Mimpi Nabire Kabupaten Swasembada Pangan, Babinsa Diminta Awasi Distribusi Pupuk Agar Tidak Ada Penyelewengan

 

Kasi Log Korem 173 / PVB, Kolonel (Czi) Setya Ganianto dan Pasiter Kodim 1705 / Paniai, Kapten (Inf) Eko Sulistiyono bersama Kadinas Pertanian Kabupaten Nabire saat meninjau proses cetak sawah baru di Kampung Maidey, Distrik Makimi, Kab. Nabire. (Foto : Doc. Pendam)

 

LINGKARPAPUA.COM, NABIRE— Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di kampung – kampung diharapkan bisa ambil bagian guna mendukung program pemerintah mewujudkan Kabupaten Nabire sebagai salah satu kabupaten swasembada pangan di Provinsi Papua, dimana para Babinsa di harapkan bukan hanya mendampingi bagaimana cara mengolah lahan, menanam, panen, namun juga mengawal bagaimana distribusi pupuk kepada para petani, sehingga pupuk yang ada tidak di salah gunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu ditegaskan Kepala Seksi Logistik (Kasi Log) Komando Resort Militer (Korem) 173 / Praja Vira Braja (PVB), Kolonel (Czi) Setya Ganianto saat meninjau kegiatan perluasan areal sawah baru di Kampung Maidey, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Kamis (7/12/2017).

Kegiatan tersebut di ikuti juga oleh Dinas Pertanian Kabupaten Nabire dan di dampingi Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Komando Distrik Militer (Kodim) 1705 / Paniai, Kapten (Inf) Eko Sulistiyono.

“Babinsa pendamping pertanian harus selalu memantau pendistribusian pupuk yang mana pupuk sangat penting untuk tanaman, apabila terlambat pemupukan maka hasil tidak seperti yang diharapkan, selain itu pemantauan pupuk bertujuan untuk mengantisipasi adanya penyelewengan pupuk”, kata Kolonel (Czi) Setya Ganianto.

Menurtunya saat ini Babinsa sebagai pendamping pertanian di jajaran Kodim 1705/Paniai sangatlah bagus dalam melaksanakan tugas pendampingan pertanian untuk itu ia berharap kinerja dan prestasi tersebut dapat dipertahankan dan tingkatkan demi menyukseskan program pemerintah menjadikan Kabupaten Nabire sebagai salah satu kabupaten swasembada pangan.

Kolonel (Czi) Setya Ganianto juga menilai proses pencetakan sawah yang tengah di lakukan di Kampung Maidey, Distrik Makimi berjalan sangat baik, bahkan kini ada penambahan luas areal persawahan yang di buka, bahkan untuk lahan baru yang sudah di buka sebelumnya sudah ada proses penanaman.

“Hal ini perlu kita apresiasikan yang mana lahan baru memerlukan perjuangan dalam mengolah lahannya, untuk itu perlu dijadikan contoh untuk petani yang lain yang berada di Kampung Mayde, agar mempercepat penanam di lahan baru”, kata Kasilog Korem 173/ PVB.

Kemudian Kasilog Korem 173/PVB juga memberikan penekanan kepada para Babinsa pendamping agar selalu aktif untuk mendampingi para petani, untuk mengetahui kekurangan atau kesulitan para petani dalam penanaman areal cetak sawah baru.

Selain itu Babinsa juga harus selalu memantau perkembangan di lapangan dalam penanaman, pemupukan dan panen, apabila ada kendala di lapangan untuk segera di laporkan ke Komando agar segera di tindak lanjuti. (amr/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*