Ini Empat Alasan Utama Kenapa Nasdem Dukung Lukas Enembe – Klemen Tinal di Pilgub Papua 2018

(dari ki- ka) Carolus K. Bolly, Mathias Awaitouw (Ketua DPW Nasdem Papua), Lukas Enembe (Gubernur Papua), Efendi Choirie (Ketua Bappilu DPP Nasdem), Tofik Basari (DPP Nasdem), Sulaiman L. Hamzah (Korwil Papua DPP Nasdem), berfoto bersama usai penyerahan SK Dukungan Partai Nasdem kepada pasangan LUKMEN untuk maju pada Pilgub Papua 2018 mendatang. (Foto : doc. ist)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Setelah memberikan Surat Rekomendasi kepada pasangan bakal calon Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) pada tiga bulan lalu, Selasa (28/11/2017) sore kemarin, akhirnya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menyerahkan Surat Keputusan Dukungan sekaligus Form B1 KWK Parpol kepada pasangan incumbent tersebut untuk maju kedua kali pada Pilkada Gubernur Papua Periode 2018 – 2023 mendatang.

 “ya, tadi sore sudah diserahkan SK dan format B1 KWK Parpol kepada pasangan Lukas Enembe – Klemen Tinal di Jakarta, diterima langusng oleh Pak Gubernur”, kata Sulaiman L. Hamzah, Koordinator Wilayah Papua DPP Nasdem saat dihubungi Lingkar Papua melalui saluran telepon, Selasa (28/11/2017) malam.

Menurut Sulaiman L. Hamzah yang juga adalah anggota DPR – RI Dapil Papua, sedikitnya ada tiga alasan mendasar yang menjadi pertimbangan Partai pimpinan Surya Paloh itu memutuskan mengusung pasangan Lukas Enembe – Klemen Tinal untuk melanjutkan kepemimpinannya dalam periode kedua.

Baca Juga:  ADA JEJAK BOY RAFLI AMAR DI POLDA PAPUA

Ia mengatakan, alasan Nasdem memberikan dukungan kepada Lukmen, didasari beberapa indikator yakni, pengalaman memimpin keduanya sudah sejak awal membuat grand design pembangunan Papua dengan pendekatan wilayah adat.

Pengalokasian dana Otsus pun dibagi porsi yang cukup meyakinan dengan format 80 persen untuk kabupaten/kota dan 20 persen untuk provinsi.

Selanjutnya, pengelolaan dana 20 yang dikelola provinsi itu sesuai harapan lebih memprioritaskan kesehatan dan pendidikan mulai dari PAUD, kemudian kesehatan dan juga memberikan pendidikan kepada putra putri terbaik Papua yang mengambil program doktor maupun S1 dan S2.

“Itu yang Nasdem lihat, dan dari keberhasilan itu, kita anggap layak untuk LUKMEN diusung untuk pimpin periode berikutnya”, kata Sulaiman L. Hamzah

Dengan keluarnya SK dan Formulir B1 KWK Parpol dari DPP Nasdem, maka dukungan untuk pasangan LUKMEN bertambah lagi menjadi lima partai politik dari sebelumnya empat partai yang sudah mengeluarkan SK dan Form B1 KWK Parpol, yakni, Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

SK Dukungan dari Partai Nasdem kemarin sore diserahkan langsung oleh Ketua Bappilu DPP Nasdem, Effendi Choirie kepada Lukas Enembe, disaksikan Ketua DPW Nasdem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw dan Wakil Ketua DPD Demokrat Papua, Carolus Kia Bolly di Kantor DPP Nasdem Cikini Jakarta.

Baca Juga:  Kalau Jadi, Patung Tuhan Yesus di Pulau Kayu Batu Yang Tertinggi di Dunia

Menurut Sulaiman L. Hamzah, selaku Korwil Papua DPP Nasdem, sesuai prosedur, Partai Nasdem memulai penjaringan dari daerah, dan DPW lakukan pleno, dimana hasil pleno itu dari beberapa pasangan calon dan perorang yang memenuhi syarat dinyatakan lolos dan di usulkan ke DPP Nasdem di Jakarta.

“DPP Nasdem sesuai prosedur yang dilakukan, ditindak lanjuti dengan survey lalu kemudian jatuh pilihan memberikan rekomendasi sekitar 3 bulan lalu dan terakhir tadi diserahkan B1KWK itu. Ini juga berdasarkan rekomendasi dari wilayah dan ditindak lanjuti DPP melalui survey dengan melihat keberhasilan kepemimpinan yang sudah dilakukan Lukmen”, katanya menegaskan bahwa sebelum dukungan diberikan Partai Nasdem juga telah melakukan survey internal sebagai dasar dalam mengambil keputusan selain tahapan dan beberapa pertimbangan diatas.

“Sehingga tanpa mengurangi calon lainnya yang mendaftar di Nasdem, tapi itulah hasil terbaik yang bisa kami lakukan”, kata Sulaiman L. Hamzah.

Menurutnya, sebelumnya ada 9 nama calon Gubernur dan 2 calon Wakil Gubernur yang dinyatakan berkas lengkap. Kesemuanya itu di verifikasi kelengkapan dari tingkat DPW hingga didorong ke Pusat.

Baca Juga:  Satgas 512/ QY Dapat ‘Surat Kaleng’, Isinya Ternyata Petunjuk Lokasi Penyimpanan Sepucuk Pistol

Sulaiman berharap calon yang sudah diberikan kepercayaan Nasdem untuk Papua 2018 ini, juga mendapat dukungan dari seluruh pengurus dan kader Nasdem yang ada di Papua.

“Jadi sedapat mungkin semua kader dan simpatisan Nasdem dari semua tingkatan  menyesuaikan dengan keputusan dengan DPP. Sebagai kader yang setia kami berharap itu, dan Nasdem kosisten untuk mengawal calon ini sampai berhasil pada 2018 nanti,” katanya.

Ia memohon maaf kepada calon yang sudah mendaftar, tapi belum menjadi pilihan Nasdem.  Sebab, pilihan partai  diantara sekian banyak hanya satu calon yang diusung. Maka dengan pilihan Nasdem jatuh kepada pasangan LUKMEN, tentunya calon lainnya juga merupakan calon terbaik, yang diharapkan dapat bersama menunggu giliran berikutnya.

“Secara parpol kami simpati kepada mereka semua, tetapi sekali lagi mohon maaf kami hanya mengusung satu nama, yang lainnya nanti berikutnya,” ungkapnya.

Selanjutnya Ia berharap kepada pasangan LUKMEN dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Papua, apalagi tidak lama lagi Otsus akan berakhir, sehingga penentu  keberhasilan Otsus ada ditangan pasangan LUKMEN.

“Kita berharap keduanya dapat mengabdikan diri secara baik untuk pelayanan kepada masyaakat hingga ke pelosok Papua,” tutupnya.

Wakil Ketua DPD Demokrat Papua, Carolus K. Bolly yang ikut mendampingi Lukas Enembe menerima SK Dukungan dan Formulir B1 KWK Parpol dihubungi terpisah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan Nasdem mulai dari tingkat DPP, DPC hingga kader dan simpatisan dibawahnya. (tie/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*