Kemarin Dikukuhkan, Ini Lima Program Utama Tim 7 Jokowi Centre Papua

Pengukuhan Tim 7 Jokowi Center Provinsi Papua oleh Ketua Tim 7 Jokowi Center Pusat, Mulyono di Sekretariat mereka di Hamadi Angkatan Laut, Selasa (30/1/2019) kemarin. (Foto : faizal Narwawan/ Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA– Mengklaim dirinya sebagai mata dan telinga Presiden Jokowi di Papua, Tim 7 Jokowi Centre Provinsi Papua mengaku mempunyai Pekerjaan rumah (PR) besar untuk membantu merumuskan solusi mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kabupaten Asmat secara khusus dan persoalan – persoalan di Papua secara umum.

“kita sudah diskusikan salah satu penyebab KLB ini, yaitu kebutuhan akan air bersih yang masih sulit, ini program utama bagi Tim 7 Jokowi Center di Papua untuk berpikir solusi air bersih di Asmat dan daerah lainnya, ada lima program utama Tim 7 Jokowi Center yang telah kami sepakati, dan itu menjadi PR kami, untuk menjadi mata, telinga dari Presiden Jokowi untuk mengetahui lebih dekat dan bisa memberikan usul saran kepada Presiden untuk atasi masalah yang ada di Papua saat ini”, kata Mulyono, Ketua Tim 7 Jokowi Center Pusat usai mengukuhkan Tim 7 Jokowi Center Papua di Sekretariat Jokowi Center yang berlokasi di dekat pangkalan TNI-AL Hamadi, Kota Jayapura, Selasa (30/1/2018)

Baca Juga:  TROTOAR, BAHU JALAN, DAN HAK PEJALAN KAKI YANG TERAMPAS

Adapun 5 (lima) program utama Tim 7 Jokowi Center Papua adalah : Pertama,  memastikan ketersediaan air bersih di Papua untuk daerah-daerah yang rawan air bersih, Kedua, memastikan ketersediaan pangan murah dan bergizi sebagai bagian dari program nasional ketahanan pangan,

Ketiga, membangun kawasan industri dan kawasan pertanian juga peternakan yang terintegrasi dari program percepatan pembangunan infrastruktur, Keempat, mendirikan pusat-pusat  grosir sebagai pusat distribusi sembako yang murah dan terjangkau dalam rangka menunjang kebijakan nasional BBM satu harga di Papua

Kelima, program diverifikasi pangan dalam rangka mendukung program kebijakan Presiden tentang ketahanan pangan.

Mulyono juga membantah bahwa hadirnya Tim 7 Jokowi Center ini dikarenakan rendahnya kepercayaan pusat kepada Pemerintah Daerah baik provinsi ataupun kabupaten.

“Bukan, bukan berarti pak Jokowi tidak percaya sama Pemerintah Daerah, tapi kita hanya membantu dan mendeteksi apakah kebenaran sudah ada di lapangan jadi Pemprov dan pusat akan singkron untuk melihat ini”, tegas Mulyono.

Baca Juga:  Soal Dukungan PDI P dan Gerindra di Pilgub Papua 2018 Masih Misteri ?

Menurutnya kasus KLB Asmat merupakan pelajaran, yang artinya ada hal yang belum sampai ke tingkat pusat.

“Pusat belum tahu, yang di bawah tidak laporkan, kami yakin kejadian di Asmat bukan kejadian yang tiba-tiba tapi berproses, makanya kita harusnya lebih tahu duluan”, kata Mulyono.

Tim 7 Jokowi Center meyakini 5 sasaran program utama yang telah di rumuskan tersebut nantinya langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Kita sudah diskusikan salah satu penyebab KLB ini, yaitu kebutuhan akan air bersih yang masih sulit, ini program utama bagi Tim 7 Jokowi Center di Papua untuk berpikir solusi air bersih di Asmat,” kata Mulyono lagi.

Ketua Tim 7 Jokowi Center Papua, Daniel Gerden kepada awak media usai di kukuhkan juga menegaskan bahwa Tim 7 Jokowi Center Papua dibentuk untuk melihat hal-hal yang perlu didorong ke pusat.

“Tim ini hanya menghimpun persoalan yang perlu diselesaikan, jadi mungkin selama ini apa yang diusulkan Pemprov tidak sampai ke tingkat pusat, kami bisa mediasi itu, tapi tetap Pemrov dan pusat yang melaksanakan”, kata Daniel Gerden.

Baca Juga:  SD Inpres Tagaloa Puncak, Ruang Belajar Murid Digabung, Satu Guru Ngajar Tiga Kelas

Bersama Daniel Gerden selaku Ketua, kemarin juga di kukuhkan enam anggota lainnya diantaranya John Tabo, Hengki Jhoku, Agustinus Pangurian, Jamres Simanjuntak, Bani Susilo, dan Victor Abaidata.

Tim 7 Jokowi Center saat ini sedang dibentuk di beberapa provinsi seluruh Indonesia, hingga bulan Oktober 2018 ini ditargetkan telah terbentuk di 34 provinsi, sedangkan pengukuhan Tim 7 Jokowi Center Papua kemarin adalah pengukuhan yang pertama kali dari 34 provinsi lainnya yang dalam proses pembentukan.

Ketika ditanyakan apakah Tim 7 Jokowi Center ini di bentuk terkait dengan pelaksanaan agenda Pilgub Papua 2018 yang sudah di depan mata ataupun merupakan bagian dari tim Relawan Jokowi Center yang juga saat ini tengah dibentuk kepengurusannya di 29 kabupaten / kota yang ada di Provinsi Papua hingga di tingkat kecamatan, Mulyono membantah hal tersebut, menurutnya secara structural tidak ada kaitannya.

“Tim 7 Jokowi Center ini tidak ada kaitannya dengan agenda politik, baik di Pilgub Papua, maupun Pilpres dan juga bukan bagian struktural dari Relawan Jokowi Center”, kata Mulyono. (fnw/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*