LDII Kabupaten Jayapura Berbagi, Daging Qurban Didistribusikan Juga ke Warga Non Muslim

Dalam perayaan Idul Adha kemarin, DPD LDII Kabupaten Jayapura berhasil melakukan qurban 13 ekor sapi dan 3 ekor kambing, yang dalam penyalurannya bukan hanya ke kalangan muslim saja, tetapi juga kepada warga sekitar yang non muslim. (Foto : dok LDII)

 

Jurnalis Warga : Eko/ Walhamri Wahid

LINGKAR PAPUA.COM, SENTANI—Hakikat peringatan Hari Raya Qurban atau Idul Adha adalah implementasi keikhlasan, ketaqwaan serta kepedulian umat muslim kepada sesama muslim maupun lingkungan sekitarnya.

Untuk itu pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriyah pekan kemarin, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Jayapura yang melakukan qurban sebanyak 13 ekor sapi dan 3 ekor kambing, selain membagi – bagikan hewan qurban tersebut kepada jamaah LDII Kabupaten Jayapura, juga ke beberapa jamaah di masjid lainnya, bahkan juga ke warga non muslim yang bermukim di sekitarnya.

Baca Juga:  Jack Komboy Pulang Kampung, Kemarin Mulai ‘Kick Off’ di Pilkada Biak

“qurban adalah implementasi dari keikhlasan dan ketaqwaan, berqurban secara iklhas dan taqwa merupakan bentuk amalan yang paling disenangi oleh Allah SWT, serta wujud kepedulian serta wahana menjalin ukhuwah terhadap sesama tidak hanya kepada umat muslim saja namun kepada yang beragama lain juga” kata Imam Subekti, Ketua LDII Kabupaten Jayapura belum lama ini.

Menurutnya, meski harga sapi dan kambing di pasaran dari tahun ketahun terus naik, makin mahal, sehingga sedikit banyak berdampak pada kemampuan daya beli jamaah, tapi kondisi tersebut bukan masalah, karena selama ini LDII telah menerapkan kebiasaan menabung qurban yang sudah di lakukan setahun sebelumnya.

“dengan program menabung qurban sejak setahun sebelumnya, maka soal harga hewan qurban yang kian mahal bisa teratasi, bahkan dengan demikian sejak setahun kemarin itu nilai ketakwaan dan pahalanya sudah tercatat oleh Allah SWT, karena niat menabungnya untuk berkurban”, jelas Imam Subekti lagi.

Baca Juga:  Pasca Insiden 25 Mei Padang Bulan, Penghuni Asrama Mahasiswa Waropen Mengungsi Semua

Menurutnya keberadaan LDII harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di manapun berada, untuk itu saat pemotongan 13 ekor sapid an 3 ekor kembing kemarin DPD LDII membagikan daging qurban bukan hanya ke warga muslim saja, namun non muslim juga.

“jadi ada dua mekanisme pembagian daging qurban kemarin, ada yang gunakan kupon, da nada juga yang kami antarkan langsung sesuai dengan daftar yang ada”, kata H. Ridwan, SH, Wakil Ketua Panitia Qurban 1438 Hijriyah DPD LDII Kabupaten Jayapura dalam release LDII kemarin.

H. Ridwan, SH menjelaskan bahwasanya distribusi seluruh hewan qurban yang terkumpul sebanyak 11 ekor sapid an 2 ekor kambing di sembelih di Kompleks Masjid Baitul A’la Sentani yang juga merupakan home base DPD LDII Kabupaten Jayapura.

Baca Juga:  Ini Enam ‘Jawara Golkar’ di Pilgub Papua 2018

Sedangkan 1 ekor sapid an 1 ekor kambing di distribusikan dan di sembelih di Distrik Nimbokrang, sedangkan 1 ekor sapi lainnya di serahkan ke Masjid Babul Khoir depan Yonif 751/Raider, Asrama Kemiri Sentani. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*