Cegah Joki Beraksi, Tes Akademik Calon Siswa Bintara SPN Gunakan Absensi Sidik Jari

Ratusan calon siswa bintara Polri yang mengikuti tes akademik di SPN, Sabtu (27/5/2017) kemarin, untuk mencegah jangan sampe ada siswa yag menggunakan joki, SPN menggunakan absensi sidik jari. (Foto : Dok. Humas Polda Papua)

Jayapura (LP)—Untuk mencegah adanya calon siswa yang menggunakan joki dalam tes akademik yang melibatkan 699 calon siswa Bintara Polri Panda Papua di Sekolah Polisi Negara (SPN) Jayapura, panitia tes akademik harus menggunakan absensi dengan system sidik jari (finger print).

“sebenarnya ada 700 calon siswa yang lolos ikut tes akademik, tapi 1 orang tidak hadir tanpa keterangan, jadi hari ini hanya 699 yang ikut, dipastikan joki tidak bisa lolos masuk, karena kita sudah gunakan absensi sidik jari, juga ada pengawasan langsung dari Inspektorat Pengawasan Daerah Bidang Propam Polda Papua (internal) dan dari Komnas HAM (eksternal)”, kata Kombes Pol Ida Bagus KD Putra N, SIK., M.Si, Karo SDM Polda Papua yang memimpin langsung pelaksaaan tes yang berlangsung Sabtu (27/5/2017), sebagaimana release yang diterima Lingkar Papua.

Menurutnya, ke- 700 calon siswa bintara tersebut sudah mengikuti tes jasmani dan lolos, sehingga dilanjutkan dengan tes akademik yang meliputi materi pengetahuan umum, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, masing – masing materi 100 soal.

“untuk tempat kita sediakan 17 ruangan, yang terpusat di SPN, 1 ruang di Aula Elsama Numberi yang menampung 200 peserta, trus ada 15 ruang kelas yang masing – masing bisa tamping 25 peserta dan 1 tempat ruang makan yang mampu menampung 125 peserta”, kata Kombes (Pol) Ida Bagus KD Putra, S, S.Ik, M.Si. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*