Asuransi Bumiputera Siap “Menjamin” Semua Pekerjaan Yang Ditangani Anggota BPC Gapensi Keerom

Ketua dan Sekretaris BPC Gapensi Kabupaten Keerom, Yusak Apnawas, SH dan Asri Yunus, S.IP (tengah) diapit oleh Kepala Cabang PT Asuransi Bumida dan perwakilan lainnya usai penandatanganan MoU Maret lalu. (Foto : Dok, Gapensi Keerom)

 

LINGKAR PAPUA.COM, KEEROM— Untuk memberikan rasa aman dan kepastian terlaksananya pekerjaan yang dikerjakan oleh semua kontraktor yang berada di bawah naungan dan binaan BPC Gapensi Kabupaten Keerom, maka Badan Pengurus Cabang Gabungan Pengusaha Konstruksi (BPC Gapensi) Kabupaten Keerom per 15 Maret 2017 lalu telah menjalin kerja sama dan menanda tangani MoU dengan PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (PT. Asuransi Bumida).

“ini bagian dari pembinaan dan pelayanan kami kepada anggota BPC Gapensi di Kabupaten Keerom, sehingga bila ada yang mendapatkan pekerjaan, khususnya di wilayah Kabupaten Keerom, tidak perlu ribet dan repot – repot lagi, tinggal melengkapi berkas administrasi, maka PT. Asuransi Bumida akan menerbitkan surety bond (jaminan pekerjaan) bagi anggota BPC Gapensi Keerom”, kata Yusak Apnawas, SH, Ketua BPC Gapensi Kabupaten Keerom di damping Asri Yunus, S.Ip selaku Sekretaris BPC Gapensi Kabupaten Keerom, Sabtu (1/6/2017) kemarin di salah satu kafe di seputaran Kotaraja.

Menurutnya dengan adanya surety bond ini selain memberikan kepastian kepada pemberi pekerjaan (pemda-Red) bahwa pekerjaan atau proyek yang dikerjakan oleh anggota BPC Gapensi Keerom akan di jamin oleh PT Asuransi Bumida sehingga bisa meminimalisir kerugian yang di derita oleh negara (pemberi pekerjaan), di sisi lain juga bisa lebih mendongkrak dan kredibilitas dan kapasitas dari kontraktor anggota BPC Gapensi Keerom di maksud.

“penandatanganan MoU antara BPC Gapensi Keerom dengan PT. Asuransi Bumida kami lakukan dua bulan lalu di kantor BPC Gapensi di Keerom, antara saya sendiri selaku Ketua BPC Gapensi dengan Pak Laode Abdul Usman, SE, sebagai Kepala Cabang PT. Asuransi Bumida disaksikan pengurus dan anggota Gapensi lainnya”, kata Yusak Apnawas, SH.

Menurutnya dengan adanya kemudahan bagi seluruh anggota BPC Gapensi Keerom dalam mendapatkan surety bond dari PT. Asuransi Bumida, secara tidak langsung hal ini merupakan pembinaan terhadap pengusaha / kontraktor yang masuk kategori GEL sehingga mereka akan semakin mantap dan mapan sebagai kontraktor.

“Surety bond merupakan salah satu instrumen penting dalam pelaksanaan kontrak pekerjaan yang telah disepakati oleh pemilik proyek dan pelaksana proyek. Surety bond dimaksudkan sebagai upaya pengambil alihan potensi resiko kerugian yang mungkin dapat dialami oleh salah satu pihak atas kepercayaan yang diberikannya pada pihak lain dalam pelaksanaan kontrak yang telah disepakati”, kata Ketua BPC Gapensi Keerom lagi.

Asri Yunus, Sekretaris BPC Gapensi Keerom menambahkan bahwa penerapan penggunaan Surety Bond tersebut diharapkan dapat memberikan kepastian kelancaran pelaksanaan proyek yang dilaksanakan oleh kontraktor anggota Gapensi di Kabupaten Keerom.

“dengan adanya perjanjian MoU kemarin, diharapkan kerjasama seluruh anggota Gapensi Kabupaten Keerom dengan PT Asuransi Bumida dapat menghasilkan kontribusi lebih dalam mendukung program pemerintah dalam membangun infrastruktrur di Kabupaten Keerom serta membangun perekonomian yang lebih baik”, kata Asri Yunus, S.IP.

Menurutnya, demi menunjang kemudahan dalam menerbitkan surety bond di Kabupaten Keerom, Kontraktor yang tergabung dalam Gapensi Kab. Keerom dapat langsung meminta penerbitan Surety Bond pada mitra PT Asuransi Bumida yang berada di Kab. Keerom yang selalu siap sedia memberikan pelayanan maksimal. (alf/R1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*