Verifikasi Keaslian Orang Papua Bakal Calon, MRP Bentuk Empat Tim Turun ke Kampung Halaman

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy saat menandatangani Berita Acara Penyerahan hasil verifikasi MRP, dengan di saksikan Wakil Ketua I MRP, Wakil Ketua II DPRP Edoardus Kaize (kiri) dan Ketua DPRP Yunus Wonda (kanan) Serta Komisioner KPU Papua lainnya, Izak Hikoyabi. (Foto : Faizal / Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Sesuai tenggat waktu yang diberikan oleh KPU Papua kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) selama lima hari, akhirnya kemarin, Senin (19/2/2018) MRP berhasil menuntaskan kewenangannya itu dan telah memberikan rekomendasi kepada para Bakal Calon untuk segera di tindak lanjuti oleh KPU Papua sesuai jadwal agar dapat melakukan tahapan penetapan bakal calon yang sempat tertunda seminggu dari jadwal sebelumnya, 12 Februari 2018.

“Setelah kembali dari KPU Papua pekan lalu, kami melakukan sidang pleno pada hari Sabtu kemarin,dan hasilnya kedua calon Pilgub semua memenuhi syarat sebagai orang asli Papua, dimana ada 4 tim yang kami bentuk yang turun ke kampung halaman masing – masing bakal calon”, kata Jimmi Mabel, Wakil Ketua MRP, Senin (19/2/2018).

Baca Juga:  Polres Merauke Ajari Anggota PMKRI Bijak Bersosmed

Menurut Wakil Ketua I MRP itu sesuai waktu 5 hari yang telah diberikan kepada MRP untuk melakukan verifikasi keaslian orang Papua, maka  MRP membentuk 4 tim untuk melakukan verifikasi keaslian orang Papua ke masing-masing daerah.

“untuk verifikasi Lukas Enembe tim ke Mamit, Tolikara, untuk Klemen Tinal tim verifikasi ke Timika, John Wempi Wetipo, tim sampai ke Wamena, sedangkan untuk Habel Melkias Suwae di Kampung Tablanusu”, kata Jimi Mabel.

Setelah molor sekitar satu minggu disebabkan belum adanya hasil verifikasi keaslian orang Papua dari MRP terhadap bakal calon yang sudah terdaftar, akhirnya berkas bakal pasangan calon resmi diserahkan ke KPU Provinsi Papua, Senin (19/2/2018) sekitar pukul 20/30 WIT.

Baca Juga:  DPRP Minta Kampus IPDN Buper di Evaluasi, Jangan Hanya Tampung Anaknya Bos – Bos dan Pejabat Saja

Ketua Pansus DPRP, Thomas Sondegau  menyatakan, data keaslian orang Papua untuk kedua pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) dan John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOHSUA) di pastikan tidak bermasalah.

“Intinya data yang diberikan oleh MRP kepada kami sudah tidak ada masalah. Kami ini hanya memfasilitasi proses yang dilakukan oleh MRP”, kata Sondegau.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi pun mengatakan dengan diterimanya berkas verifikasi keabsahan orang asli Papua dari MRP dan DPRP maka tahapan selanjutnya bisa berjalan sesuai dengan rencana.

“Besok (Selasa, 20/2/2018) sudah bisa dilakukan pleno penetapan calon dan pada selanjutnya pada Rabu (21/2/2018) akan dilakukan penarikan nomor urut,” katanya.

Ketua DPRP Yunus Wonda menambahkan dengan diserahkannya berkas verifikasi keabsahan orang asli Papua terhadap dua bakal calon gubernur dan wakil gubernur maka harapannya ketiga lembaga yaitu KPU Papua, DPRP dan MRP bisa menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Baca Juga:  Ini Alasan Ketua SPSI Papua Daftar Jadi Bacaleg PSI Untuk Pileg 2019

“Semoga proses selanjutnya dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan”, kata Yunus Wonda.

Menyoal masa kampanye, Adam Arisoy optimis semua dapat dilaksanakan sesuai rencana.

“Kami sudah bangun komunikasi dengan ke dua tim kampanye, nantinya ke dua paslon akan diberi waktu yang sama. Misalnya 3 hari paslon pertama kampanye di dapil 2 dan setelah itu pindah ke dapil 4, nah paslon ke dua yang sebelumnya di dapil 4 pindah ke dapil 3 atau 2 dengan jumlah hari yang sama dan pastinya tidak tabrakan,” jelas Adam soal teknis kampanye.

Sebelumnya, MRP secara resmi melakukan penyerahan dokumen persyaratan keaslian orang Papua Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua periode 2018-2023 kepada  DPRP.

Penyerahan dokumen tersebut dari Pansus MRP, Beni Sweny ke Ketua Pansus DPRP, Thomas Sondegau disaksiskan lansung oleh Ketua DPRP Yunus Wonda dan Wakil Ketua I MRP Jimi Mabel yang berlansung di ruang loby sidang DPRP, Senin (19/2/2018). (fnw/r1)

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*