Persipura Panen Gol di Mandala, Madura United Merana

Selebrasi skuad Persipura Jayapura usai panen gol atas Madura United di Stadion Mandala Jayapura Sabtu (19/5/2018) malam. (foto : topskor.id)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Target Laskar Sape Kerap untuk mengulang sejarah ketika mencuri point dari Persipura Jayapura di kandangnya, Stadion Mandala Jayapura di Liga I Musim 2017 lalu akhirnya buyar, malah sebaliknya Madura United harus merana pulang dengan isi penuh karung mereka dengan 6 gol oleh – oleh dari Persipura Jayapura dalam laga tandang mereka yang berlangsung Sabtu (19/5/2018) malam di Stadion Mandala Jayapura.

Dalam lanjutan laga pekan ke-9 Liga I  2018 Gojek bersama Bukalapak di Stadion Mandala Jayapura yang di siarkan live oleh Indosiar maupun live streaming, pertandingan berlangsung sengit, dimana tim Mutiara Hitam tampil dominan di hadapan pendukungnya sehingga membuat permainan Madura United tidak bisa berkembang.

Madura United sendiri langsung melakukan inisiatif menyerang sejak pluit babak pertama di tiupkan, melalui Zah Rahan namun crossingnya tidak membahayakan.

Tersengat dengan serangan awal dari tim tamu, Persipura langsung menggebrak dengan melancarkan serang-serangan dari sisi sayap. Keunggulan Persipura Jayapura di awali tendangan melengkung ala Boaz Solossa di menit 9 babak pertama menyambut umpan sundulan Gunansar Mandowen disambut kapten tim, Boas salossa dan tendangan yang di lesakkan Boas Salossa dari luar kotak penalty tersebut tidak bisa dibendung kiper Hery Prasetyo, Persipura unggul 1 – 0

Baca Juga:  Mau Tahu Bahayanya Rokok Elektrik ? Ini Penjelasannya !

Selang dua menit kemudian, Madura United sempat menyamakan kedudukan, namun, gol Beto dianulir wasit karena ia sudah berada di posisi off-side.

Beberapa kali Madura berhasil menembus pertahan dan membuat ancaman ke gawang Persipura. Menit ke-20 Persipura nyaris kebobolan melalui Zah Rahan. Menguasai umpan terobosan, Zah Rahan mendorong bola dari luar kotak penalti untuk mengecoh Dede Sulaiman yang sudah meninggalkan sarangnya. Beruntung bola masih menyamping.

Giliran Ian Louis Kabes di menit ke- 30 babak pertama membobol gawang Madura United, tendangan keras Kabes dari luar kotak penalty menambah keunggulan Persipura Jayapura menjadi 2 – 0.

Seakan haus gol, delapan menit kemudian, di menit ke- 38, memanfaatkan umpan ciamik dari Marcel Sacramento dari sisi kanan, disambut tendangan keras Boas Salossa persis di garis kotak penalty kembali memaksa Hery Prasetyo memungut bola dari dalam gawangnya dan menambah pundi gol Persipura Jayapura menjadi 3 – 0 hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga:  Pertama di Indonesia, DPD Papua Bentuk Forkom Fraksi Golkar se-Papua, Target 16 Kursi di Pileg 2019

Unggul tiga gol membuat tuan rumah sedikit bermain bertahan di babak kedua, hingga serangan yang disusun cukup rapih oleh Madura kerap kandas.

Kemelut terjadi digawang Madura United pada menit ke-58 yang berawal dari tendangan sudut. Salampessy kemudian menyontek bola untuk dituntaskan oleh Sacramento dari jarak dekat, dan terjadi gol, skor berubah jadi 4-0.

Hingga menit ke-70, Madura kerap memainkan bola di area sendiri, mereka sulit mendapat celah untuk mendorong bola ke depan. Pressing ketat diperagakan anak-anak Mutiara Hitam.

Persipura malam ini benar-benar tampil ganas. Mereka kembali mencetak gol pada menit ke-76 melalui pemain muda, Todd Rivaldo Ferre, menciptakan gol indah lewat sepakan keras dari luar kotak penalty memanfaatkan umpan Hilton Moreira, bola mengarah ke tiang jauh dan gagal di jangkau kiper Hery Prasetyo, sehingga mencatatkan namanya di papan skor, skor Persipura bertambah 5 – 0.

Seakan tidak puas, Persipura kembali mencetak gol terakhirnya pada menit ke-86 lewat sepakan kaki kiri Imanuel Wanggai yang makin membuat Madura United merana, sehingga menuntaskan dahaga gol pecinta Persipura Jayapura di Stadion Mandala malam itu menjadi 6 – 0 untuk keunggulan Persipura Jayapura.

Baca Juga:  Memenangkan Pilgub Papua, Jangan Tersandera Pola Lama

Kemenangan 6 – 0 atas Madura United adalah kemenangan terbesar dalam Liga I musim ini, dan sekaligus menghantar Persipura memuncaki klasemen sementara dengan point 17 menggeser posisi Madura United yang merosot ke posisi ketiga di bawah Barito Putera yang sama – sama mengoleksi point 16. (***)

Susunan Pemain

PERSIPURA JAYAPURA
Pelatih: Peter Butler

Pemain : Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, David Rumakiek, Muhammad Tahir, Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes, Gunansar Mandowen, Hilton Moreira, Boaz Solossa, Marcel Sacramennto.
Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa; Andri Ibo, Elisa Basna, Imanuel Wanggai, Prisca Womsiwor, Todd Rivaldo Ferre, Ronaldo Wanma.

MADURA UNITED
Pelatih: Milomir Seslija

Pemain : Hery Prasetyo; Fachrudin Aryanto, Asep Berlian, Munhar, Andik Rendika Rama, Alfaath Fathier, Alberto ‘Beto’ De Paula, Slamet Nurcahyono, Nuriddin Davronov, Bayu Gatra, Zah Rahan.
Cadangan: Angga Saputra; Guntur Ariyadi, Onorionde Kughegbe, Rizky Dwi Febrianto, Lucky Wahyu Dwi Permana, Engelberd Sani, Imam Bagus Kurnia.

Penulis            : Nugroho
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*