6 Daerah Ini Dapat Kucuran Dana 2,5 Triliun Untuk Bangun Kawasan Perbatasannya !

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo. (Foto : ist/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, MERAUKE— Dari Rp. 21,95 triliun yang di alokasikan pemerintah pusat melalui 27 Kementerian / Lembaga untuk pembangunan kawasan perbatasan di 13 provinsi dan 41 kabupaten / kota di Indonesia, Provinsi Papua kebagian alokasi dana sekitar 2,5 Triliun yang di bagikan kepada 6 kabupaten / kota yang lokasinya berbatasan langsung dengan negara tetangga Indonesia.

Sebelumnya, Menkopolhukam Wiranto selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Senin (16/4/2018) petang di kantor Bupati Merauke, telah mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbang Dutas)

Dalam pencanangan pembangunan perbatasan tersebut, 27 Kementerian Lembaga (KL) dilaporkan mengucurkan anggaran senilai Rp. 21,95 Triliun.

Baca Juga:  PETAKA MENIT KEDUA DI STADION ANDI MATALATTA

Dana sebesar itu, akan dipergunakan membiayai keperluan pembangunan wilayah perbatasan di 13 provinsi dan 41 kabupaten/kota, yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Sementara Provinsi Papua, dijatahi Rp 2,5 Triliun untuk membiayai pembangunan wilayah perbatasan di enam kabupaten dan kota dengan perincian, Kabupaten Merauke sekitar Rp 645 Miliar, Boven Digoel Rp 167 Miliar, Pegunungan Bintang Rp 298 Miliar, Keerom Rp 122 Miliar, Supiori Rp 75 Miliar dan Kota Jayapura Rp 107 Miliar.

Untuk itu Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo meminta para Kepala Daerah yang mendapat support dari pusat untuk pembangunan kawasan perbatasan harus serius dan benar – benar mendorong percepatan pembangunan di kawasan perbatasan masing – masing.

Baca Juga:  Wabup dan Kepala OPD Sayangkan Aksi Mogok Empat Dokter di RSUD Kwaingga Keerom

“saya berharap melalui pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (GerbangDutas) ini, dapat mempercepat tercapainya upaya merubah kawasan perbatasan dari beranda belakang menjadi terdepan, dan diharapkan ini juga mendapat perhatian dari semua Kepala Daerah di Papua”, kata Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo di sela – sela kegiatan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) di Kantor Bupati Merauke, Senin (16/4/2018) kemarin.

Terhadap terpilihnya Papua sebagai tuan rumah pencanangan Gebangdutas ke-4 Tahun 2018, mendapat apresiasi penuh Penjabat Gubernur terkhususnya kebijakan Presiden Joko Widodo yang telah memberikan perhatian serius terhadap pembangunan kawasan perbatasan di Papua, dimana sebelumnya telah membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang megah di Kota Jayapura, yang kini jadi kebanggaan masyarakat.

Baca Juga:  Sudah Daftar di Tiga Partai, Kamaniel Kiwak Semangat dan Harapan Baru Mimika

“pemerintah juga memberikan apresiasi kepada pihak TNI/Polri serta petugas karantina, imigrasi dan bea cukai sebagai unsur layanan lintas batas, yang telah bersama-sama menjaga pintu depan negara kita,” kata Soedarmo. (***)

Reporter              : Titie
Editor                   : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*