Konflik Pegubin, Bila Masih Ada Pemalangan Fasilitas Umum, Gubernur Akan Tindak Tegas !

Soedarmo, Penjabat Gubernur Papua. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA—Pemerintah Provinsi Papua akan mengambil tindakan tegas jika massa pendemo yang memalang sejumlah fasilitas umum di Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang tidak menghentikan aksi mereka, karena tindakan tersebut jelas – jelas melanggar hukum dan menghambatnya proses pemerintahan di daerah tersebut.

“Siapapun yang menghambat jalannya roda pemerintahan, Pemerintah Provinsi akan ambil tindakan tegas,” kata Soedarmo, Penjabat Gubernur Papua kepada wartawan usai Apel pagi lingkup Pemprov Papua, Senin ((14/5/2018).

Menurutnya apabila massa pendemo tidak senang dengan kebijakan Bupati, maka itu urusannya dengan Bupati saja, dan jangan sampai fasilitas umum yang jadi sasaran.

Baca Juga:  Kapolda Papua Minta di Doakan Uztad Al Payage

Pemerintah Provinsi Papua menurut Penjabat Gubernur sudah melakukan komunikasi dengan masyarakat, telah menerima aspirasi, baik dari perorangan maupun kelompok yang merasa tidak puas dengan kebijakan Bupati, bahkan bertemu langsung dengan mereka.

“Artinya saya sudah sangat komunikatif sebagai Penjabat Gubernur termasuk dari Forkompimda, kita minta itu dihargai,” tandasnya.

Soedarmo juga menegaskan bahwa soal penetapan, pencabutan atau mengganti Kepala Daerah ada aturan dan mekanismenya, tidak bisa sembarangan, karena ini negara hukum, jadi tidak bisa seorang Bupati begitu saja bisa dicopot kemudian diganti hanya karena tekanan demontrasi dan pemalangan.

“Nggak bisa itu dilaksanakan, makanya saya minta kalau mereka masih berbuat seperti itu, saya juga akan bertindak tegas,” tegas Penjabat Gubernur Papua.

Baca Juga:  Kasus Postingan Facebook, Polda Papua Tunda Gelar Perkara

Bahkan mantan Penjabat Gubernur Aceh tersebut sudah kehilangan kesabaran. ia menilai apa yang dilakukan masyarakat di Pegunungan Bintang sudah sangat mengganggu pelayanan publik.

“Saya sudah kirim tim ke Pegunungan Bintang, pemerintah ini sudah sangat komunikatif, jadi jangan karena kepentingan mereka, roda pemerintahan tidak jalan”, tegas Soedarmo.

Intinya, kata Seodarmo, pemerintah tetap menindak lanjuti keluhan masyarakat, dan itu perlu waktu karena ada tahapan dan prosesnya.

“Pengaduan masyarakat tetap kita laksanakan, namun kita berharap mereka mengerti, sebab untuk proses hukum itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun perlu waktu,” tandasnya.

Disinggung mengenai kondisi di Kabupaten Pegunungan Bintang saat ini, dirinya mengaku, situasi dan kondisinya saat ini sudah kondusif.

Baca Juga:  Dalam Sebulan 23 Anak Tewas Akibat Gizi Buruk di Pegunungan Bintang ?

“Mulai kemarin juga sudah kondusif, tetapi kita harap kepada seluruh pimpinan kelompok yang melakukan demo untuk tidak melakukan pemalangan terhadap fasilitas umum misalnya di bandara, rumah sakit, ini merupakan kepentingan masyarakat”, katanya lagi. (***)

Reporter         : Titie
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*