Hujan Seharian, Banjir Melanda Dua Distrik di Kabupaten Teluk Bintuni

Foto ilustrasi banjir, (Foto : dok. Aktual.com)

LINGKAR PAPUA.COM, MANOKWARI — Hujan deras yang menguyur Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat sejak Minggu (4/6/2017) menyebabkan sejumlah sungai meluap dan merendam perumahan warga di Distrik Bintuni dan Manimeri.

Damdim 1703 Manokwari Letkol Andi Parulian Simanjutak, Senin (5/6/2017) kepada Lingkar Papua.com mengatakan, berdasarkan pemantauun personelnya di lokasi banjir tersebut selain merendam rumah warga banjir juga menutup sejumlah jalan protokol jalan utama Kota Bintuni.

“Ketingian air mencapai antara 50 centimeter hingga 1 meter.Saat ini anggota Koramil wilayah setempat masih terus membantu warga,”kata Damdim.

Menurut Dandim, hujan terjadi sejak Minggu malam sekitar pukul 20.00, dan pada pukul 23.00 WIT hujan semakin deras sehingga membuat beberapa lokasi mulai tergenang banjir.

Baca Juga:  SD Inpres Tagaloa Puncak, Ruang Belajar Murid Digabung, Satu Guru Ngajar Tiga Kelas

“Terutama di daerah Telkom, Kalikodok dan Bina Desa, pada jam 11 Malam air mulai naik dan masuk ke rumah warga,”katanya.

Senin (5/6/2017) sekitar pukul 01.00 WIT menurut Dandim intensitas hujan baru menurun, namun banjir meluap dari beberapa sungai di wilayah Kota Bintuni, sehingga semakin banyak rumah warga dan jalan raya yang tergenang dengan ketinggian mencapai 1 meter.

“Tidak hanya itu, banjir membawa material tanah dan menutupi jalan raya serta rumah warga, di jalan ketinggian tanah mencapai 20 cm,” ujar Dandim menambahkan warga yang tinggal dilokasi banjir akhirnya bergegas mencari lokasi yang aman untuk mengungsi di bantu personel TNI-AD.

“Saya masih terus memantau perkembangan, menjadi ketakutan adalah banjir susulan datang dengan volume air yang lebih besar”, kata Dandim. (esm/r1)

Baca Juga:  Diusung Empat Partai, Bakal Paslon TENANG Mendaftar di KPU Puncak

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*