Klemen Tinal Canangkan Regenerasi Total di DPD Golkar Papua

Prosesi pelantikan pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Papua masa bhakti 2017 – 2020, Klemen Tinal sebagai Ketua dan Drs. Yacob Ingratubun sebagai Sekretaris oleh Letjen TNI (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis dan Pengembangan Sumber Daya Manusia DPP Partai Golkar mewakili (Plt) Ketua Umum Idrus Marham yang berhalangan hadir. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA—Sejumlah nama tokoh – tokoh senior Golkar tampaknya telah menghilang dari pusaran ring satu struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Papua, pasca pelantikan kepengurusan DPD Partai Golkar Provinsi Papua yang di agendakan akan dilaksanakan oleh Ketua Umum (Plt) DPP Partai Golkar Idrus Marham, namun ternyata batal hadir dan diwakilkan kepada Letjen TNI (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis dan Pengembangan Sumber Daya Manusia DPP Partai Golkar di salah satu hotel di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/12/2017) kemarin.

Nampaknya sosok Paskalis Kossay saja yang masih “dipake” Klemen Tinal di “ring satu” DPD Partai Golkar Provinsi Papua dengan posisi tetap sebagai Ketua Harian.

Sedangkan dari 6 kader Partai Golkar yang saat ini duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Provinsi Papua yakni Jan L. Ayomi, Ignasius Mimin, Deerd Tabuni, Chris Risamasu, Tan We Long, dan Fernando A.Y. Tinal, hanya tiga anggota DPRP yang masuk dalam struktur yakni Fernando A.Y. Tinal sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Ignasius Mimin sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Dapil V Papua dan Chris Risamasu sebagai Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu Dapil VII.

Sedangkan posisi Sekretaris dan Bendahara serta sejumlah posisi Wakil Ketua, Wakil Sekretaris maupun Wakil Bendahara dan Ketua Bidang di isi kader – kader Golkar baru dan muda sebagai bentuk komitmen Klemen Tinal untuk melakukan regenerasi total di dalam tubuh partai berlambang pohon beringin tersebut.

Bahkan beberapa wajah baru dengan berbagai macam latar belakang baik itu mantan wartawan, wartawan aktif, pendeta dan pengusaha maupun aktifis muda yang energik dan selama ini ‘parkir di lapis bawah’ structural Golkar kini “di dongkrak’ posisnya dalam strktur DPD Partai Golkar Provinsi Papua yang dilantik kemarin, termasuk juga kader dari DPD Kabupaten / Kota di berikan kepercayaan untuk menduduki posisi penting dan strategis di tingkat DPD Provinsi.

Baca Juga:  Wabup dan Kepala OPD Sayangkan Aksi Mogok Empat Dokter di RSUD Kwaingga Keerom

Dimana untuk posisi Sekretaris dipercayakan kepada Yacob Ingratubun yang sebelumnya salah satu fungsionaris DPD Partai Golkar Kota Jayapura menggantikan sosok Azis Bauw, untuk posisi Bendahara yang sebelumnya di percayakan kepada Tan Wie Long Karnan, kini di isi oleh salah satu kader Golkar lainnya, Ulrike Latumahina.

“ini bentuk regenerasi yang secara alami menunjukkan satu proses regenerasi yang baik dan memberi sinyal kepada semua, bahwa regenerasi di Golkar Provinsi Papua mulai berjalan,” kata Klemen Tinal, Ketua DPD Golkar Papua yang baru dilantik kemarin yang juga masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Papua yang dipastikan akan maju kembali periode kedua melanjutkan tandem bersama Lukas Enembe untuk LUKMEN Jilid II.

Ia mengungkapkan regenerasi tersebut diharapkan dapat menjadi awal kebangkitan Golkar Papua, untuk selanjutnya dapat bertanggung jawab membawa kejayaan Golkar di Provinsi Papua melalui segala aspek kehidupan.

Klemen Tinal optimis, wajah-wajah baru yang energik tersebut, akan mendukung Golkar, dengan mengembangkan dirinya untuk masuk dalam dunia politik.

“Saya berharap semua pengurus ini menjadi caleg, mau itu muda atau tua,” katanya optimis sambil tertawa lebar.

Mewakili (Plt) Ketua Umum DPP Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan secara de jure maupun de facto, kepengurusan DPD Golkar Papua sudah sah.

“Partai Golkar tidak tergantung pada siapa pemimpin Golkar, sebab sistem dalam Golkar sudah terbentuk. Sehingga walaupun ada badai yang mengguncang partai berlambang pohon beringin ini, kita tetap kuat untuk hadapi semua masalah itu”, kata Lodewijk Freirich Paulus yang menjabat sebagai Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis dan Pengembangan Sumber Daya Manusia DPP Partai Golkar dalam arahannya.

Ia minta, pengurus Golkar untuk benar benar paham tentang tugas dan wewenang serta tanggung jawabnya. Karena tantangan kedepan semakin berat, sebab tahun 2018 sudah masuk tahun politik, dimana ada 7 kabupaten dan 1 provinsi di Papua melaksanakan Pilkada, dan menghadapi Pileg dan Pilpres 2019.

Baca Juga:  SD Inpres Tagaloa Puncak, Ruang Belajar Murid Digabung, Satu Guru Ngajar Tiga Kelas

“Tentunya mereka harus mempersiapkan dirinya, dengan target kemenangan pada Pilkada Bupati, Gubenur,” katanya.

Apalagi Golkar sudah menargetnya pertambahan 29 kursi di DPR RI pada Pileg mendatang, artinya dengan adanya 81 kursi DPR RI saat ini, maka satu sumbangan kursi dari Papua, akan sangat membantu.

“sekarang ini kan ada satu kursi DPRRI dari Papua, kalau 2019 bisa nyumbang satu lagi, ya itu sudah bagus,” kata L.F. Paulus

Mewakili (Plt) Ketua Umum, Idrus Marham yang berhalangan hadir, L.F. Paulus juga menegaskan bahwa salah satu misi Partai Golkar juga adalah bagaimana meningkatkan perolehan suara Jokowi jelang Pilpres 2019 mendatang, karena petinggi Golkar dituntut mampu untuk menaikkan suara hingga 70 persen.

“tentunya dengan jumlah suara yang dikatakan  jumlah penduduk hanya 3 juta sementara tiga persen sebanyak 1,3 juta suara, artinya berapa banyak Golkar Papua bisa memberikan suara. sekecil apapun kontribusi yang bisa diberikan akan sangat membantu Golkar”, harap L.F. Paulus.

Berikut susunan kepengurusan DPD Partai Golkar Provinsi Papua masa bhakti 2017 – 2020, Klemen Tinal (Ketua), Paskalis Kossay (Ketua Harian), Sefnat Masnifit, SH (Wakil Ketua Bidang Internal), Pdt. Elion Numberi (Waket Bidang Hubungan Pemerintah, DPRD, Parpol dan Ormas), Fernando Yansen Tinal (Waket Bidang Organisasi), Max Richard F. Krey (Waket Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan), Akhmad Sujana, SE, M.Si (Waket Bidang Kajian Ideologi dan Kebijakan Publik).

Zakeus Degei, ST (Waket Bidang Komunikasi, Media dan Penggalangan Opini), Nicko Ittar, SH (Waket Bidang Otsus, Pemekaran dan Pemberdayaan Masyarakat Adat), Ir. Ramayanti Japara (Waket Bidang Pemberdayaan Perempuan), Isaac Rumbarar, ST (Waket Bidang Pemuda dan Olahraga), Erick Wally (Waket Bidang Seni Budaya dan Pariwisata), Jeclena W. Joku, SE (Waket Bidang Koperasi, Wiraswasta dan UMKM), Yanuarti Widya (Waket Bidang Perburuhan dan Tenaga Kerja).

Baca Juga:  Yorys Raweyai Dicopot Dari Ketua Golkar Papua, Azis Samual Jadi Pelaksana Tugas ?

Ananias Pigay (Waket Bidang Pendidikan dan Cendikiawan), Paulina Ayomi (Waket Bidang Pengabdian Masyarakat), Ir. Tulus Sianipar (Waket Bidang Tani dan Nelayan), Ratna Ida Silalahi, SH (Waket Bidang Hukum dan HAM), Najib Murib (Waket Bidang Kerohanian), Nico Dimo, SH (Waket Bidang Pedesaan dan Daerah Tertinggal), H. Achmad Jainuri, LC, MH (Waket Bidang Pemenangan Pemilu Dapil I), Edward D. Morin, SH (Waket Bidang Pemenangan Pemilu Dapil II), Trifena M. Tinal, B.Sc (Waket Bidang Pemenangan Pemilu Dapil III), dr. Demus Kogoya (Waket Bidang Pemenangan Pemilu Dapil IV), Ignasius Mimin (Waket Bidang Pemenangan Pemilu Dapil V), Uria Jikwa (Waket Bidang Pemenangan Pemilu Dapil VI), Jorgen Betaubun, S.Sos (Waket Bidang Pemenangan Pemilu Dapil VII).

Drs. Yacob Ingratubun (Sekretaris) yang dibantu 27 Wakil Sekretaris sesuai bidang – bidang yang ada diantaranya Baharuddin SH, Betty Korawa, Leo Dapot Siahaan, Ismail Pawa, SE, George Kaiba, Hesti Kere, Welhelmina Frazier, Fitra Tri Kusuma Indah Jayanti, Wiliam Carey Enok, S.Hi, Yolanda Tapilaha, Jacky Kajagi, Yonias Prawar, Ridwan Ramly, Andreas Maay, SH, Ir. Dipo Wibowo, Ferdinan Bokowi, SH, Pdt. Jhon Wanane, Danton Giban, S.Pd, M.Si, Irianto Said, ST, M.Si, Nixon Ayomi, ST, yance Mote, SH, Beth Murib, Sael Amongso, Akin Kogoya, Chris Risamasu.

Sedangkan untuk posisi Bendahara di jabat oleh Ulrike S.T. Latumahina, SH yang di bantu 27 Wakil Bendahara sesuai bidang yang ada diantaranya Austikarny Ambarwaty, Haryadi, SE, Edy Jayakarateng, Hj. Mariana, Titin Mustika, Welly Pigay, Yanuar Prasetyo, SH, Susanti Arisandi, H. Amiruddin Beddu, Novela Wandikbo, Irwanty Tandigau, SP, Merry Silvia Olivia Liey, Febrian Viktoria Hanavie, Christine Juningsih Massa, Irnawati, Fanny Wesok, Taufik Hidayat, Gwan Thera, SH, M.Hum, Ester Maniagasi, SE, Yulita Marey, S.Si, Jefri Mabel.

Ditambah beberapa nama lainnya yang menduduki posisi Kepala Biro sesuai bidang yang ada di dalam struktur partai diantaranya Roy L. Y. Laiyaan, S.Hut, yance Ruansay, Masran, ST, Tien Virginia Arisoi, S.Sos, M.Si, Melki Jumalena, Yohanes Sawaki, Mira Wonda, Yunita Aninam, Anggi Dethi Kowaas, Andi Affar, Rendy Satria Koreri Krey, Maya Feronika Imbiri, Vanny Sophia Kiat, Ameliah Ahmad, Teti Matinahittimahu, Yulianus Mabel, Abu Kasim Sangaji, Martha Langowuyo, S.Sos, Saharuddin, Hein Rumbino, Alpius Edoway, Hernis Kobak, SP, Yuliant Iksomon, A.Md, M.Si, Jimmy Kogoya, S.Sos, dan Dorce Ndiken . (tie/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*