Mau Tahu Lipstik Yang Cocok Untuk Perempuan Papua ?

Foto peragaan oleh model (sumber : livestrongcdn.com)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Secara genetis kulit perempuan Papua pasti lebih gelap dibanding perempuan – perempuan lainnya, walau pada beberapa kasus ada juga sih yang memiliki warna kulit bibir lebih terang dari kebanyakan perempuan Papua.

Meski memiliki bibir yang lebih gelap, bukan berarti perempuan Papua tidak bisa mengikuti trend fesyen khususnya mempercantik bibir, justru dengan pemilihan lipstick yang tepat dan aman, maka eksotika perempuan Papua akan tereksplore lebih alami dan natural.

Soal warna bibir yang lebih gelap bukan hanya dimiliki oleh perempuan Papua saja, namun beberapa kebiasaan juga bisa menyebabkan bibir kaum perempuan berwarna lebih gelap dibanding lainnya, misalnya karena paparan sinar matahari, kebiasaan merokok ataupun konsumsi kafein yang berlebih dan ketidak seimbangan hormone ataupun alergi.

Memang dalam memilih lipstick tidak semata – mata berpatokan pada warna kulit atau bibir, terkadang juga harus di padu padankan dengan busana yang dikenakan, dan dalam banyak kasus terkadang perempuan yang memiliki bibir lebih gelap, sedikit kesulitan dalam memadu padankan lipstick yang digunakan dengan busana ataupun accecories yang dikenakan.

Setidaknya beberapa tips yang berhasil di himpun lingkarpapua.com dari berbagai sumber di bawah ini bisa jadi rujukan bagi kaum perempuan yang memiliki bibir berwarna lebih gelap dalam menentukan jenis lipstick yang akan digunakan sehari – hari.

Namun sebelum kita masuk ke tips – tipsnya, sebaiknya kita perlu mengetahui apa sih manfaat dari penggunaan lipstick bagi kaum perempuan ?

Seperti dilansir halosehat.com, manfaat lipstick bagi kaum perempuan diantaranya adalah untuk mempercantik diri, meningkatkan kepercayaan diri, menutupi dan menyamarkan luka dan juga kerusakan pada bibir, dan melembabkan bibir.

Selain itu, lipstick juga bermanfaat untuk mengkilapkan bibir, membuat wajah menjadi terlihat tidak pucat, dapat meningkatkan mood, dan juga bisa menjadi salah satu senjata untuk menarik lawan jenis loh.

Baca Juga:  Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks, IAD Kejati Papua Baksos di Tiga Tempat

Selain aspek manfaatnya, ternyata penggunaan lipstick yang keliru dan tidak tepat dalam pemilihan bahan dan kandungannya juga bisa berdampak buruk loh, mulai dari dampak negative yang bersifat ringan bahkan sampai yang berat dan merusak kesehatan, bahkan menjurus ke berbahaya.

Diantaranya, Kesatu, dapat menyebabkan bibir menjadi menghitam, hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan lipstick yang tidak tepat, dimana hal itu bisa terjadi karena pengendapan dari pigmen warna yang dimiliki oleh lipstik itu sendiri.

Lipstik yang terlalu sering digunakan, tanpa dibersihkan terlebih dahulu, akan menyebabkan pigmen warna dari lipstik menjadi mengendap, dan pada akhirnya akan menyebabkan bibir menjadi lebih hitam.

Untuk mencegah penghitaman pada bibir, selalu pastikan membersihkan lipstick dari bibir dengan benar setelah digunakan, gunakan warna lipstick yang tidak mudah mengendap, dan pastikan lipstick yang digunakan memiliki kandungan yang aman, dari merk dan tipe terpercaya, jadi jangan hanya melihat harganya yang murah saja.

Kedua, dampak buruk lainnya dari penggunaan lipstick yang tidak tepat adalah bisa menyebabkan alergi, hal itu disebabkan karena kandungan pigmen dan juga bahan kimia yang terkandung dalam lipstick yang digunakan, dimana kandungan dimaksud tidak dapat diterima oleh system kekebalan tubuh pengguna, dampaknya biasa bibir menjadi gatal, pecah – pecah, bahkan bisa terjadi pembengkakan.

Ketiga, kemungkinan pengguna lipstick terkena kanker, hal tersebut di mungkinkan apabila ada kandungan merkuri dalam lipstick yang digunakan, biasanya kandungan merkuri ini ada pada produk lipstick palsu dari merk tertentu, jadi jangan tergoda mau di bilang gunakan lipstick merk terkenal, padahal produk KW alias palsu, yang ternyata mengandung merkuri.

Untuk mencegahnya, pastikan belilah produk lipstick yang original dan berkualitas, jangan tergiur merk terkenal dengan harga murah, selalu tanyakan kandungan yang ada pada lipstick yang di beli, dan bila merasakan adanya perubahan atau tidak cocok dengan merk tertentu segera ganti lipstick anda.

Baca Juga:  Empat Tahun Hanya ‘Sepenggal’ Jalan Aspal Terbangun, Butuh Terobosan Berani Buka Isolasi Kabupaten Puncak

Selain kandungan merkuri yang perlu di waspadai, ada juga kandungan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan kita dan berpotensi menimbulkan penyakit kanker juga yakni methylparaben, bahan ini biasa terdapat juga pada beberapa merk lipstick terkenal, apalagi bila jumlahnya diluar ambang batas, maka bisa berbahaya tentunya.

Keempat, selain kanker, salah memilih dan menggunakan lipstick juga bisa menyebabkan gangguan reproduksi loh, khususnya pada ibu hamil, hal itu bisa terjadi bila lipstick yang digunakan mengandung bahan retinyl palmitate, selain penyebab kanker bahan ini juga bisa menimbulkan gangguan reproduksi pada kaum wanita, bahkan bagi ibu hamil yang menggunakan lipstick yang mengandung retinyl palmitate berpotensi membahayakan janin yang dikandungnya.

Kelima, dampak buruk lainnya dari penggunaan lipstick yang keliru adalah bibir mudah pecah – pecah dan juga kasar, hal tersebut bisa terjadi apabila terlalu sering menggunakan lipstick secara terus menerus apalagi tidak memperhatikan kandungan lipstick yang digunakan.

Jadi gunakanlah lipstick hanya pada waktu – waktu tertentu saja, tidak harus 24 jam anda mengoleskan lipstick di bibir Anda, karena biasanya saat ada kegiatan luar ruang barulah kaum perempuan menggunakan lipstick, sedangkan bila di rumah, waktu tidur atau istirahat, sekiranya memang tidak perlu, tidak harus menggunakan lipstick tentunya.

Kalau kita sudah mengetahui manfaat dan bahayanya lipstick, barulah kita akan mencari tahu apa saja sih tips – tips dalam memilih lipstick bagi perempuan yang memiliki bibir berwarna gelap, tentu saja selain enak di lihat harus aman, dan sehat tentunya.

Baca Juga:  Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?

Seperti dilansir cnnindonesia.com, ada beberapa tips dalam memilih lipstick bagi perempuan yang memiliki bibir lebih gelap, diantaranya adalah :

Warna Burgundy
Salah satu warna lipstik terbaik untuk bibir gelap adalah burgundy. Ini adalah cara terbaik untuk menyembunyikan pigmentasi pada bibir. Juga, lipstik berwarna burgundy dapat memberikan tampilan elegan pada bibir Anda.

Warna Merah
Apapun warna bibir Anda, lipstik merah akan selalu terlihat glamor. Lipstik merah akan membuat bibir lebih tebal dan indah. Lipstik dengan warna cold red cocok untuk pemilik bibir gelap.

Jangan Pilih Warna Pink
Untuk perempuan dengan bibir gelap, sebaiknya hindari memilih lipstik berwarna terang, seperti pink atau peach. Masalahnya, warna lipstik yang terang tidak akan bisa menutupi pigmentasi pada bibir. Namun, jika Anda tetap ingin mencobanya, sebaiknya gunakan concealer dan corrector sebagai dasar sebelum menggunakan lipstik.

Warna Merah Anggur
Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan lipstik warna merah anggur. Jangan berpikir bahwa lipstik gelap tidak akan sesuai dengan bibir gelap. Justru itu akan membantu menetralkan pigmentasi. Tidak ada salahnya mencoba warna baru.

Warna Nude
Nude adalah warna lipstik favorit perempuan, termasuk pemilik bibir gelap. Dengan warna ini, tampilan Anda akan tampak natural dan tidak berlebihan. Cocok digunakan untuk acara kasual.

Perhatikan Tekstur
Selain warna, tekstur lipstik juga memainkan peran penting. Untuk pemilik bibir gelap, sebaiknya pilih lipstik matte atau yang mengandung pelembap. Sebaiknya hindari lipstik yang mengilap atau glossy karena akan menonjolkan pigmentasi pada bibir.

Demikianlah beberapa informasi seputar manfaat, bahayanya lipstick dan tips bagi perempuan pemilik bibir berwarna lebih gelap, karena dengan pemilihan lipstick yang tepat tentunya selain manfaat tampilan yang di dapat, kesehatan perempuan juga tetap terjaga. (***)

Penulis            : Walhamri Wahid
Sumber           : berbagai sumber

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*