DPRP Rombak Formasi Alat Kelengkapan Dewan, Rakyat Berharap Kinerja Dewan Membaik ?

Ketua DPRP, DR. Yunus Wonda, SH, MH (kanan). (Foto: Ist)

LINGKAR PAPUA.COM, JAYAPURA – Sebagai wakil rakyat, tentunya rakyat berharap banyak agar para wakilnya di DPRP bisa menjalankan tupoksi mereka secara maksimal, baik dalam hal penganggaran, regulasi dan terutama fungsi control, dan untuk melaksanakan tupoksi tersebut DPRP memiliki kepanjangan tangan alat kelengkapan dewan yang juga menjadi mitra esksekutif dalam mengawal pembangunan.

“kalau benar ada rolling pimpinan di komisi – komisi, kita berharap DPRP ke depan lebih kritislah, gunakan fungsi kontrolnya untuk kawal kinerja eksekutif, jangan sampai wakil rakyat itu sekedar setuju saja, dan yes man saja, itu baru wakil rakyat, jujur kalau kita lihat selama ini belum terlalu nampak sih kinerja wakil rakyat kita di Dewan, kayaknya lebih banyak bicara urusan partai dan kelompoknya deh”, celetuk Abdul seorang mahasiswa dan aktifis kampus kepada Lingkar Papua, Kamis (16/11/2017) di salah satu kafe seputaran Abepura.

“kami ingin dengar itu DPRP melaporkan pejabat yang korupsi boleh, karena selama ini tidak pernah kita dengar anggota Dewan yang punya fungsi control, fungsi pengawasan yang besar terhadap eksekutif, tapi tidak pernah ada wakil rakyat yang melaporkan bila ada temuan korupsi di sebuah instansi, padahal kan bisa yah mas, malah mereka yang lebih punya akses untuk mengetahui ada tidaknya tindak korupsi kan ?”, celetuk seorang aktifis perempuan lainnya yang menolak di korankan namanya, saat di mintai tanggapannya oleh Lingkar Papua, Kamis (16/11/2017) kemarin.

Baca Juga:  Banyak Kasus Pelanggaran HAM di Papua, Tapi Dua Daerah Ini Sudah Dapat Penghargaan Peduli HAM, Ini Kriterianya

Setelah rancangan atas Peraturan DPRP Nomor 01 Tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRP di sahkan dalam Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRP, DR. Yunus Wonda, SH, MH didampingi Wakil Ketua II DPRP, Fernando A. Yansen Tinal, BA yang berlangsung di ruang sidang DPRP Provinsi Papua, (Selasa/14/11/2017) kemarin, maka sejumlah pucuk pimpinan di alat kelengkapan Dewan dilakukan perombakan.

Menurut Yunus Wonda, rolling tersebut dilakukan sebelum masuk pada agenda besar pembahasan APBD Provinsi Papua tahun 2018, dimana rolling komisi tersebut, merupakan salah satu agenda penting DPRP yang sudah ditetapkan dalam Tata Tertib DPR Papua, dimana dalam masa 2,5 tahun dilakukan perombakan alat kelengkapan baik komisi – komisi, Badan Pembentukan Perdasi dan Perdasus (Bapemperda), Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Bamus) dan Badan Kehormatan DPR Papua.

Baca Juga:  Pembangunan Gedung Baru DPRP, Target Tidak Tercapai, Kok Biayanya Malah Membengkak ?

“proses pelaksanaan paripurna rolling alat kelengkapan dewan kemarin berjalan alot, yang akhirnya setelah disepakati bersama, semua alat kelengkapan dapat disahkan pada Rabu (15/11/2017) dini hari, tepatnya sekitar pukul 00.15 WIT kita tutup sidang dan terakhir untuk Badan Kehormatan DPRP, baik itu Komisi, Banggar, Baleg, Banmus, BK semua sudah selesai,” kata Yunus Wonda di Sekretariat PB PON XX tahun 2020 kemarin.

Namun tidak seluruhnya dilakukan perubahan formasi total, ada beberapa yang masih di pertahankan di posisi semula, dari hasil putusan rapat masing-masing komisi, akhirnya DPRP melakukan rolling dengan formasi diantaranya untuk Komisi I DPRP yang sebelumnya di pimpin oleh Elvis Tabuni kini di pimpin oleh Ruben Magai, untuk Wakil kini di jabat oleh Tan Wie Long menggantikan Orwan Wanimbo, sedangkan Sekretarisnya tetap dijabat Mathea Mamoyao, S. Sos.

Baca Juga:  ‘ENEMBE – NOMICS’

Untuk Komisi II DPRP sebelumnya di jabat Deerd Tabuni digantikan oleh Herlin Beatrix Monim, sedangkan Deerd Tabuni menduduki posisi Wakil Ketua dengan tetap dijabat Sekretaris Pendis Enumbi.

Komisi III DPRP tidak ada perubahan, tetap di pimpin oleh Carolus Kelen Bolly, Wakilnya Agus Kogoya, hanya posisi Sekretaris kini di isi H. Kusmanto menggantikan Cristine Luluporo Mano.

Komisi IV DPRP di jabat oleh Yarius Balingga, Wakil Ketuanya Stevanus Kaisiepo menggantikan posisi Thomas Sondegau, sedangkan Sekretaris sebelumnya dijabat Christ Samau diganti Sinut Busup.

Untuk Komisi V DPRP, Ketua Yan Permenas Mandenas menggantikan Ny. Yakoba Lokebre, Niouluen Kotouki yang sebelumnya sebagai Wakil Ketua digantikan Maria Duwitauw dan
Sekretarisnya tetap Natan Pahabol.

Untuk alat kelengkapan lainnya, seperti Badan Pembentukan Perdasi dan Perdasus DPRP sebelumnya dijabat Ruben Magai saat ini digantikan Ignasius W. Mimin dengan Wakilnya tetap Emus Gwijangge.

Sedangkan, untuk Badan Kehormatan  (BK) DPRP dipercayakan kepada Lazarus Siep sebagai Ketua dan Orgenes Kawai sebagai Wakil Ketuanya. (res/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*