Bupati Keerom: Saat Bencana, RAPI Lebih Cepat Tanggap Ketimbang SKPD

Bupati Keerom Muh. Markum, SH, MH, MM saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua RAPI Keerom Mashudi, SH, MMP dalam acara HUT RAPI Keerom yang pertama. (Foto: Alfred/Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, KEEROM—Kehadiran Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Keerom ternyata bukan sekedar sarana hobby ber say hello sesama warga, namun juga telah terbukti berperan serta dalam mendukung Pemerintah Daerah, khususnya dalam hal tanggap bencana, karena dari beberapa kasus bencana yang pernah terjadi di Kabupaten Keerom, RAPI di nilai bergerak lebih cepat dan lebih tanggap di lokasi bencana ketimbang SKPD di pemerintahan.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM saat acara peringatan HUT Ke- 1 RAPI Kabupaten Keerom yang di isi dengan kegiatan Touring Wisata ke Pantai Holtekamp, Sabtu (7/4/2018) kemarin.

Baca Juga:  Anggota TNI-AD Tidak Boleh “Main Politik”

“Saya berterima kasih kepada anggota RAPI. Beberapa kali ada bencana yang paling siap itu anggota RAPI,” ujar Bupati Keerom seusai memimpin touring wisata ke pantai Holtekamp sebagai bagian dari perayaan HUT RAPI Keerom.

Dari pengalaman, cerita Bupati dihadapan peserta touring wisata, ketika terjadi bencana alam para pimpinan SKPD ternyata belum melakukan tindakan apapun, namun masih belum menunggu perintah dari pimpinan daerah.

“Kenapa saya bilang begitu? Begitu saya  WhatsApp ASN atau group SKPD kondisinya meminta perintah dulu, minta arahan pimpinan dulu tapi RAPI sudah ada ditempat sebelum dinas saya ada di tempat kejadian,” tutur Bupati Keerom.

Sementara untuk kegiatan touring wisata yang dilakukan, kata Markum, bertujuan mengajak masyarakat untuk melakukan aktifitas positif dan menghindari miras maupun narkoba. Sehingga kedepannya seluruh masyarakat akan mengisi waktunya dengan kegiatan yang lebih berguna.

Baca Juga:  Jhon Tabo : Saya Tersandera Kasus Sebelas Tahun Lalu Yang Sudah Selesai !

Sedangkan Ketua RAPI Keerom, Mashudi, SH, MMP mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas perhatian dan kerjasama Pemerintah Kabupaten Keerom selama ini. Dan berharap RAPI Keerom mampu berkontribusi lebih baik dalam pembangunan.

“Diumur yang masih sangat muda ini saya berharap kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang sudah ada. Dan terus menyalurkan informasi yang akurat dan cepat,” ujar Mashudi.

Saat ini RAPI Keerom diakui Mashudi masih mengalami beberapa kendala lapangan yang memang harus diselesaikan, terutama dalam jumlah antena repiter link yang masih kurang.

“Tapi syukur ada bantuan dari Dinas Kominfo kepada RAPI Keerom untuk dua antena repiter link yang akan kita pasangan di Senggi dan Skanto,” kata Mashudi. (***)

Baca Juga:  Invisible Hand (Pro Justicia) : Upaya Menjatuhkan Gubernur Papua

Reporter         : Alfred Kaempe
Editor                         : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*