Pilgub Papua 2018, Ada Tiga Pendaftar, Dua Memenuhi Syarat, Satu Ditolak

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Hingga batas akhir pendaftaran Bakal Calon Gubernur – Wakil Gubernur Papua periode 2018 – 2023 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua semalam, ada tiga bakal pasangan calon yang mendaftar ke KPU.

“di detik-detik terakhir penutupan pendaftaran, sekitar pukul 23.05 WIT, pasangan Ones Pahabol – Petrus Mambay mendatangi KPU Papua untuk mendaftar, setelah pemeriksaan berkas pencalonan dan berkas calonnya ternyata tidak memenuhi syarat, sehingga kita menolak berkas pendaftarannya”, kata Adam Arisoi, Ketua KPU Provinsi Papua kepada wartawan di RSUD Dok II, Kamis (10/1/2018) siang.

Baca Juga:  Ini Trik Pertamina “Paksa” Rakyat Papua Pake’ BBM Non Subsidi

Menurut Adam Arisoy alasan penolakan oleh KPU adalah dikarenakan berkas dukungan yang di serahkan tidak memenuhi syarat batas minimal dukungan yang tidak mencapai 15% jumlah kursi di DPRP sebagaimana yang di persyaratkan.

“mereka hanya bawa dukungan dari PKPI yang hanya memiliki dua kursi di legislatif, ya itu tidak bisa lah, makanya kami tolak” kata Ketua KPU Papua.

Adam menambahkan, hingga penutupan pendaftaran pada pukul 24.00 WIT, Kamis, 10 Januari 2018 yang mendaftar ada tiga pasangan calon, namun sudah dipastikan yang memenuhi syarat hanya dua pasangan calon, yakni bakal pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal yang telah mendaftar pada Selasa, (9/1/2018) dan John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae yang mendaftar kemarin, Rabu (10/1/2018). (***)

Baca Juga:  Pemda Keerom Tunda Pembongkaran Bangunan Ponpes Ihya’ As- Sunnah di Keerom

Reporter         : Titie
Editor              : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*