Prabowo Deklarasi Capres, Tiga Partai Ini Berebut Sodorkan Cawapres

Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra. (Foto : merdeka.com)

LINGKARPAPUA.COM, JAKARTA– Setelah tertunda beberapa kali, Ketum Gerindra, Prabowo Subianto akhirnya mendeklarasikan diri menjadi Capres pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Pendeklarasian tersebut dilakukan Prabowo dalam Rakornas Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018).

Namun saat mendeklarasikan diri, Prabowo belum menyebut calon pedampingnya di Pilpres nanti. Nama-nama cawapres pun masih menjadi teka-teki. Nama Gatot Nurmanto dan Anies Baswedan masih menjadi paling santer disebut akan menjadi pendamping prabowo. Bahkan Anies terlihat hadir dalam pendeklarasian Prabowo beberapa hari yang lalu.

Dilansir dari laman merdeka.com, partai Gerindra meyerahkan kepada Prabowo untuk memilih siapa yang akan menjadi Cawapres. Dengan begitu, Gerindra tidak akan melakukan penjaringan utuk mencari pendamping mantan Danjen Kopassus itu. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Juliantono.

Baca Juga:  Dugaan Sementara Bukan Kitab Suci, Tapi Buku – Buku Tentang Agama Yang Tidak Sengaja Dibakar Oknum TNI di Jayapura

“Mungkin kalau Cawapres tidak pakai penjaringan lagi lah, karena kan sebenernya stoknya relatif sedikit. Mereka yang berasal dari luar partai dan mereka yang berasal dari parpol,” kata Ferry di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4) dikutip dari merdeka.com.

Meski tidak melakukan seleksi secara khusus, menurut Ferry ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi bagi cawapres Prabowo. Hal utama yang perlu diperhatikan para calon pendamping Prabowo adalah memiliki kesamaan ideologi.

Jadi pertama adalah pasti kriteria yang dibutuhkan Cawapres adalah yang sepemikiran segaris se ideologi dengan Pak Prabowo dan berikutnya baru pertimbangan pertimbangan kriteria yang melengkapi,” jelas Ferry.

Selain dua nama Anies dan Gatot, ada beberapa namu yang juga berpeluang dijagokan sebagai cawapres. Seperti yang diberitakan sebelumnya, partai PKS sudah menyiapkan 9 nama kadernya untuk maju menjadi cawapres. Dilansir dari lama detik.com juga, selain PKS, menurut Ferry partai lain yang  siap menyodorkan kadernya adalah partai PAN.

Baca Juga:  Sepuluh Kepala Suku di Yahukimo Ikrar ‘Ikat Suara’ 100 % Untuk JOSUA

“Yang dari parpol ada nama Pak Sohibul Iman plus beberapa nama yang sudah ditetapkan secara internal oleh PKS. Atau kemudian PAN ada nama Pak Zulkifli dan kemudian nama-nama di luar partai ada nama Pak Gatot dan Pak Anies yang tadi juga hadir,” kata Ferry, dikutip laman detik.com.

Bahkan partai Bulan Bintang (PBB) tak mau ketinggalan mengajukan kadernya, tak tanggung-tanggung PBB menyodorkan Yusril Ihza Mahendra menjadi cawapres. Melansir laman detik.com, Ketua Bidang Pemenangan Presiden PBB, Sukmo Harsono mengatakan usulan Yusril sebagai merupakan dukungan para ulama di Jawa.

“Kami siap memaparkan dukungan riil dari para ulama dan pondok se-Jawa jika Yusril dipilih jadi bakal wapresnya,” kata Sukmo Harsono dikutip dari laman detik.com.

Baca Juga:  Keerom Tetap WDP, Bupati Janji Lakukan Perbaikan, Ketua DPRD Minta Inspektorat Tegas dan TAPD Tidak Toleransi Penyimpangan

Namun penyodoran Yusril utuk menjadi Cawapres Prabowo cukup mengejutkan. Pasalnya pada Maret lalu Sekjen PBB, Afriansyah pernah menyampaikan rencananya mengusung Yusril menjadi Cawapres Jokowi seperti dilansir dari laman mediaindonesia.com.

“Mungkin bisa saja kita sodorkan beliau sebagai wakil, bisa saja jadi wakilnya Pak Jokowi, bisa saja. Tidak tertutup kemungkinan,” sebut Afriansyah dikutip dari mediaindonesia.com. (***)

Penulis            : Narada Putra
Editor              : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*