Ini Daftar Nama 26 Bakal Paslon Yang Sudah Jalani Tes Kesehatan di Pilkada Serentak Papua 2018

(ki-ka) Tarwinto, Komisioner KPU Papua, Ketua KPU Papua Adam Arisoy, dan Komisioner Bawaslu Papua, Anugerah Pata, saat jumpa pers terkait selesainya tahapan pemeriksaan kesehatan untuk 1 provinsi dan 7 kabupaten pada Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Papua. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Hajatan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Provinsi Papua akan berlangsung di 1 provinsi dan 7 kabupaten, dimana hingga kini semua bakal pasangan calon telah menuntaskan tahapan pemeriksaan kesehatan yang di lakukan di RSUD Dok II Jayapura.

Dimana untuk Pilgub Papua, dua bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua yang akan berlaga, Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) dan John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOHSUA) dipastikan lolos dalam tahap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim Pemeriksa Kesehatan Calon Gubernur / Wakil Gubernur, Bupati / Wakil Bupati Pilkada Serentak Provinsi Papua Tahun 2018, setelah dilakukan penyerahan berkas hasil pemeriksaan kesehatan kepada KPU Papua, Kamis (18/1/2018) kemarin.

Sedangkan untuk bakal pasangan calon dari 7 kabupaten meski sudah di serahkan hasil pemeriksaan kesehatannya namun belum di umumkan oleh KPU Papua, karena nantinya akan diserahkan ke KPUD masing – masing untuk mengumumkan kepada publik di daerah pemilihan masing – masing.

Untuk bakal pasangan calon yang di usung lewat jalur partai politik, dipastikan lolos minimal syarat dukungan partai politik, sehingga bila lolos kesehatan dan verifikasi syarat pencalonan lainnya bisa di tetapkan sebagai Calon Bupati / Wakil Bupati.

Sedangkan sekitar 13 bakal pasangan calon yang maju lewat jalur perseorangan masih menunggu hasil hasil melengkapi syarat dukungan tambahan, apabila memenuhi syarat dukungan KTP dan telah lolos syarat pencalonana lainnya barulah bisa ditetapkan sebagai Calon Bupati / Wakil Bupati, akan tetapi bila syarat dukungan minimal KTP yang di tentukan tidak tercapai, bisa jadi batal sebagai Calon Bupati / Wakil Bupati.

Baca Juga:  Soal Saham Freeport, Pemerintah dan PT.FI Deal 51%, DPRP Minta Jatah Papua 15%

“Jadi kesimpulan dari hasil pemeriksaan Kesehatan oleh IDI, Psikostest dari HIMPSI dan tes narkoba, bahwa kedua pasangan calon, Lukas Enembe-Klemen Tinal dan John Wempi Wetipo-Habel Suwae dinyatakan sehat jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotik dan psikotropika,” kata  Komisioner KPU, Tarwinto usai membacakan hasil tes kesehatan bakal pasangan calon gubernur dan wakil Gubernur Pada Pilkada Papua 2018 di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Papua, Kamis (18/1/2018)

Pengumuman hasil tes kesehatan tersebut dilakukan secara transparan dengan disaksikan Ketua KPU, Adam Arisoi dan Komisioner Bawaslu Papua, Anugerah Patta.

Sebelum mengumumkan hasil tes tersebut, Tarwinto terlebih dahulu memperlihatkan berkas kesehatan yang tersegel rapi, baik dari BNN, Himpsi dan juga berkas dari tim kesehatan.

Anggota Bawaslu Papua, Anugerah Patta mengatakan  pemeriksaan kesehatan, BNN dan Psikotes dilakukan dengan pengawasan ketat, Bawaslu berharap  semua tahapan itu dilakukan sebagaimana SOP dari tiga lembaga yang dipercayakan oleh KPU, baik dari BNN, Himpsi dan IDI

“kita pastikan proses pemeriksaan kesehatan betul-betul sebagaimana SOP nya apalagi ini adalah syarat calon”, kata Anugerah Pata.

Selain berkas hasil pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon Gubernur / Wakil Gubernur, pada kesempatan yang sama juga diserahkan berkas hasil pemeriksaan kesehatan Bakal Calon Bupati / Wakil Bupati dari beberapa kabupaten lainnya yang menggelar Pilkada pada tahun 2018 ini.

Baca Juga:  Klemen Tinal Canangkan Regenerasi Total di DPD Golkar Papua

Diantaranya berkas 3 bakal pasangan calon Bupati/Wakil Kabupaten dari Biak Numfor yakni satu bakal pasangan calon dari jalur perseorangan atas nama Andreas Msen-Yustinus Noriwari,  sedangkan dua bakal pasangan calon lainnya lewat jalur partai politik, pasangan Nicodemus-Akmal Bachri (Demokrat, Nasdem, PAN, PKB, PPP, Gerindra) dan pasangan petahana Herry Ario Naap-Nehemia Wospakrik (Golkar, PDIP, Hanura dan PBB).

Sedangkan 7 (tujuh) Bakal Pasangan Calon Bupati/Wakil dari Kabupaten Mimika yang sudah menjalani tes kesehatan di RSUD Dok II Jayapura dan hasilnya sudah di tangan KPU papua adalah 6 (enam) bakal pasangan calon dari jalur perseorangan, yakni Hans Magal – Abdul Muis, Mus Pigai – Allo Raffra, Robertus Waropea – Albert Bolang, Petrus Yanwarin – Alpius Edowai, Philipus Wakerkwa – H Basri, Maria Florida Kotorok – Yustus Wai, sedangkan satu – satunya bakal pasangan calon yang lewat jalur partai politik adalah Eltinus Omaleng – Johannes Rettob.

Dari Kabupaten Mamberamo Tengah, ada dua bakal pasangan calon yang sudah jalani tes kesehatan yakni satu lewat jalur partai politik yakni Ham Pagawak – Yonas Kenelak yang memborong semua partai yang ada di DPRD Mamberamo Tengah dan satu bakal pasangan calon perseorangan, Ithaman Tago – Onny Bernie Pagawak.

Lima bakal pasangan calon lainnya dari Kabupaten Paniai yang telah menjalani tes kesehatan, tiga diantaranya melalui jalur perseorangan yakni Naftali Yogi – Marthen Mote, Yehuda Gobai – Yan Tebai, Yunus Gobai – Markus Boma, sedangkan dua lainnya melalui jalur partai politik. Meki Nawipa – Oktovianus Gobai (PKB dan Nasdem), Hengki Kayame – Yeheskiel Tenouye (PPP, PAN, PKPI, PBB, Demokrat, Gerindra, dan Golkar).

Baca Juga:  Bupati Markum Bertekad Jadikan Keerom Lumbung Pangan Kawasan Tabi dan Perbatasan RI- PNG

Dari Kabupaten Puncak, dua Bakal Pasangan Calon sudah menjalani tes kesehatan yang keduanya dari jalur partai politik yakni, Willem Wandik – Alus Murib, dan Repinus Telenggen – David Ongomang.

Empat Bakal Pasangan Calon dari Kabupaten Deiyai juga telah menjalani tes kesehatan di RSUD DOk II, dimana dua diantaranya dari jalur partai politik yakni Inarius Douw – Anakletus Doo di usung PPP, Nasdem, PKS, PDIP, PBB dan Demokrat, sedangkan bakal pasangan calon Dance Takimai – Robert Dawapa di usung Gerindra, PKPI, dan Partai Golkar.

Sedangkan dua bakal pasangan calon dari jalur perseorangan lainnya adalah Keni Ikomou – Abraham Tekege dan Ateng Edowai – Hengki Pigai, S.Pt, sedangkan dari Kabupaten Jayawijaya hanya ada satu Bakal Pasangan Calon yang telah mengjalani tes kesehatan yakni John R. Banua – Martin Yogobi.

“jadi hasil ini sudah kami terima, untuk selanjutnya dilakukan pleno dan disampaikan secara terbuka di website KPU,” kata Adam Arisoy, Ketua KPU Provinsi Papua, Rabu (17/1/2018) di kantor KPU Papua usai menerima berkas seluruh bakal pasangan calon yang telah menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan.

Ia menambahkan rencana pleno sendiri akan dilakukan setelah semua komisoner KPU berada di tempat, lantaran saat ini sebagaian besar para anggota KPU sedang melaksanakan tugas di luar daerah dalam rangka faktualisasi. (***)

Reporter         : Titie
Editor              : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*