Konvoi Merah Putih, Nasionalisme Ala Pecinta Otomotif Papua

Wagub Papua, Klemen Tinal, SE, MM saat melepas rombongan Konvoi Merah Putih di dampingi Ketua Pengprov IMI Papua, Yan Mandenas dan Ketua TLCI Papua, Ronal Engko di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

 

LINGKAR PAPUA.COM, JAYAPURA – Untuk memperingati HUT RI Ke- 72 dan sebagai sarana untuk menyatukan dan menumbuhkan semangat kebersamaan, solidaritas dan nasionalisme di kalangan pecinta otomotif baik motor maupun mobil di Kota Jayapura dan sekitarnya, Kamis (17/8/2017) kemarin Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) bekerja sama dengan Toyota Land Cruisher Indonesia (TLCI) Papua menggelar aksi Konvoi Merah Putih.

Konvoi Merah Putih yang melibatkan ratusan kendaraan Toyota Land Cruisher tersebut menempuh rute start dari Kantor Gubernur Papua – Abepura – Sentani – memutar di Kantor Bupati Kabupaten Jayapura dan kembali finish di Gedung DPRP Provinsi Papua atau di Taman Imbi Kota Jayapura.

“Ini menjadi kesan pertama yang baik. IMI harus tampil beda memaksimalkan kemampuan yang ada, karena IMI Papua ini luar biasa”, kata Klemen Tinal, SE, MM saat melepas rombongan Konvoi Merah Putih bertolak menempuh rute yang sudah ditentukan, Kamis (17/8/2017) di halaman kantor Gubernur Papua.

Menurut Klemen Tinal potensi yang ada di IMI Papua luar biasa, untuk itu ia berharap ke depan IMI selalu melakukan koordinasi dan konsolidasi terkait event –event untuk meningkatkan prestasi, sehingga bermunculan talenta dari Papua dalam bidang otomotif dan orang lain dari luar daerah dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di Papua khususnya di bidang otomotif, sehingga nantinya IMI Papua juga berkontribusi akrtif untuk Provinsi papua di ajang PON XX Tahun 2020 mendatang.

“Kami harapkan berbagai event dapat digelar, termasuk kegiatan sosial kemasyarakatan, dan IMI terus eksis dan kehadirannya dirasakan anggota dan bermanfaat juga bagi masyarakat”, kata Klemen Tinal.

Konvoi Merah Putih ditandai penyerahan bendera merah putih dari Ketua TLCI Papua, Ronald Engko kepada Ketua Pengprov IMI Papua terpilih, Yan P Mandenas dan selanjutnya diserahkan kepada Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal untuk melepas peserta konvoi.

Konvoi Merah Putih mengambil star dari Kantor Gubernur Papua, dengan rute perjalanan melewati jalan protocol Abepura- Sentani dan berakhir di Gunung Merah.

Dengan semangat 45, rombongan konvoi kembali ke Jayapura dan menyerahkan kembali bendara merah putih kepada Ketua DPR Papua, Yunus Wonda di Taman Imbi Jayapura.

Ketua TLCI Papua, Ronald Engko menambahkan, jika kegiatan ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme bagi semua masyarakat, termasuk untuk memaknai HUT Kemerdekaan RI.

“ini adalah agenda dari TLCI Papua, kebetulan minggu lalu, Yan Mandenas terpilih sebagai Ketua IMI Papua, sehingga kami bersama-sama IMI Papua menggelar event ini bersama – sama”, kata Ronal Engko.

Ketua Pengprov IMI Papua terpilih, Yan P Mandenas mengakui bahwa event tersebut sebenarnya mendadak, namun setelah berdiskusi dengan TLCI Papua, akhirnya disepakati peringatan HUT RI ke 72 dengan menggelar Konvoi Merah Putih untuk membangkitkan semangat nasionalisme dari semua club otomotif.

“Ya, ini menjadi momentum awal untuk sama-sama dari sebuah proses kepengurusan yang akan terbentuk periode ini,” katanya.

Menurutnya, setelah terpilih sebagai Ketua ia akan meningkatkan konsolidasi semua club motor baik roda empat maupun roda dua pada event berikut setelah pengurus IMI Papua terbentuk, kemudian Rakorprov dilaksanakan dan menetapkan program-program tahunan.

“Semua club bisa terkoordinir dengan baik dibawah naungan IMI Papua untuk membangkitkan semangat otomotif di Papua, untuk menjaring bibit unggul untuk dipersiapkan pada PON XX tahun 2020, dengan target mencapai emas”, kata Yan Mandenas. (tie/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*