Terbukti Gunakan Ijazah Palsu Daftar Cawabup, Alus UK Murib Digantikan Pelinus Balinal

Alus UK Murib, Calon Wakil Bupati dari Willem Wandik pada Pilkada Kabupaten Puncak yang terbukti menggunakan ijazah palsu saat mendaftar sebagai Bakal Calon berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Nabire belum lama ini. (Foto : dok kabarpapua.co)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA– KPUD Puncak mengagendakan pleno pergantian Calon Wakil Bupati pasangan Willem Wandik pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Puncak tahun 2018.

Pergantian Calon Wakil Bupati tersebut, dilakukan setelah KPUD Puncak mendapat putusan Pengadilan Nabire pada 7 Mei lalu terkait ditetapkannya Alus Utarigen Kulua Murib atas kepemilikan ijasah palsu yang digunakan untuk mendaftar di Pilkada Puncak 2018 tahun ini.

“Rencananya KPUD Puncak akan gelar pleno antara Selasa atau Rabu minggu ini,” kata Tarwinto, salah satu komisioner KPU Papua,  kepada Lingkar Papua di ruang kerjanya, Senin (21/5/2018) sore.

Baca Juga:  Idrus Marham Dinilai Siap Gantikan Setya Novanto Jadi Ketum

Menurut Tarwinto, calon pengganti Alus UK Murib atas nama Pelinus Balinal yang diusulkan partai pengusung dari calon incumbent tersebut. Ia menjelaskan, berdasarkan PKPU pasal 72 maka pengganti calon harus di lakukan dalam jangka waktu tujuh hari setelah pembacaan putusan pengadilan.

Dimana, pada 16 Mei lalu juga nama Calon Wakil Bupati sudah di ganti termasuk segala persyaratannya juga sudah di serahkan kepada KPUD setempat.

“tanggal 16 kemarin sudah diganti, karena kita menggunakan hari kerja bukan hari kalender, dan saat ini untuk persyaratannya sedang di verifikasi oleh KPUD Puncak”, kata Tarwinto sembari menambahkan pleno penetapannya akan dilakukan di Jakarta.

Soal ijazah palsu yang digunakan mendaftar sebagai calon Wakil Bupati, sebelum kasus tersebut bergulir di Pengadilan Negeri Nabire, Alus Uk Murib kepada sejumlah wartawan di jayapura beberapa waktu lalu membantah keras bahwa dirinya menggunakan ijazah palsu untuk mendaftar sebagai Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Willem Wandik, bupati incumbent. (***)

Baca Juga:  Banyak Proyek Belum Dibayar, Pengusaha Mengeluh

Reporter         : Titie
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*