Sahabat Inspirasi Deklarasi Sumpah Pemuda ke 82 Tahun di Tugu Pepera

Suasana deklarasai Sumpah Pemuda ke 89 di Tugu Pepera yang dilaksanakan Yayasan Sahabat Inspirasi yang dikoordinir, dr. Ida Waromi bekerjsama dengan management Mall Jayapura dan Matahari Mall. (Foto: Titie/Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA –  Peringatan 82 Tahun Sumpah Pemuda di Jayapura berlangsung di Tugu Pepera, depan Mall Jayapura, Sabtu (28/10/2017).   Hut Sumpah Pemuda kali ini, terbilang modern dengan pelaksanaan upacara hikmat, dan diikuti oleh setiap perwakilan, dari unsur pemuda, pelajar, anak-anak serta pihak pemerintah.

Hut 82 Tahun Sumpah Pemuda di Jayapura diselenggarakan oleh Yayasan Sahabat Inspirasi yang dikoordinir, dr Ida Waromi bekerjsama dengan management Mall Jayapura dan Matahari Mall.

Acara ini, diawali  pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) memasuki monumen Tugu Pepera, dengan pembacaan naskah Sumpah Pemuda oleh seorang anggota Paskibra, Mariano CY Rumbay dikelilingi anggota Paskibra yang membawa bendera merah putih.

Selanjutnya, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustam Sarru, MM dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipromotori oleh  Sahabat Inspirasi Papua , Matahari dan Mall Jayapura merupakan sebuah gebrakan baru. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 82 di Jayapura merupakan gebrakan baru, yang dilaksanakan di Tugu Pepera.

Menurutnya,  aksi positif peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2017 menjadi gerakan inspiratif bagi semua elemen masyarkat, terkhususnya pemuda Indonesia dan organisasi kepemudaan yang ada di wilayah Papua.
“Ini merupakan sejarah Indonesia dalam rangka menginspirasi Pemuda yang ada di Indonesia khususnya di Papua, agar ke depannya pemuda sebagai penentu bangsa ini dapat lebih mengobarkan semangat Pancasila dan memajukan  negara dengan kegiatan positif,” kata Rustam Sarru usai menerima bendera merah putih di pintu masuk Mall Jayapura.

Ia berpesan dengan semangat sumpah pemuda, semua pemuda yang ada di Papua memiliki moral yang baik, menjauhkan diri dari perilaku menyimpang seperti nerkoba, pergaulan bebas, terlebih minuman keras.

“Jadilah pemuda yang handal, inspiratif, luar biasa dan mari berjuang untuk bangsa ini kedepan,” pesannya.

Koordinator Sahabat Inspirasi Papua, dr Ida Waromi mengatakan momen peringatan Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan di Tugu Pepera sebagai satu simbol penting, apalagi Tugu Pepera merupakan salah satu ikon penting yang ada di Kota Jayapura.

“Jadi,  karena Tugu Pepera ini menjadi salah satu ikon di Jayapura, maka kami berinisiatif mendeklarasikan Sumpah Pemuda ke 82 di tempat ini, atas nama Pemuda Papua, sehingga Indonesia tahu bahwa Pemuda Papua ada di Indonesia,” ujarnya.

Seperti namanya, Sahabat Inspirasi, menurut dr Ida Waromi, pihaknya memberikan inspirasi bagi semua yang ada di Papua, tidak hanya terbatas pada orang memiliki uang, orang berpendidikan, pejabat atau orang berkelebihan. Sahabat Inspirasi hadir untuk semua lini, mulai anak-anak, pelajar, mahasiswa, dan semua unsur yang ada di Papua dapat bersama-sama memberikan inspirasi.

“Inspirasi dalam hal ini sebagaimana slogan ‘Stop Tipu-Tipu’ dengan memberikan salam lima jari, ini diadopsi dari kata Pdt IS Kaijne, siapa yang berkata jujur di atas tanah ini, maka dia akan mendapat satu tanda heran dan tanda heran lainnya,” imbuhnya.(tie/r2)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*