Ini Agenda Presiden Jokowi Dua Hari di Papua

Staff Khusus Presiden, Lenis Kogoya

Jayapura (LP)—Besok sekitar pukul 10.00 WIT, Presiden Jokowi di rencanakan akan mendarat di Bandara Sentani Kabupaten Jayapura, beberapa kegiatan rencananya akan di lakoni oleh Presiden mengawali kunjungan pertamanya ke Papua pada tahun 2017 ini.

“tiba di bandara, rencananya langsung ke Skouw di perbatasan, sejumlah kegiatan sudah menanti Presiden disana, mulai dari peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan simbolis Program Keluarga Harapan (PKH), dari Skouw rencananya langsung ke Holtekamp untuk peresmian PLTU dan dan peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) / Mobile Power Plan (MPP)”, kata Staff Khusus Presiden, Lenis Kogoya saat ditemui Lingkar Papua di salah satu hotel di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (9/5/2017) malam.

Usai dari Distrik Muaratami, Presiden Jokowi di pastikan akan menginap di Kota Jayapura, untuk beristirahat dan direncanakan akan melakukan peresmian pasar Mama – Mama Papua di Jalan Percetakan.

Baca Juga:  Selama Ini Lowong, 547 Posisi di Pemprov Papua Dilantik Penjabat Gubernur Kemarin

Namun sebelumnya di sore hari, di jadwalkan akan ada prosesi acara penyerahan sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat di GOR Cenderawasih Kota Jayapura.

“seharian ini saya sudah meninjau langsung beberapa lokasi yang rencananya akan di kunjungi Presiden, mulai dari Skouw, Holtekamp, termasuk di Distrik Muaratami, untuk peresmian Pasar Mama – mama Papua rencananya Rabu (10/5/2017) pagi, kalau tidak ada halangan dari tempat nginapnya di hotel, Presiden akan berjalan kaki saja ke lokasi pasar”, kata Lenis Kogoya lagi

Menurutnya untuk pelaksanaan acara tidak ada kendala, dimana hasil pemantauannya semua sudah di persiapkan, termasuk juga masalah keamanan, Staff Khusus Presiden tersebut memastikan aparat keamanan sudah bekerja maksimal untuk mengamankan agenda Presiden besok.

Baca Juga:  Per April di Riau Sudah 1.647 Hektar Hutan Terbakar, Berpotensi Ganggu Asian Games Palembang !

“saya lihat semua sudah siap, karena bukan baru kali ini Presiden ke Jayapura, jadi terima kasih dukungan dari Pemprov dan pihak keamanan, jadi semua dipastikan aman terkendali”, kata Lenis Kogoya.

Usai kegiatan di Pasar Mama – Mama Papua, Rabu (11/5/2017) Presiden Jokowi di rencanakan akan langsung terbang ke Wamena untuk melakukan peninjauan pembangunan jalan Trans Papua ruas jalan Wamena – Mumugu (Nduga), serta melakukan kegiatan serupa dengan di Skouw yakni penyerahan KIS, KIP, dan juga Program Keluarga Harapan (PKH), termasuk juga simbolis kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

“ruas jalan yang akan di tinjau Presiden besok adalah ruas jalan vital untuk memperpendek rentang kendali barang masuk ke daerah pegunungan, karena nantinya dari Asmat barang masuk lewat laut, bongkar di Mumugu (Nduga), dan dari sana baru di distribusikan lewat darat ke Wamena dan daerah sekitarnya”, jelas Lenis Kogoya lagi.

Baca Juga:  Dilaporkan Tim Hukum LUKMEN ke Bawaslu, Ini Tanggapan KPU Papua

Dan rencananya, dari Wamena, Presiden akan langsung terbang ke Mimika, Kabupaten Timika, dan melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta dengan pesawat kepresidenan dari Bandara Mozes Kilangin.

“semua lokasi yang mau di kunjungi sudah siap, dan tidak ada kendala, hanya di Pasar Mama – Mama Papua, tadi saya sempat berdiskusi dengan mama – mama dorang, termasuk juga dengan masyarakat adat soal tuntutan ganti rugi ulayat itu, tapi tidak ada kendala berarti, semua bisa di komunikasikan, pasti setelah acara peresmian, tuntutan masyarakat adat pemilik ulayat akan kita komunikasikan dan koordinasikan dengan cara kekeluargaan”, katanya menjamin, bahwa tidak akan ada aksi macam – macam dari masyarakat adat terkait lokasi ulayat itu yang bisa menghambat acara peresmian besok. (amr/R1)

Berikan Komentar Anda