PETAKA MENIT KEDUA DI STADION ANDI MATALATTA

Celebrasi PSM Makassar usai menumbangkan Persipura dengan skor 5 – 1 di Stadion Andi Matalatta, Makassar. (Foto rakyatku.bola.com)

Mendapat hadiah kartu merah di menit kedua bagai petaka untuk Persipura, membuat mental, fokus, dan ritme permainan Mutiara Hitam buyar, ditambah hujan gol beruntun membobol gawang Yo Jae Hun, kian ambrol mental juara anak – anak asuhan Liestiadi, ada gol penghibur di jelang peluit babak kedua berakhir, 5 – 1 untuk duel PSM – Persipura di Stadion Andi Matalatta, Makassar

Oleh : Walhamri Wahid

Dipaksa bermain hanya dengan 10 orang sejak dua menit babak pertama, akibat Marinus Wanewar diganjar kartu merah membuat Persipura kehilangan fokus dan konsentrasi, dan harus kebobolan hingga 5 goal saat menghadapi PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (3/6/2017) malam.

Dalam laga tanding PSM Makassar menjamu tim Mutiara Hitam Persipura yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun TV nasional itu, insiden kartu merah tersebut terjadi karena kesal melihat rekan setimnya, Prisca Elisa Womsiwor yang bertabrakan dengan salah satu pemain PSM, Reva Adi Utama.

Emosional Marinus Wanewar tersulut dan akhirnya memberikan ‘hadiah’ tandukan kepada Reva, naasnya, hadiah tandukan dari Wanewar itu dibalas juga dengan hadiah kartu merah dari wasit Abdul Rahman Salasa, sedangkan Reva yang dianggap memprovokasi diganjar kartu kuning.

Baca Juga:  Kalah Ujicoba, Mitra Kukar Puas Dengan Debut Danny Guthrie

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh anak – anak ‘Pasukan Ramang’ julukan PSM Makassar, striker PSM asal Australia, Reinaldo Elias da Costa, membawa PSM unggul 1-0 saat pertandingan baru berjalan enam menit, memanfaatkan umpan langsung dari Titus Bonai, meski sempat jatuh karena dihadang dua pemain Persipura, namun Reinaldo masih sempat menyontek bola hingga bersarang di sebelah kiri gawang Yo Jae Hoon.

Mencoba bangkit pasca kebobolan, Prisca Womsiwor mendapat satu peluang di menit ke-22, memanfaatkan Hamka Hamzah yang terpeleset, namun sayangnya tembakan Prisca meleset, pada menit ke- 24 giliran PSM mendapatkan peluang emas sayangnya tandukan Wiljan Pluim masih membentur mistar pada menit ke-24.

Di menit ke 31, Marc Klok menggandakan keunggulan PSM melalui tendangan melengkungnya yang tidak bisa di bending Yoo Jae Hoon, sehingga merubah skor menjadi 2 – 0 untuk PSM hingga usai babak pertama.

Baca Juga:  Menang Gugatan PTUN Jayapura, Hakim Perintahkan Enam Anggota MRPB Ini Diganti

Memasuki babak kedua, PSM Makassar tetap agresif, ‘Pasukan Rammang’ mendapatkan satu peluang pada menit ke- 51, namun kesigapan Jae Hoon sehingga tendangan Klok dapat dibendung, namun akhirnya pertahanan Jae Hoon jebol juga saat Pluim mendapatkan umpan ciamik dari M. Rahmat pada menit ke- 55 sehingga merubah skor menjadi 3 – 0.

Kian bernafsu, dua menit kemudian giliran Klok menjebol gawang Persipura memanfaatkan umpan dari Pluim, membuat Persipura kian tertinggal 4 – 0. Seakan keranjingan gol, pada menit ke- 64 kembali PSM Makassar menambah pundi golnya menjadi 5 – 0, melalui sepakan Reinaldo yang memanfaatkan operan dari Pluim.

Meski tertinggal 5 goal, namun anak – anak asuhan Lestiadi tetap berusaha memecahkan ‘telur’, hingga akhirnya di menit ke – 70, melalui sepakan Addison Alves yang memanfaatkan umpan dari M. Tahir, Persipura mampu membobol gawang PSM yang dikawal Rivki Makodompit, gol penghibur untuk Persipura hingga peluit akhir babak kedua di tiup wasit.

Baca Juga:  Wagub Klemen Tinal Berduka Ditinggal “Sang Kakak”

Dengan hasil gemilang itu menghantarkan PSM Makassar menempati posisi teratas Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia. Tim Ramang saat ini masih di puncak klasemen dengan 17 poin, sedangkan tim Mutiara Hitam di posisi ketiga dengan 16 poin, dibawah Madura United yang juga memperoleh poin sama. (***)

Susunan Pemain PSM Makassar :

Pelatih: Robert Rene Alberts

Pemain: Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Steven Paulle, Hamka Hamzah, Marc Anthony Klok, Titus Bonai, Asnawi Mangkualam Bahar, Muhammad Arfan, Willem Jan Pluim, Reinaldo Elias.

Cadangan: Deny Marsel; Ardan Aras, Hendra Wijaya, Fathlul Rahman, Abdullah Syafii, Rizky Pellu, M Rahmat, Ferdinand Sinaga, Romario Rumpaisum,

Susunan Pemain Persipura :

Pelatih: Liestiadi

Pemain : Yoo Jae Hoon; Yustinus Pae, Dominggus Fakdawer, Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes, Osvaldo Haay, Imanuel Wanggai, Prisca Womsiwor, Muhammad Tahir, Marinus Mariyanto, Boaz Solossa.

Cadangan: Dede Sulaiman; Rony Beroperay, Andri Ibo, Ferinando Pahabol, Elisa Yahya Basna, Nelson Alom, Yan Pietr Nasadit, Ricardinho, Addison Alves. (***)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*