Malam Idul Fitri, Tidak Ada Takbiran Keliling di Papua, Kecuali di Merauke

Wagub Papua, Kapolda Papua, dan sejumlah pimpinan SKPD dan kantor struktural yang ada di Papua saat melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ramadniya Matoa 2017 di Mapolda Papua, Selasa (13/6/2017). (Foto : dok Humas Polda Papua)

LINGKAR PAPUA.COM, JAYAPURA – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua telah mengeluarkan himbauan kepada warga muslim yang akan merayakan malam Idul Fitri diharapkan tidak melakukan takbiran keliling, kecuali Kabupaten Merauke.

Seperti di sampaikan Jannus Pangaribuan, SH, MM, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Papua dalam release Polda Papua yang diterima Lingkar Papua kemarin, sesuai hasil Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ramadniya Matoa 2017 di Mapolda Papua, Selasa (13/6/2017) kemarin, bahwasanya pengecualian untuk Kabupaten Merauke, karena takbiran keliling di wilayah selatan Papua itu adalah agenda rutin tiap tahun, berbeda dengan kabupaten lainnya di Papua yang sifatnya insidentil saja.

Kapolda Papua, Irjen (Pol) Boy Rafli Amar dalam releasenya menjelaskan bahwa Operasi Ramadniya Matoa 2017 adalah pengamanan yang diberikan oleh jajaran kepolisian di seluruh wilayah Polda Papua selama jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

“jadi bukan hanya pengamanan untuk Idul Fitri saja, termasuk juga mengatur lalu lintas arus mudik, karena di Papua biasanya banyak umat muslim di Papua yang mudik ke daerah di luar Papua, ataupun mudik antar kabupaten, ataupun yang hendak pergi ke tempat wisata setelah Idul Fitri, jadi pengamanan kita sebelum pelaksanaan Idul Fitri sampai selesai acara Idul Fitri, makanya kita telah mendirikan beberapa pos keamanan di titik – titik strategis, supaya masyarakat merasa aman dengan kehadiran polisi di lapangan”, kata Irjen (Pol) Boy Rafli Amar.

Pada kesempatan itu juga, Ketua FKUB, Pdt. Lipiyus Biniluk menuding ada sejumlah oknum yang memback-up peredaran miras di Papua, menurutnya miras sudah banyak membunuh orang Papua dan selama ini pihaknya selaku tokoh agama sudah berulang kali menyuarakan dan melakukan eksekusi tapi semuanya percuma saja.

Acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ramadniya Matoa 2017 di Mapolda Papua kemarin dihadiri oleh Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE, MM, dan sejumlah pimpinan SKPD Provinsi Papua dan beberapa pimpinan lintas sektoral terkait lainnya. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*