Raih Penghargaan Sebagai Bank Pelayanan Terbaik, Ini Prestasi Muamalat Setahun Terakhir

LINGKARPAPUA.COM, KEUANGAN— Untuk kesekian kalinya PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk meraih penghargaan dalam dunia perbankan, kali ini sebagai Engagement Award dalam acara Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2018 yang diselenggarakan oleh Infobank.

Prestasi ini menjadi bukti konsistensi Bank Muamalat dalam menjaga kualitas pelayanan pada nasabah.

Seperti di lansir Republika.co.id, Kamis (17/5/2018), penghargaan ini menitikberatkan pada kompetensi antara 21 bank umum (konvensional maupun syariah), serta Bank Pembangunan Daerah (BPD) di enam kota besar (Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar) dalam menjaga kepuasan, loyalitas, dan keterikatan emosional nasabah.

Seluruh penghargaan tersebut menitikberatkan pada customer voice and experience di antara 21 bank indonesia. Selain kategori customer engagement, Bank Muamalat juga mendapatkan penghargaan utk beberapa kategori lainnya.

“Dengan semakin bertambahnya usia Bank Muamalat yang kini menginjak 26 tahun, sudah selayaknya diiringi dengan semakin tingginya kualitas pelayanan terhadap umat. Selain kesadaran kami akan amanah yang diemban, melayani dengan sepenuh hati merupakan wujud profesionalitas dan engagement kami dalam memenuhi kebutuhan nasabah di seluruh Indonesia dan Kuala Lumpur, Malaysia,” kata Direktur Operasi, Awaldi dalam siaran pers yang diterima, Kamis (17/5), dikutip dari Republika.co.id.

Bank Muamalat Indonesia sebagai pelopor lembaga perbankan murni syariah menempatkan kepuasan pelanggan sebagai aspek terpenting dalam sebuah layanan, tercermin dalam bagaimana bank berinteraksi dengan nasabahnya yang berdampak terhadap loyalitas mereka untuk menggunakan bank sebagai bank pilihan.

Head of Service Quality, Ilyana Habtjah mengatakan, prinsip frontliners Bank Muamalat bukanlah hanya tentang mengenal, tapi juga memahami, dan melayani kebutuhan nasabah.

“Kedekatan dengan nasabah lah yang selama ini menjadi motivasi Muamalat untuk dapat selalu melayani dari hati, dan membentuk emotional attachment sehingga terjadi engagement positif secara timbal balik antara nasabah dengan Bank Muamalat,” katanya dalam release yang di kutip dari Republika.co.id.

Baca Juga:  "Gubernur Papua Jangan Lindungi 'Anak Buah' Yang Sudah Jadi Terpidana Korupsi"

Head of E Business Management Andy Chairil Kamili mengatakan, ketersediaan ATM juga merupakan salah satu penunjang utama untuk pelayanan prima bagi nasabah Bank Muamalat dalam bertransaksi. Bank Muamalat sendiri senantiasa meningkatkan reliabilitas dan fitur-fitur yang menunjang kelancaran transaksi. Selain itu, dalam menjalankan acquiring business, Bank Muamalat juga melayani nasabah perbankan secara umum, untuk itu reliabilitas ATM adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis ini.

Dikutip dari website resmi, www.bankmuamalat.co.id PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat Indonesia”) memulai perjalanan bisnisnya sebagai Bank Syariah pertama di Indonesia pada 1 November 1991 atau 24 Rabi’us Tsani 1412 H.

Pendirian Bank Muamalat Indonesia digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia.

Sejak resmi beroperasi pada 1 Mei 1992 atau 27 Syawal 1412 H, Bank Muamalat Indonesia terus berinovasi dan mengeluarkan produkproduk keuangan syariah seperti Asuransi Syariah (Asuransi Takaful), Dana Pensiun Lembaga Keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan multifinance syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance) yang seluruhnya menjadi terobosan di Indonesia.

Selain itu produk Bank yaitu Shar-e yang diluncurkan pada tahun 2004 juga merupakan tabungan instan pertama di Indonesia. Produk Shar-e Gold Debit Visa yang diluncurkan pada tahun 2011 tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kartu Debit Syariah dengan teknologi chip pertama di Indonesia serta layanan e-channel seperti internet banking, mobile banking, ATM, dan cash management.

Baca Juga:  Djuli Mambaya Akhirnya Angkat Bicara

Seluruh produk-produk tersebut menjadi pionir produk syariah di Indonesia dan menjadi tonggak sejarah penting di industri perbankan syariah.

Pada 27 Oktober 1994, Bank Muamalat Indonesia mendapatkan izin sebagai Bank Devisa dan terdaftar sebagai perusahaan publik yang tidak listing di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada tahun 2003, Bank dengan percaya diri melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak 5 (lima) kali dan merupakan lembaga perbankan pertama di Indonesia yang mengeluarkan Sukuk Subordinasi Mudharabah.

Aksi korporasi tersebut semakin menegaskan posisi Bank Muamalat Indonesia di peta industri perbankan Indonesia.

Seiring kapasitas Bank yang semakin diakui, Bank semakin melebarkan sayap dengan terus menambah jaringan kantor cabangnya di seluruh Indonesia. Pada tahun 2009, Bank mendapatkan izin untuk membuka kantor cabang di Kuala Lumpur, Malaysia dan menjadi bank pertama di Indonesia serta satu-satunya yang mewujudkan ekspansi bisnis di Malaysia.

Hingga saat ini, Bank telah memiliki 325 kantor layanan termasuk 1 (satu) kantor cabang di Malaysia. Operasional Bank juga didukung oleh jaringan layanan yang luas berupa 710 unit ATM Muamalat, 120.000 jaringan ATM Bersama dan ATM Prima, serta lebih dari 11.000 jaringan ATM di Malaysia melalui Malaysia Electronic Payment (MEPS).

Menginjak usianya yang ke-20 pada tahun 2012, Bank Muamalat Indonesia melakukan rebranding pada logo Bank untuk semakin meningkatkan awareness terhadap image sebagai Bank syariah Islami, Modern dan Profesional.

Bank pun terus mewujudkan berbagai pencapaian serta prestasi yang diakui baik secara nasional maupun internasional. Hingga saat ini, Bank beroperasi bersama beberapa entitas anaknya dalam memberikan layanan terbaik yaitu Al-Ijarah Indonesia Finance (ALIF) yang memberikan layanan pembiayaan syariah, (DPLK Muamalat) yang memberikan layanan dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan, dan Baitulmaal Muamalat yang memberikan layanan untuk menyalurkan dana Zakat, Infakdan Sedekah (ZIS).

Baca Juga:  Konsumsi Premium Menurun Pertalite di Tambah, Kebutuhan Avtur Naik Pertamina Jamin Aman

Sejak tahun 2015, Bank Muamalat Indonesia bermetamorfosa untuk menjadi entitas yang semakin baik dan meraih pertumbuhan jangka panjang. Dengan strategi bisnis yang terarah Bank Muamalat Indonesia akan terus melaju mewujudkan visi menjadi “The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presence”.

Beberapa penghargaan lainnya yang diterima Bank Muamalat dalam setahun terakhir ini diantaranya adalah : TOP 5 Most Reputable Companies In Islamic Banking Sector – Indonesia Best Corporate Reputations Award, Bronze Champion Of Indonesia WOW Service Excellence Award Category Islamic Bank – Indonesia WOW Service Excellence Award 2017

Silver Champion Of Jabodetabek WOW Service Excellence Award – Indonesia WOW Service Excellence Award 2017, Best Destination Kategori Bank Syariah – ATM Bersama Awards 2017, Bank Syariah Inovasi Terbaik Kategori Bank Syariah Buku 2-3 Aset diatas 30 Triliun – Anugerah Syariah Republika 2017.

Top 5 Best Consumer Choise Islamic Bank – Indonesia Best Banking Brand Award 2017, Kategori Perusahaan Perbankan Tbk – Indonesia Good Corporate Governance Award 2017, Top Bank Syariah 2017 – Top Bank Award 2017, Top CEO Bank 2017 – Top Bank Award 2017. (***)

Penulis            : Nugroho
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*