KPU Papua Gandeng 50 Dokter Untuk Pastikan Calon Kepala Daerah dan Wakilnya Bukan ‘Orang Penyakitan’

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy dan Ketua Tim Dokter RSUD Dok II Jayapura yang bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Bakal Calon Gubernur – Wakil Gubernur dan Bupati – Wakil Bupati. (Foto : dok. Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Sedikitnya 50 orang dokter spesialis digandeng oleh KPU Provinsi Papua yang di libatkan dalam serangkaian tahapan pemeriksaan kesehatan bagi calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah baik di Pilgub Papua maupun di Pilkada beberapa kabupaten di Papua yang tengah berlangsung di RSUD Dok II sejak Kamis (11/1/2018) kemarin.

Dimana pemeriksaan kesehatan tersebut sebagaimana amanat UU yang teknisnya diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 231 Tahun 2017 yang bertujuan memastikan bahwasanya bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan berlaga pada Pilkada tahun ini benar – benar berada dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani, dan tidak mengidap suatu penyakit atau bukan orang penyakitan, sehingga bila terpilih nantinya benar – benar mampu menjalankan tugas sebagai pemimpin dan tidak di sibukkan dengan urusan berobat dan menghabiskan uang rakyat untuk membiayai pengobatan mereka saja.

Baca Juga:  Tahun Baru Harga Beras Naik, Ini Upaya Yang Dilakukan Pemerintah Untuk Stabilkan

“nanti yang kita terima dari Rumah Sakit (RS) adalah rekomendasi bahwa para calon ini sehat menurut standar kesehatan yang berlaku, dan nantinya mampu menjalankan tugas – tugas sebagai pemimpin daerah, dimana hasil pemeriksaan tim dokter nantinya akan kita umumkan ke public, agar diketahui oleh publik”, kata Adam Arisoy, Ketua KPU Provinsi Papua, Kamis (11/1/2018) di sela – sela memantau proses permiksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal.

Menurutnya hasil pemeriksaan Tim Dokter RSUD Dok II baru akan di umumkan seminggu ke depan, yakni tanggal 16 Januari 2018

“Jadi KPU hanya menerima rekomendasi saja, dimana isi rekoemndasi tersebut menyatakan bahwa calon tersebut memenuhi atau tidak memenuhi syarat sebagai calon untuk Pilkada 2018 dalam hal kesehatannya”, kata Ketua KPU Papua lagi.

Baca Juga:  Bupati Markum : Saya Tidak Mau Dengar Ada Rakyat Tidak Terlayani Berobat Dengan Alasan Tidak Ada Anggaran !

Sesuai jadwal yang di rencanakan sejak kemarin, Kamis (11/1/2018) bakal pasangan calon LUKMEN yang lebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan, dan rencananya hari ini, Jumat (12/1/2018) giliran bakal pasangan calon John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOHSUA) yang akan menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Calon Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Provinsi Papua Tahun 2018, dr. Samuel Maripadang Basso mengatakan, tahapan pemeriksaan kesehatan para calon Gubernur maupun Bupati yang ikut dalam Pilkada Serentak 2018 merupakan tahapan wajib sebagaimana peraturan KPU Nomor 231 tahun 2017.

Dimana pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, meliputi pemeriksaan kesehatan, psikologi, dan tes narkoba di BNN, yang bertujuan memastikan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang bersangkutan sehat secara jasmani dan rohani.

Baca Juga:  Empat Pelaku Ganja di Tangkap, Satu Pelaku dalam Pengejaran

“sedikitnya ada 14 item yang di periksa oleh Tim Dokter, dan untuk prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama, paling cepat 4 jam, jadi banyak sekali parameternya, dan ini memang harus dilakukan karena aturannya begitu, wajib”, kata dr. Samuel, Kamis (11/1/2018) di RSUD Dok II Jayapura.

Menurutnya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dimulai dengan wawancara, pemeriksaan darah, termasuk tes HIV, Hepatitis, THT, gigi mulut, jantung, penyakit dalam, paru, bedah ortopedim bedah dan lainnya.

“tim dokter yang dilibatkan ada sekitar 50 tim dokter ahli senior, untuk satu bagian pemeriksaan, misalnya bagian jantung ada 4 dokter, penyakit dalam juga 5 dokter, bedah juga demikian, dan hampir semua dokter ahli ikut dan memang sudah standarrnya harus dokter ahli senior”, kata dr. Samuel. (***)

Reporter         : Titie
Editor              : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*