Di Mappi, Kepala Suku Minta Bade Jadi Kabupaten, LUKMEN Janji Buat Program Gerbang Mas Khusus

Calon Gubernur Papua nomor urut 1, Lukas Enembe, SIP, MH ketika menyambangi salah satu pasar di Keppi, ibukota Kabupaten Mappi. (Foto : dok. Timses LUKMEN)

LINGKARPAPUA.COM, MAPPI— Calon Gubernur Papua nomor urut 1, Lukas Enembe, SIP, MH berjanji sesuai dengan visi misinya, Papua Bangkit, Mandiri, Sejahtera yang Berkeadilan, maka bila ia dan Klemen Tinal terpilih kembali di periode kedua sebagai Gubernur – Wakil Gubernur, maka mereka akan berupaya menekankan pembangunan yang berkeadilan, termasuk bagi warga masyarakat Papua yang bermukim di kawasan selatan Provinsi Papua meliputi Merauke, Boven Digoel, Mappi, Asmat, Timika dan sekitarnya.

Sebagaimana release dari Timses LUKMEN yang diterima Lingkar Papua, saat berkampanye di Bade, Kabupaten Mappi, Lukas Enembe menegaskan akan membuat program Gerbang Mas khusus bagi masyarakat Mappi, khususnya di Bade sehingga makna dari kemandirian dan kesejahteraan yang berkeadilan bisa benar – benar lebih di rasakan oleh masyarakat di kawasan selatan Papua.

Hal itu ditegaskan Lukas Enembe menjawab aspirasi dari Pelipus Haimohoi, Kepala Suku Besar Suku Awiu Muara Digul yang menyampaikan aspirasi kerinduan masyarakat agar Bade di mekarkan jadi Kabupaten sendiri.

Kepala Suku Besar Suku Awiu Muara Digul, Pelipus Haimohoi dalam kesempatan tatap muka dengan Lukas Enembe mengakui, Gubernur Lukas Enembe sudah membuat pendidikan, kesehatan, ekonomi di wilayah selatan terutama mereka di suku Awiu.

“Kami masyarakat suku Awiu dari kali Iya, Bamgi, Edra, sampai di Tanah Merah dan Asmat sudah merasakan hasil pembangunan selama 5 tahun ini, Gubernur Papua hanya Lukas Enembe, untuk itu kami berharap daerah ini nantinya bisa dimekarkan menjadi daerah otonom baru, agar pelayanan dan pembangunan itu bisa lebih kami rasakan”, kata Pelipus Haimohoi semangat dalam relase Timses LUKMEN yang diterima Lingkar Papua.

Baca Juga:  Islam "Mendukung" Papua Merdeka ???

Dalam kesempatan pertemuan tatap muka bersama masyarakat di Bade, Lukas Enembe mengatakan akan memberi keadilan kepada masyarakat di Papua. Itupun termuat dalam visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur periode ke dua ini, bersama Klemen Tinal mengusung “Papua Bangkit Mandiri, Sejahtera yang Berkeadilan.”

“Kalau periode pertama sebagai Gubernur, LUKMEN telah berhasil membuat rakyat Papua Bangkit, yakni bangkit dari kemiskinan, ketertinggalan dan lainnya, setelah bangkit, maka rakyat Papua kini menjadi mandiri”, kata Lukas Enembe lagi.

Ia menjelaskan, mandiri untuk mengelola hasil alam Papua untuk menuju kesejahteraan, untuk visi dan misi di periode kedua ini, bersama Klemen Tinal kembali mengusung “Papua Bangkit, Mandiri, Sejahtera yang Berkeadilan.”

Menurut Lukas Enembe, masyarakat di Mappi, lebih khusus di Distrik Bade harus mendapat keadilan dalam segala bentuk pembangunan dan kesejahteraan.

“Untuk itu, kepemimpinan Gubernur di periode 2018-2023, saya akan melaksanakan Program Gerbang Emas khusus di Distrik Bade,” jelasnya.

Kampanye pasangan calon Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) di wilayah Selatan Papua tepatnya di Kabupaten Mappi dan Muara Digoel, Bade disambut dalam prosesi adat masyarakat setempat.

Baca Juga:  Tiga Belas Tahun Disclaimer, Akhirnya Keerom Dapat Opini WDP Dari BPK

Sambutan hangat masyarakat di dua tempat berbeda ini, sebagai pertanda kerinduan mereka akan sosok pemimpin Papua, Lukas Enembe – Klemen Tinal yang diharapkan kembali melanjutkan pembangunan dan menyelesaikan tugasnya di periode selanjutnya.

Rombongan LUKMEN yang sebelumnya menggelar kampanye di Kota Rusa, Merauke tiba di Bandar Udara Kepi, Kabupaten Mappi, Kamis (12/4/2018) sekitar pukul 11.06 WIT.

Sebagai anak adat, Lukas Enembe yang setia didampingi istri, Yulce Enembe di sambut sukacita dengan tarian adat Bumi Seribu Sungai.

Sebagaimana dilaporkan Timses LUKMEN melalui releasenya, iring-iringan masyarakat pendukung dan simpatisan LUKMEN Jilid II menghantar rombongan LUKMEN blusukan ke Pasar Keppi, dan kembali mendapat sambutan luar biasa dari ratusan pedagang mama – mama Papua.

Lukas Enembe mengelilingi los pasar dan sesekali berbincang dengan pedagang dan mendengar langsung aspirasi pada pedagang.

“Terima kasih Bapak Gubernur sudah datang lihat kami di Mappi. Kami jual hasil kebun apa adanya, kami tidak punya modal karena Pemerintah Kabupaten Mappi belum memperhatikan kami para penjual local”, kata beberapa pedagang Papua sekaligus meminta agar Pemerintah Provinsi dapat menyikapi dan memberikan perhatian kepada mereka.

“Saya sudah mengalokasikan dana 80% ke kabupaten/kota termasuk ke Kabupaten Mappi, tujuannya adalah untuk menjawab kepentingan rakyat di daerah ini, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten harus mendengar dan menjawab keluhan – keluhan seperti ini”, kata Lukas Enembe memberikan pemahaman kepada pedagang mama – mama Papua yang mengeluh.

Baca Juga:  Soal Saham Freeport, Pemerintah dan PT.FI Deal 51%, DPRP Minta Jatah Papua 15%

Lukas Enembe juga menyampaikan keberhasilan yang sudah dicapai di periode kepempinanan sebelumnya, dimana pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di sektor – sektor lainnya di kawasan selatan Papua berkembang pesat.

“Mari sama – sama melanjutkan pembangunan yang ada di Mappi ini, beri kepercayaan kepada LUKMEN melanjutkan pembangunan yang telah ada ini, jangan percaya dengan janji – janji orang, karena janji itu belum tentu ditepati apalagi dilaksanakan, pilih yang sudah terbukti membangun Papua selama lima tahun ini”, kata Lukas Enembe kepada para pedagang di Pasar Keppi.

Blusukan LUKMEN di Pasar Keppi dilanjukan ke Muara Digul, tiba di Bandar Udara Bade, masyarakat di Bade juga sambut kedatangan LUKMEN dengan tarian adat suku Awui yang diketahui merupakan salah satu suku terbesar di wilayah selatan Papua.

Dalam kesempatan pertemuan tatap muka bersama masyarakat di Bade, Lukas Enembe mengatakan akan memberi keadilan kepada masyarakat di Papua. Itupun termuat dalam visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur periode ke dua ini, bersama Klemen Tinal mengusung “Papua Bangkit Mandiri, Sejahtera yang Berkeadilan.”

“Kalau periode pertama sebagai Gubernur, LUKMEN telah berhasil membuat rakyat Papua Bangkit, yakni bangkit dari kemiskinan, ketertinggalan dan lainnya, setelah bangkit, maka rakyat Papua kini menjadi mandiri”, kata Lukas Enembe.

Ia menjelaskan, mandiri untuk mengelola hasil alam Papua untuk menuju kesejahteraan, untuk visi dan misi di periode kedua ini, bersama Klemen Tinal kembali mengusung “Papua Bangkit, Mandiri, Sejahtera yang Berkeadilan.” (***)

Penulis           : Titie
Editor             : Walhamri Wahid
Sumber          : Release Timses LUKMEN

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*