Polres Merauke Ajari Anggota PMKRI Bijak Bersosmed

Kapolres Merauke, AKBP Taufik Irpan Awaluddin (Foto : dok. metromerauke)

Merauke (LP)— Sebanyak kurang lebih 30 anggota Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Kabupaten Merauke mendapatkan sosialisasi terkait UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Kamis (25/5/2017) di Sekretariat PMKRI Kabupaten Merauke di Jalam Kimaam.

“materi yang kita berikan seputar apa sanksi dan unsur – unsur yang bisa menjerat pengguna social media sesuai dengan UU ITE sebagaimana diatur dalam UU Nomor 19 Tahun 2016, kita berharap agar anak – anak muda, khususnya anggota PMKRI bisa jadi agen perubahan dan mengingatkan teman, sodara atau kerabat mereka lainnya, jangan sampai teknologi yang sebenarnya bisa berguna untuk hal – hal positif malah mengantarkan mereka ke balik jeruji”, kata Kapolres Merauke, AKBP Taufik Irpan Awaluddin melalui AKP Muchsit Sefian, SIK, Kasat Reskrim Polres Merauke dalam releasenya yang diterima Lingkar Papua, Jumat (26/5/2017) kemarin.

Baca Juga:  Visi 2030 Arab Saudi, Bioskop Dibolehkan, Ini 10 Perempuan Pertama Yang Dapat Izin Mengemudi

Selain dari kepolisian, mereka juga menggandeng akademisi untuk memberikan materi kepada para peserta, Emelda Agnes S.Pd, MT.Kom yang mengulas soal teknis dan seluk beluk dunia maya dan social media.

“banyak yang belum tahu soal UU ITE ini, mereka berpikir social media atau dunia maya itu tidak diatur jadi mereka bebas semaunya menggunakan akun – akun mereka untuk saling mencaci, menyebarluaskan kebencian dan permusuhan, padahal semua itu ada sanksinya, sekalipun para pemilik akun ada di luar negeri, tetapi mater yang mereka sebarkan itu sampai di dalam negeri dan merugikan orang dalam negeri tetap bisa di tuntut, sepanjang ada yang melapor dan merasa dirugikan, dengan maksimal penjara 4 tahun”, tambah AKP Muchsit Sefian, SIK.

Baca Juga:  “TANAH ULAYAT KAMI HANYA DI HARGAI SERIBU RUPIAH PER HEKTAR”

Diskusi Panel bertajuk “Pemuda Merauke Pandai Bermedia Sosial” itu sendiri di gelar dalam rangka Dies Natalis PMKRI Ke- 70. (amr/R1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*