Ini Tujuh Cabor Tambahan Usulan KONI Papua Untuk PON XX Tahun 2020

Rapat Koordinasi Terbatas di KONI Pusat terkait 7 cabang olahraga tambahan yang di usulkan oleh KONI Papua, PB PON dan Pemerintah Provinsi Papua. (Foto : Ist/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA—Komite Nasional Indonesia (KONI) Papua, PB PON dan Pemerintah Provinsi Papua mengusulakn 7 cabang olahraga (cabor) tambahan agar dapat di masukkan dalam caba ng olahraga yang akan di pertandingkan pada pelaksanaan PON XX Tahun 2020 yang direncanakan di Papua, dua tahun mendatang.

Terkait usulan tersebut, Senin (12/3/2018) kemarin dilakukan pembahasan dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) yang dipimpin langsung Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman didampingi Wakil Ketua KONI Mayjen TNI (Pur) Suwarno ruang rapat kantor KONI Jakarta.

Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman memberikan apresiasi atas usulan 7 Cabor tambahan KONI Papua yakni Muaythai, Rugby, Gateball, Woodball, Petanque, Tarung Derajat dan Dansa.

Baca Juga:  Debat Kandidat, LUKMEN Ngaku Punya Jurus Jitu Redam Disintegrasi, JOSUA Tawarkan Gaya Kepemimpinan Hadir Ditengah Rakyat

Dan berharap Pemerintah Provinsi Papua, KONI dan PB PON XX dapat segera menentukan venue-venue pertandingan dari Cabor tersebut sehingga pada pekan ketiga Maret atau tepatnya tanggal 20 Maret mendatang dapat dipantau langsung oleh tehnical delegate masing-masing Cabor.

“Saya minta KONI, PB PON dan Pemerintah Papua segera menentukan lokasi dan venue-venue pertandingan untuk Cabor PON karena tanggal 20 Maret, tehnical delegate akan turun memantau lokasi venue yang akan dilaksanakan di Papua. Apabila  ada masukan atau perubahan-perubahan secepatnya melakukan komunikasi dengan kami,”ungkap Suratman sebagaimana release yang diterima Lingkar Papua, Senin (12/3/2018) malam.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP,MKP berharap KONI Pusat dapat mengakomodir 7 Cabor tambahan dari KONI Papua yang akan ditetapkan pada Rapat Anggota (RAT) KONI April mendatang.

Baca Juga:  JWW Komitmen Kembangkan Dermaga Logpond Yahukimo Jadi Urat Nadi Ekonomi Kawasan Pegunungan Tengah

“Ini dari kita untuk kita, saya minta KONI Pusat terus mendampingi kami sebagai tuan rumah,” kata Sekda.

Sementara itu, Sekretaris PB PON Papua, DR.Yusuf Yambeyabdi,ST,MT mengatakan bahwa dalam waktu dua hari mendatang pihaknya akan menyerahkan data dan dokumen terkait venue dan fasilitas pendukung PON termasuk lokasi venue 7 Cabor tambahan.

Menurut Yambeyabdi, lokasi venue 7 Cabor tambahan direncanakan berada di Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, antara lain; Cabor Tarung Derajat di Biak, Rugby di Lapangan Bas Youwe Kabupaten Jayapura.

Sedangkan di Kota Jayapura terdiri dari Cabor Dansa di GOR Cenderawasih, Gateball dan Pentaque di Lapangan Universitas Cenderawasih dan Woodball di Lapangan Kodam XVII Cenderawasih.

Baca Juga:  Pulang Gereja Langsung ke TKP Untuk Tenangkan Warga, Kapolresta dan Ajudannya di Amuk Massa

Ditempat yang sama, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si mengatakan bahwa KONI Papua telah menyiapkan seluruh data dan dokumen terkait cabor-cabor dan nomor lomba yang akan dipertandingkan di PON XX termasuk 7 Cabor tambahan.

Kata Kenius, seluruh Cabor yang diusulkan telah mendapat dukungan dari Pemprov Papua.

“Pertemuan ini sangat penting makanya kita sudah siapkan data secara lengkap. Termasuk juga dukungan dari Pemprov Papua dalam dukungan pendanaan,”kata Kenius Kogoya.

Turut hadir dalam Rakor tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP,MKP, Sekretaris Pengurus Besar (PB) PON, DR. Yusuf Yambeyabdi,ST,MT, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si, Wakil Ketua KONI Papua, John Rouw Banua,SE, Anggota Binpres KONI Papua, Benny Maniani, Noach Baransano dan Humas KONI Papua, Javaris Sinambela dan Jules Rumabar. (***)

Penulis            : Titie
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*