Ini Dia 7 Profesi Paling Dicari di Indoneesia, Tertarik Melamar ?

ilustrasi

LINGKARPAPUA.COM, INSPIRASI– Mampu menyelesaikan pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi nyatanya tidak dapat menjamin seseorang untuk mudah mendapatkan pekerjaan. Kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia dianggap menjadi salah satu penyebab tingginya angka pengangguran.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, seperti dilansir liputan6.com, pada Agustus tahun 2017, terdapat 7,04 juta orang yang tidak memiliki pekerjaan.

Seperti kata pepatah yang mengatakan Banyak jalan menuju Roma, bagi yang belum mendapatkan pekerjaan saat ini tak perlu khawatir. Kesempatan untuk bekerja dan berkarya masih tetap terbuka.

Ada beberapa profesi yang paling dicari di Tanah Air saat ini, tertarik melamar?. Berikut beberapa pekerjaan yang mungkin patut Anda coba yang dikutip dari laman liputan6.com:

Arkeolog
Kekayaan alam dan budaya membuat Indonesia banyak terdapat temuan-temuan arkeologi. Profesi arkeolog pun dinilai sangat dibutuhkan. Apalagi profesi bukanlah profesi yang tenar dikalangan masayrakat luas. Profesi arkeolog di Tanai Air masih didominasi oleh pekerja asing. Mahasiswa lulusan arkeolog memiliki kesempatan besar untuk berkarya di bidang ini.

Baca Juga:  Kenali Tubuhmu, Pilih Busanamu

Ahli Media Sosial
Kebutuhan masyarakat akan media sosial sangat tinggi, terutama  dalam urusan bisnis. Jejarih sosial dibutuhkan utuk menghubungkan pelaku bisnis dengan para pelanngannya, atau bisa juga sebagai media untuk mempromosikan produk yang dijualnya.

Bagi yang menguasai dunia digital, profesi ini sangat dibutuhkan perusahaan yang bergelut dalam bisnis online. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui apa yang tengah digandrungi kalangan tertentu belakangan ini.

Ahli Konstruksi
Program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan infrastruktur membuat profesi yang satu ini menjadi incaran perusahaan konstruksi. Apalagi, dalam membangun infrastruktur dibutuhkan waktu yang cukup panjang dan berkelanjutan. Dengan begitu, profesi di bidang konstruksi  akan selalu dibutuhkan.

Baca Juga:  Waspadai Ransomware, Besok Jangan Langsung Nyalakan Komputer

Namun dibutuhkan skill khusus untuk menjadi seorang ahli konstruksi. Lulusan tekik sipil memiliki potensi besar utuk mengisi pekerjaan ini.

Auditor
Dalam menjalankan sebuah perusahaan dibutuhkan auditor untuk mengatur neraca keuangan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan semestinya.

Auditor bertugas mengecek pengeluaran dan pemasukan, khususnya pengeluaran yang janggal atau tidak perlu. Profesi ini juga sangat dibutuhkan dalam pemerintah untuk mengendus potensi korupsi. Mahasiswa akuntasi bisa mengisi kebutuhan akan profesi ini.

Ahli Analis Data
Di era yang serba digital, informasi data sangat dibutuhkan perusahaan untuk kepentingan bisnis. Profesi analisis data pun akan sangat diperlukan dalam mengolah data perusahaan. Analis data bertanggung jawab dalam mencari, verifikasi, dan memanfaatkan data informasi sesuai dengan kebutuhan.

Ahli Perkapalan
Sebagai negara maritim, industri perkapalan menjadi salah satu idustri yang akan terus tumbuh dan berkembang. Didorong juga dengan program pemerintah di bidang maritim, ahli perkapalan akan sangat dibutuhkan saat ini hingga masa depan.

Baca Juga:  Sudah Dua Hari Jaringan Internet Telkomsel di Kota Jayapura dan Sekitarnya Lumpuh Total

Tak hanya di bidang perkapalan saja, profesi ini juga sangat dibutuhkan untuk pekerjaan minyak dan gas bumi di lepas pantai. Mahasiswa yang mengambil jurusan teknik perkapalan tentunya berpotensi besar untuk bisa mengisi profesi tersebut.

Air Traffic Controller (ATC)
Perkembangan industri penerbangan di Indonesia yang sangat pesat membuat profesi air traffic controller (ATC) tak dapat dipandang sebelah mata. Bermunculannya maskapai-maskapai baru, membuat peran profesi pengatur lalu lintas pesawat di bandara ini menjadi sangat vital.  Namun, untuk menjadi serang ahli pegatur lalu litas pesawat, Anda diharuska mengikuti pendidikan khusus.

Bagaimana, sudah siap mencoba salah satu dari ketujuh profesi diatas?  (***)

Penulis            : Narada Putra
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*