwa Golkar tidak akan membuka pendaftaran bagi bakal calon Gubernur, karena dukungan Golkar sudah final akan mendukung Irjen (Pol) Paulus Waterpauw, meski yang bersangkutan selama ini belum pernah memberikan pernyataan resmi apakah akan maju atau tidak dalam bursa Pilgub 2018 mendatang.

“kami kader – kader berharap, Ketua yang baru bisa lebih arif dalam berwacana, karena pasca pernyataan resmi Bung Yorrys beberapa waktu lalu, banyak kader yang kurang setuju, apakah tidak ada kader Golkar yang layak kah, sehingga kita harus ambil ‘orang luar’, atau paling tidak keputusan mendukung itu di ambil melalui mekanisme partai yang terbuka dan transparan”, kata George Kaiba yang disambut tepuk tangan pengurus lainnya.

Baca Juga:  Soal Saham Freeport, Pemerintah dan PT.FI Deal 51%, DPRP Minta Jatah Papua 15%

Menurutnya selama ini banyak orang yang mendekati Golkar hanya dengan tujuan ingin memakai Golkar sebagai kendaraan politik saja, bukan untuk membesarkan dan mengurus Golkar, tetapi bila kader yang di usung, sudah pasti punya loyalitas dan beban moral untuk membesarkan partai.

“kami harap mau 01 kah, mau 02 kah, salah satunya harus kader Golkar tulen, Golkar punya banyak figure yang layak, ada Klemen Tinal, ada Ones Pahabol, ada Paskalis Kossay, dan sejumlah kader lainnya yang selama ini sudah di tendang dari Golkar, tapi tetap cinta Golkar”, kata Kaiba.

Menjawab aspirasi tersebut, Azis Samual menegaskan bahwa misinya adalah bagaimana mempersatukan seluruh kekuatan Golkar di Papua, termasuk kader – kader terbaik yang sudah di pecat akan di rangkul kembali untuk sama – sama membesarkan Partai Golkar.

Dan terkait dukungan Partai Golkar di Pilgub Papua, menurutnya siapa saja punya kesempatan untuk di usung menjadi calon dari Golkar sepanjang punya indicator dan parameter ukur yang jelas dan bisa di pertanggung jawabkan.

Baca Juga:  Sudah Dua Minggu Obat Malaria ‘Menghilang’ dari RSUD Kwaingga Keerom ?

“sudah ada mekanisme di dalam partai ini, jadi kita harus tinggalkan pola – pola yang bertentangan dengan aturan organisasi, ada tahapan, kita saat ini identifikasi dulu, kalau ada kader yang bisa dan layak kenapa kita tidak usung kader, setelah identifikasi, nanti ada survey, dan kita akan musyawarahkan, tidak satu dua orang saja yang putuskan, partai ini harus kita kembalikan ke pakemnya”, kata Ali Mochtar Ngabalin menambahkan.

Pertamuan Ketua (Plt) DPD Golkar Provinsi Papua yang baru hari ini, Sabtu (6/5/2017) di ruang rapat Lt II DPD Partai Golkar Papua berlangsung lancar dan dalam suasana ramah, dimana Azis Samual di damping 3 pengurus DPP diantaranya Ali Mochtar Ngabalin, dan dua orang pengurus DPP lainnya. (amr/R1)

Berikan Komentar Anda