Diduga Lokasi Jatuhnya Pesawat Pilatus PK – RCX Milik AMA Sudah Ditemukan

Tampak foto pantauan udara titik kordinat yang di duga sebagai lokasi jatuhnya pesawat jenis Pilatus PK-RCX milik maskapai AMA yang di kabarkan hilang kontak sejak tadi siang saat menempuh rute Wamena – Derekma. (Foto : Dok Humas Polda Papua)

 

LINGKAR PAPUA.COM, JAYAPURA—Setelah di kabarkan kehilangan kontak dengan Tower Bandara Wamena sejak pukul 11.08 WIT, pesawat jenis Pilatus PK-RCX yang di piloti Kapten Wauters Mulder (Belanda) dan Co Pilot Ido Naibaho (Indonesia) dimana sesuai manifest penumpang diketahui ada 3 orang penumpang dengan nama Sanabut, Don dan Ondomget dan muatan kargo 508 Kg di kabarkan telah diketahui lokasi jatuhnya, namun terkendala cuaca sehingga Tim SAR belum bisa melihat lebih dekat atau menjangkau dan memastikan bagaimana kondisi pesawat dimaksud.

Baca Juga:  Generasi Muda Terjangkit Narkoba, Kota Jayapura Kok Belum Ada BNN ya ?

“pukul 15.15 WIT Tim Resque Bazarnas Kabupaten Jayawijaya bersama 3 creuw pesawat AMA melakukan pencarian pesawat Pilatus PK-RCX dengan Pilot Erik dan Co Pilot Mark, dan mereka telah kembali pukul 17.05 WIT, laporan sementara telah diketahui perkiraan posisi lokasinya dari udara, dari ketinggian, jadi koordinatnya sudah diketahui, hanya saja karena cuaca tidak mendukung sehingga pencarian tidak bisa di lanjutkan dan kabarnya besok akan dilanjutkan kembali”, kata Kombes (Pol) Akhmad Musthofa Kamal, Kabidhumas Polda Papua melalui releasenya, Rabu (5/7/2017).

Menurut Kabidhumas semenjak hilang kontak antara pesawat AMA jenis Pilatus PK – RCX dengan Tower Bandara Wamena pada pukul 11.08 WIT, sudah ada beberapa tim khususnya dari pihak AMA bekerja sama dengan Bazarnas untuk melakukan pencarian keberadan pesawat dimaksud.

Baca Juga:  “KATANYA HANYA 500 HEKTAR, TERNYATA YANG DI CAPLOK 50.000 HEKTAR”

Selain pesawat yang digunakan tim Bazasrnas dengan pihak AMA yang berhasil menemukan titik koordinat yanag di duga sebagai lokasi jatuhnya pesawat tersebut, menurut Kabidhumas Polda Papua pada pukul 14.00 WIT crew AMA atas nama Yohanes (Pilot) juga telah menggunakan Helly untuk melakukan pencarian namun hingga pukul 15.16 WIT, tidak membuahkan hasil, barulah tim pencari kedua yang disertai dengan tim Bazarnas dan creuw AMA berhasil mendeteksi koordinat lokasi yang di duga sebagai lokasi jatuhnya pesawat itu.

Pesawat AMA jenis Pilatus PK – RCX yang melayani rute Jayapura – Tanime, Tanime – Wamena, Wamena – Darakma, dan Darakma – Nabire.

Dimana pesawat Pilatus PK – RCX tersebut pukul 07.15 WIT take off menuju Tanime dari Jayapura, dan tiba di Tanime pukul 09.01 WIT, dan kemudian bersiap – siap untuk melanjutkan penerbangan dengan rute Tanime – Wamena dan mendarat di Wamena.

Baca Juga:  Auri Jaya Digadang Jadi Ketua Umum SMSI di Silatnas Padang

“saat hendak menempuh rute Wamena – Derakma itulah terjadi hilang kontak, karena pesawat take off dari Derakma pukul 11.05 WIT, dan sesuai schedule semestinya tiba di Derakma pada pukul 11.25 WIT, namun pada pukul 11.08 WIT hilang kontak dengan Tower Bandara Wamena, dilaporkan bahwa pada pukul 11.08 WIT tiba – tiba dari Tower melaporkan mendengar suara gemerisik dan tidak jelas dari radio pesawat AMA jenis Pilatus PK – RCX dimaksud”, kata Kabidhumas lagi.

Manager Operasional Penerbangan AMA, Windy, Rabu (5/7/2017) kepada awak media mengabarkan bahwa telah terjadi hilang kontak dengan pesawat Pilatus jenis PK – RCX yang di piloti Wauters Mulder dan co pilot Ido Naibaho saat menempuh rute Wamena – Darakma, namun pihaknya belum bisa memastikan apakah pesawat tersebut jatuh atau bagaimana, namun yang pasti terjadi hilang kontak sehingga tidak diketahui keberadaannya. (amr/R1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*