Belum ada Laporan PAW, BK DPR Papua Belum Bisa Ambil Tindakan

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Papua Deki Nawipa. (Foto: Titie/Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA –  Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Papua Deki Nawipa mengaku pihaknya tidak bisa melakukan apapun terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) beberapa anggota DPR Papua, karena hingga kini belum ada laporan PAW yang masuk.

“Sepanjang ini belum ada laporan dan pengajuan PAW di  meja BK. Kita bisa mengambil tindakan dan proses verifikasi jika ada laporan atau pengajuan yang masuk (dari partai),” ungkapnya saat ditanya terkait sejumlah anggota DPR Papua yang seharusnya di PAW namun hingga kini belum juga dilakukan.

Saat ini di DPR Papua  ada beberapa wakil rakyat yang juga belum dilakukan PAW, seperti Wakil Ketua III, Yanni dari Partai Gerindra yang maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Jayapura sejak setahun lalu, Jhon Ibo yang telah dieksekusi oleh Kejaksaan dan kini telah mendekam di Lapas Abepura dan  Anton Noriwari dari PDI Perjuangan  yang telah tutup usia.

Menurut, Deki Nawipa, sejauh ini Badan Kehormatan DPR Papua hanya menerima laporan PAW dari Partai Amanat Nasional dan hal tersebut telah ditindaklanjuti hingga proses pelaksanaan PAW. Sedangkan untuk anggota dewan lainnya pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa selama tidak ada pengajuan dari partai.

“jadi ketika ada masalah baru BK yang turun dan lakukan verifikasi. Memang harusnya partai berfungsi, selama ini belum ada,” katanya.

Sementara itu Ketua Fraksi Gerindra DPR Papua, Radius Simbolon mengaku telah mendesak pimpinan DPD Gerindra Provinsi Papua untuk segera mengusulkan nama Wakil Ketua III DPR Papua, pengganti Ibu Yanni. Namun, hingga saat ini desakan tersebut, belum juga mendapat tanggapan dari DPD maupun DPP Gerindra.

“Memang kita sudah didesak untuk mengisi kekosongan pengganti Ibu Yanni, hanya saja kita masih dalam proses koordinasi dengan pmpinan partai ditingkat DPD dan Pusat,” kata Radius Simbolon kepada  Wartawan, di kantor DPR Papua, Rabu (4/10).

Ia mengaku ada lima nama yang diusulkan untuk menggantikan posisi Ibu Yanni yang saat ini tengah menghadapi proses gugatan Pilkada Kabupaten Jayapura tersebut. Kelima nama itu, sambungnya, yakni Radius Simbolon, Elvis Tabuni, Decky Nawipa, Jhon Ibo dan Nathan Pahabol. Sementara nama baru yang akan ajukan untuk di PAW kan, juga belum ada, sebab hal itu merupakan kewengan pimpinan partai.

Ia juga mengaku, Fraksi Gerindra sudah melakukan komunikasi terkait kekosongan kursi tersebut. Bahkan telah mendesak berkali-kali kepada pimpinan partai. (tie/r2)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*