MURI Akui Lomba Mewarnai Gambar Lambang Negara Dengan 22.205 Peserta di Bulan Penuh Kasih Kodam XVII/Cenderawasih Bisa Dicatatkan Sebagai Rekor Baru

Salah satu peserta Lomba Mewarnai Gambar Lambang Negara Garuda Pancasila yang digelar oleh Kodam XVII/ Cenderawasih di Lapangan Mandala, Jumat (1/12/2017). (Foto : dok. FB)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA—Menyambut bulan penuh kasih, 1 Desember 2017 kemarin, Kodam XVII/ Cenderawasih menggelar event kolosal dengan mencetak prestasi superlative baru yang akan di catatkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menggelar kegiatan Lomba Mewarnai Gambar Lambang Negara Garuda Pancasila yang melibatkan 22.205 peserta anak sekolah di seluruh wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) yang ada di Provinsi Papua secara serentak.

“benar, prestasi kemarin akan dicatatkan dalam Rekor MURI, rencananya akan diserahkan pada 8 Agustus mendatang, kami hanya sedang menunggu proses administrasi dan Berita Acara-nya dari Panitia dan juga legalitas serta kevalidan dari lembaga terkait, termasuk juga pengesahan dari Notaris”, kata Ngadri, Direktur Museum Rekor Indonesia (MURI) saat dihubungi Lingkar Papua, Senin (4/12/2017) melalui saluran telepon, meski saat kegiatan berlangsung tidak ada perwakilan MURI yang hadir dan menyaksikan secara langsung

Baca Juga:  Ketua Umum-nya di Fitnah, Demokrat Papua Bereaksi, Dukung SBY Laporkan Pengacara Setnov ke Mabes Polri

Beberapa Kodim yang terlibat dalam event yang tercatat sebagai Rekor MURI tersebut diantaranya Kodim 1701/ Jayapura yang menggelar kegiatan di dua tempat berbeda yakni Lapangan Mandala Jayapura dan Lapangan Swakarsa Kabupaten Keerom dengan melibatkan 3.890 peserta anak didik dari sekolah yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Tak mau kalah, Kodim 1702/JWY Kabupaten Jayawijaya juga menghadirkan 5.000 peserta di Stadion Pendidikan Wamena, Kodim 1705/Paniai diikuti 2.740 peserta di Lapangan Makodim 1705/Paniai, Kodim 1707/Merauke dengan jumlah peserta 2.300 orang yang berlangsung di GOR Hiad Said dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ma’Arif Merauke.

Kodim 1708/BN Kabupaten Biak Numfor juga menggelar dengan jumlah peserta 1.700 orang  di Hanggar Manuhua Biak, Kodim 1709/Yawa Kabupaten Yapen dan Waropen dengan jumlah peserta 1.550 orang berlangsung di masing-masing sekolah.

Kodim 1710/Mimika dengan jumlah peserta 1.750 orang yang bertempat di gedung Eme Neme Yauware, Kodim 1711/BD Kabupaten Boven Digoel dengan jumlah peserta 725 orang yang dilaksanakan di empat tempat yaitu di SMP Waropko, SMP Mindiptana, SD N 2 Tanah Merah, dan SMP N Asiki.

Baca Juga:  Tiga Korban Insiden 25 Mei Padang Bulan Masih Rawat Inap di RS Bhayangkara

Kodim 1712/Sarmi dengan jumlah peserta 1.600 orang yang dilaksanakan di wilayah jajaran Koramil, dan Kodim 1714/PJ Kabupaten Puncak Jaya dengan jumlah peserta 950 orang yang dilaksanakan di Aula SMP N 1 Mulia.

Dalam release yang diterima Lingkar Papua dari Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Sabtu (2/12/2017) kemarin disampaikan bahwasanya pencatatan Rekor Lomba Mewarnai Gambar Lambang Negara secara serentak di Provinsi Papua dengan jumlah peserta mencapai 22.205 peserta tersebut sengaja di gelar menyongsong bulan Desember yang bagi sebagian besar warga Papua adalah bulan penuh kasih, karena jelang Natal dan Tahun Baru 2018.

“lomba mewarnai burung Garuda menjadi pemecah rekor tahun ini, karena melibatkan 22.205 pelajar yang tersebar diseluruh kabupaten/kota dengan dipromotori oleh Kodim-Kodim se Papua, dan dilaksanakan serentak pada Jumat, (1/12/2017) kemarin”, kata Letkol (TNI) M. Aidi, Kapendam XVII/Cenderawasih dalam releasenya.

Baca Juga:  Ini Penyebabnya, Kontraktor GEL Asli Papua Tunggui Pagar Kediaman Sekda Papua Semalaman

Menurutnya kegiatan yang digagas oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen (TNI) George Elnadus Supit tersebut bertujuan menanamkan cinta bela negara kepada generasi muda sejak dini, mulai dari tingkat TK, SD dan pelajar, sehingga anak – anak bisa memahami dan mengerti lambing negara dan ideology negara, Pancasila, dimana lima silanya tergambar jelas dalam lambang negara garuda Pancasila.

Untuk wilayah Jayapura, pelaksanaan perlombaan di pusatkan di Lapangan Mandala, dibuka oleh Walikota  Jayapura, Benhur Tommy Mano.

Kepada ratusan ribu peserta, Walikota memberikan apresiasi kepada Kodim setempat, dimana telah mempelopori terselenggaranya lomba mewarnai bagi pelajar TK, SD dan SMP se Kota Jayapura.

“Terselenggaranya lomba ini, kiranya dapat memberikan nilai tambah bagi anak-anak untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya karena mereka perlu diberikan kegiatan yang menarik dan menyenangkan namun bernuansa pendidikan yang mengarah kepada peningkatan keterampilan, sehingga mereka perlu diberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk melatih diri dalam mengembangkan kepribadian dan tanggung jawab sebagai pelajar,” kata Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano. (tie/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*