Mencari Bacaleg Berintegritas, DPD PSI Kota Jayapura Gandeng Tim Juri Independen

Proses penjurian bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang akan di usung oleh DPD PSI Kota Jayapura pada Pileg 2019 mendatang yang dilakukan oleh tim juri independen kemarin. (Foto : dok. DPD PSI Kota)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA – Demi mendapatkan bakal calon legislative (bacaleg) yang memiliki integritas dan kapasitas yang baik yang akan berkancah di Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif tahun depan di Kota Jayapura, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia Kota Jayapura menggelar seleksi terbuka bakal caleg dengan mengambil tim juri yang independen.

Ketua DPD PSI Kota Jayapura, Danial, S.Kom mengungkapkan seleksi berupa tes wawancara yang dilakukan sejak Sabtu, (14/4/2018) merupakan salah satu tahapan dalam menyeleksi seluruh bakal caleg yang telah mendaftar.

Baca Juga:  Kenapa Fraksi Keadilan Nasional DPRP Usulkan Bentuk Pansus 13.000 Rumah Layak Huni ?

Penggunaan tim juri yang berasal dari luar partai, tutur Danial merupakan komitmen PSI dalam membangun kepercayaan publik yang dimulai dari perekrutan secara terbuka dan independen bakal caleg. Sehingga publik dapat melihat bahwa PSI sebagai partai baru menerapkan sisitem keterbukaan, kejujuran dan menginginkan perubahan dalam perpolitikan Indonesia.

“Tim juri memang diambil dari luar partai kami dan diisi oleh orang-orang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Dijamin tim juri ini tanpa intervensi dari kami maupun kelompok manapun. Jadi dalam penilaian diserahkan sepenuhnya kepada hasil tim juri,” papar Danial kepada Lingkar Papua, Senin (16/4/2018) disalah satu cafe di Kota Jayapura.

Seleksi wawancara yang dilakukan selama dua hari itu, kata Danial, ditangani langsung oleh tim juri yang diisi oleh Drs. Marthen Timisela, M, S.i yang telah terkenal dengan penelitian-penelitian sosial ekonomi di Provinsi Papua, lalu ada juga Fientjie Salomina Jarangga seorang aktifis HAM dan Perempuan, yang saat ini aktif juga sebagai Ketua Yayasan KIPRA dan yang terakhir Yakoba Womsiwor, M.Si seorang akademisi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Cenderawasih.

Baca Juga:  Tiga Kali Jabat Kapolda, Ini 10 Kejahatan Menonjol Yang Dihadapi Waterpauw di Poldasu

“Dilihat dari bagkround para panelis juri ini kami yakin bakal caleg akan tersaring dengan optimal, sehingga tujuan kami mendapatkan caleg yang berkualitas dan benar-benar punya hati bekerja untuk rakyat dan yang utama tidak korupsi akan terwujud,” kata Danial, S.Kom, Ketua DPD PSI Kota Jayapura.

Sementara itu, Baharudin, Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bapilu) DPD PSI Kota Jayapura menyebutkan sebanyak 28 peserta mengikuti tes wawancar yang digelar disalah satu hotel di Kota Jayapura tersebut.

“Yang mendaftar itu ada 32 bakal caleg, tapi karena kesibukan dan lain-lainnya yang mengikuti tes hanya 28 peserta. Tahapan ini diawali dengan seleksi berkas yang sudah dilakukan dan yang tes wawancara ini tahapan kedua dan nanti ada tahapan ketiga seleksi evaluasi sosialisasi,” beber Baharudin. (***)

Baca Juga:  LP3BH Sebut Nama Gubernur Bali Saat Ini Terkait Kasus Teluk Wondama Berdarah

Reporter         : Alfred Kaempe
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*