Serahkan DPA 2018, Markum Ingatkan OPD Segera Bekerja

Plt. Bupati Keerom Muh. Markum, SH, MH, MM menyerahakan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) Tahun 2018 kepada sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Keerom. (Foto: Alfred/Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, KEEROM – Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) 2018 telah diserahkan oleh Plt. Bupati Keerom Muh. Markum, SH, MH, MM kepada 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Keerom. Penyerahan ini menandakan program kerja tahu 2018 sudah bisa dimulai.

Hal itu pula yang diingatkan oleh Plt. Bupati Keerom ketika memberikan sambutan dalam acara penyerahan DPA 2018 tersebut di aula Bupati Keerom Jumat (9/2). “OPD yang telah menerima DPA Tahun 2018 ini untuk segera mengambil langkah- langkah percepatan pelaksanaan kegiatan,” ujar Markum.

Baca Juga:  Lima Bulan Tidak Gajian, Empat Tahun SK PNS Tra’ Jelas, Puluhan CPNS K2 Kabupaten Keerom Demo

Pengusulan dan menetapkan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) dan bendahra penerimaan, pengeluaran dan barang, kata Markum, langkah awal yang harus dilakukan kepala OPD secepatnya. Begitu juga dengan penyiapan pelaksanaan tender pekerjaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Otsus agar pekerjaan bisa lebih cepat dimulai.

“Jangan sampai karena tidak siapkan perangkatnya dengan cepat membuat tender kita tahun ini terlambat lagi. Muara dari terlambatnya tender membuat pekerjaan dimulai juga terlambat, ini jangan sampai terjadi lagi,” papar Markum dengan tegas.

Sedangkan berkaitan dengan pelaporan pertanggungjawaban keuangan tahun anggaran 2017, Markum juga mengingatkan agar pimpinan OPD untuk memperhatikan hal tersebut. Terutama bagi OPD yang belum menyelesaikan pertanggungjawaban dan penyusunan laporan keuangan tahun 2017.

Baca Juga:  Yorys Raweyai Dicopot Dari Ketua Golkar Papua, Azis Samual Jadi Pelaksana Tugas ?

“Penyampaian pertanggungjawaban kepada BPK RI dimajukan dari sebelumnya tanggal 31 Maret menjadi 7 Maret 2018. Hal ini harus diperhatikan agar ketika penyampaian semua pelaporan sudah siap,” papar Markum mengingatkan bawahannya.

Sementara itu, dari penyerahan DPA 2018, baru 22 OPD yang menerima DPA, sedangkan sisanya masih menunggu proses penandatanganan oleh Tim TAPD.

“Dari 22 OPD yang menerima DPA yaitu, Kesbangpol, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perpusataan dan Kearsipan, Dinas b, Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Bappeda, Dinas Pengendalian Pendudukan dan KB, Sekertariat DPRD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Kependudukan dan Capil, Dinas Pariwisata, Distrik Arso, Distrik Arso Timur, Distrik Skanto, Waris, Senggi, Web, Towe, Arso Barat, Kesenar, Yaffi dan Manem,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Keerom Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM yang juga selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD).

Baca Juga:  Verifikasi Faktual KPU Papua, PKS dan Gerindra Memenuhi Syarat, PDI-P Terpending

Penulis: Alfred Kaempe
Editor  : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*