LBH Papua Justice & Peace Punya ‘Adik’ di Makassar, Sulawesi Justice Namanya

Yuliyanto, SH, MH, Pendiri dan Ketua Pengawas LBH Sulawesi Justice saat beranjangsana ke Kapolrestabes Makassar. (Foto : dok. LBH Sulawesi Justice)

 

LINGKAR PAPUA.COM, MAKASSAR — Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua Justice & Peace yang berkantor pusat di Jayapura, terus mengembangkan sayap pelayanannya kepada masyarakat yang mencari keadilan dan membutuhkan pendampingan masalah – masalah hukum, dimana saat ini sedikitnya telah terbentuk 4 “adik – adik’ LBH Papua Justice & Peace yang tersebar di beberapa kota – kota besar yang ada di Indonesia.

“di Makassar kita sudah ada, namanya Sulawesi Justice, di Jakarta dan Denpasar juga segera kita buka kantor, karena struktur dan pengurusnya sebenarnya sudah berjalan, namanya Jakarta Justice di Jakarta dan Pandawa Justice yang di Bali”, kata Yulianto, SH, MH, pendiri LBH Papua Justice & Peace yang juga sebagai Ketua Pengawas.

Menurut Yuliyanto, SH, MH, pendirian Sulawesi Justice di inisiasi oleh dirinya dan dua orang rekan Advokat lainnya yakni Nicolas Dammen, SH selaku Sekretaris dan Sarminanto, SH, MH selaku Dewan Pembina.

“untuk strukturnya sendiri di Sulawesi di kendalikan oleh Yandi Ada, SH sebagai Ketua, Hans, SH sebagai Sekretaris dan Bendaharanya Derura, SH, dengan 9 anggota lainnya, terbentuknya sudah 1,5 tahun lalu, hanya karena kesibukan makanya baru pekan ini kita coba mensosialisasikan keberadaan LBH Sulawesi Justice ini dengan beranjangsana ke beberapa stake holder baik kepolisian maupun kejaksaan, dan lain – lain”, kata Yuliyanto, SH, MH lagi.

Melalui saluran telepon kepada Lingkar Papua, Selasa (15/8/2017) Yuliyanto, SH, MH menjelaskan bahwa Senin (14/8/2017) kemarin dirinya dan pengurus LBH Sulawesi Justice telah beranjangsana ke Polsek Panakkukang, dan juga beraudiens dengan Kapolrestabes Makassar guna membangun sinergi sesame penegak hukum, sehingga ke depan bila ada masyarakat yang tidak mampu membutuhkan pendampingan hukum saat punya masalah di kepolisian, LBH Sulawesi Justice bisa memberikan pendampingan.

“di Polsek Panakkukang kita jumpa dengan Kanit Reskrimnya, di Polrestabes Makassar kita sempat berjumpa langsung dengan Kombes (Pol) Dr. H. Endi Sutendi, SIK, SH, MH selaku Kapolrestabes Makassar, pada dasarnya mereka respon positif kehadiran LBH Sulawesi Justice ini, dan kita berharap ke depan kita bisa bersinergi memberikan bantuan hukum kepada warga di Sulawesi”, kata Yuliyanto, SH, MH melalui saluran telepon.

Menurutnya LBH Papua Justice & Peace selain telah melebarkan sayap ke luar Papua, selama ini juga telah dibentuk kepengurusan di tingkat kabupaten / kota di Provinsi Papua.

“kita ada di Keerom, Timika, dan menyusul nanti beberapa daerah lainnya di Papua”, katanya lagi.

Untuk pelayanan yang diberikan LBH Sulawesi Justice maupun cabang – cabang LBH papua Justice & Peace lainnya adalah bantuan hukum dalam hal penyelesaian masalah sengketa tanah, akuisisi lahan, pengurusan dokumen perusahaan, pengurusan penagihan hutang piutang/ kredit macet, dan juga biro jasa lainnya, termasuk memberikan bantuan hukum kepada warga masyarakat yang tidak mampu.

“untuk di Makassar, kantornya beralamat di Kompleks Ruko Zamrud II Blok I No. 21, Jalan Adhyaksa Baru – Masale, Panakkukang, Makassar, jadi bila warga masyarakat dari Papua yang punya masalah hukum di Makassar, bisa menghubungi kami di alamat tersebut”, katanya lagi. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*